JUTAAN TURIS MENGUNJUNGI YOSEMITE NATIONAL PARK SETIAP TAHUNNYA 2019-12-19 00:00

Pemandangan dari Tunnel View

 

Yosemite National Park yang didirikan tahun 1894 ini adalah taman nasional yang memiliki prasarana paling lengkap di antara taman nasional lainnya di USA. Luasnya 3.080 km2 dan terletak di Sierra Nevada, West Coast USA. Dikenal karena tebing granit, air terjun, pohon sequoia raksasa dan menjadi tujuan wisata bagi 5 juta pengunjung setiap tahunnya.

 

BERIKUT SPOT-SPOT DI YOSEMITE NATIONAL PARK:

THE TUNNEL VIEW

Ini adalah pemandangan pertama yang akan dilihat pengunjung saat memasuki area taman nasional ini. Pemandangan El Capitan, Half Dome dan Yosemite Falls bersanding selaras, tampak manis dan sangat memukau pandangan mata.

 

EL CAPITAN

Adalah tebing granit yang menjadi salah satu favorit para pemanjat tebing di seluruh dunia karena dapat diakses sepanjang tahun dan memiliki beberapa variasi rute seperti Iron Hawk dan Sea of Dreams. Selain pemanjat tebing, para BASE jumper juga menyukai tebing setinggi 900 m ini.

 

Menikmati puncak El Capitan juga bisa dicapai dengan cara lain, yaitu hiking dari Yosemite Valley ke arah Upper Yosemite Falls.

 

YOSEMITE FALLS

 

Air terjun yang tersusun 3 tingkat (Upper Fall, Middle Fall dan Lower Fall) ini meluncur cantik dari atas ketinggian 739 m, melewati bagian upper, middle lalu lower. Ketiga tingkatan memiliki ketinggian yang berbeda sehinga air terjun tampak unik dan cantik. Tinggi Upper Fall 440 m, Middle 208 m dan Lower 98 m.

 

YOSEMITE VALLEY

Di sinilah umumnya pengunjung memilih menginap dan memulai perjalanan menelusuri taman nasional ini. Prasarana di sini sangat memadai, mulai dari penginapan asri yang dikelilingi batuan granit, pohon sequoia raksasa dan air terjun, kemudian bus-bus tur dan juga shuttle berhenti di sini. Yang paling penting terdapat berbagai restoran termasuk Starbuck. Hidangan nasi juga bisa kita temukan di sini.

 

California adalah negara bagian yang penghasilannya selain dari perkembangan teknologi di Silicon Valley juga dari hasil perkebunan termasuk padi sehingga tidak heran jika menu nasi mudah kita temui di wilayah California yang satu ini.

 

Baca juga: "Panduan Lengkap Berkeliling Yellowstone National Park (Bagian 4-Tamat)"

 

BAGAIMANA CARA KE YOSEMITE NATIONAL PARK?

Selain membawa kendaraan sendiri dari San Francisco, kita bisa ikut program tur (ada pilihan tour only atau dengan penginapan) dan bisa dipesan online seperti di www.extranomical.com.

Saran: Minimal 1 malam menginap agar bisa menikmati taman nasional ini lebih maksimal.

 

BAGAIMANA CARA KELILING TAMAN NASIONAL?

Pihak taman nasional menyarankan naik free shuttle bus daripada keliling naik mobil pribadi. Peta rute shuttle bus dapat dilihat di https://www.travelyosemite.com/discover/travel-tips/shuttles/.

 

Saran: Ikutlah tur yang diadakan pihak taman nasional sehingga kita mendapatkan berbagai penjelasan dari para rangers dan tentunya mendapat spot foto yang bagus. Turnya antara lain Floor Valley Tour selama 2 jam yang menggunakan mobil terbuka yang mereka sebut tram. Aneka tur dapat dilihat dan dipesan online di www.travelyosemite.com/things-to-do.

Teks: Kumala Budiyanto Foto: Shutterstock
Comment