INILAH WISATA ZIARAH BARU DI PULAU TIMOR, PATUNG BUNDA MARIA SEGALA BANGSA 2022-07-15 00:00

Patung Bunda Maria Pelindung Segala Bangsa, tertinggi di NTT

 

Posisinya di puncak bukit yang berada di ujung sebuah teluk, itulah yang membuat Patung Bunda Maria ini tambah terlihat anggun sekaligus gagah. Dan dengan posisinya tersebut, lokasi ini menjadi favorit buat menunggui sunset. Nama lengkapnya Patung Bunda Maria Segala Bangsa atau Patung Maria Bunda Segala Bangsa atau Patung Bunda Maria Pelindung Segala Bangsa. Tepatnya berlokasi di Bukit Fatuloko, Dusun Gurita, Teluk Gurita, Desa Dualaus, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur (NTT). Tempat ini pun menjadi wisata ziarah baru di NTT.

 

Favorit untuk menunggui sunset

 

Bisa dicapai berkendara dari Kota Atambua sekitar 40-45 menit, dengan menempuh jarak +/-20 km. Saat rombongan MyTrip singgah di sana dalam rangkaian perjalanan Timor Overland Mei 2022, patungnya sudah rampung sempurna, tapi kapela di bagian bawah patung masih melompong. Pelataran bawah, taman, sarana parkir dan jalan masuknya pun masih belum rapi. Pengelola hanya mengenakan retribusi sebesar Rp5.000 untuk satu rombongan, berapa pun jumlah anggota rombongannya. Murah banget! Tapi tentunya kalau nanti sudah buka resmi, tidak segini lagi retribusinya.

 

Kapela di bagian bawah patung masih melompong, saat Mei 2022

 

Pembangunan patung yang diprakarsai Pemkab Belu dan didanai dari APBD ini berlangsung sejak Mei hingga Desember 2019. Sebagai kado Natal dan Tahun Baru, tempat ini pun dibuka sementara antara tanggal 24 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020. Minat orang-orang datang ke situ tak terbendung. Meski secara resmi sudah ditutup lagi, pengunjung tetap berdatangan. Sementara pengerjaan sarana dan fasilitas tetap dilanjutkan.

 

Wisata ziarah baru

 

Patung Bunda Maria ini tingginya mencapai 32 m, sedangkan pondasi yang berupa kapela di bawahnya setinggi 9 m. Jad total ketinggiannya 41 m. Lebih tinggi dari Patung Maria di Kabupaten Sikka, Flores, NTT yang total ketinggiannya 28 m. Jadi patung ini Patung Maria tertinggi di NTT. Tapi secara total masih sedikit kalah tinggi dari Patung Bunda Maria di Ambarawa Jawa Tengah, yang total tinggi patung dan penopangnya 42 m.

 

Patung Maria tertinggi di NTT

 

Patung Bunda Maria ini memijak bola dunia, dan tentunya peta Indonesialah yang langsung terpampang jelas di bagian depannya. Di pelataran atas di sekeliling patung terdapat patung-patung para Santo Pelindung dan malaikat. Nama-namanya juga dicantumkan di bawahnya.

 

Patung Bunda Maria memijak bola dunia

 

Datang ke sini sebaiknya menjelang matahari terbenam. Seperti sudah disinggung di atas, posisinya yang di atas bukit di sisi Teluk Gurita yang berair tenang, memungkinan mata kita memandang lepas tanpa halangan ke batas cakrawala. MyTrip datang saat cuaca cerah. Kami berkesempatan menyaksikan bola bundar matahari jatuh tepat di air yang maha tenang.

 

Matahari jatuh ke air

 

Menikmati sunset di pelataran samping

 

Keberadaan pohon bercabang di pelataran samping dimanfaatkan oleh para peserta MyTrip sebagai ajang berfoto dengan latar langit semburat kemerahan. Cantik dan bikin betah!

 

 

 

O ya, kalau kita datang dari arah Atambua, dari kejauhan Patung Maria sudah tampak berdiri anggun di atas bukit. Parkir mobil sementara masih di pinggir jalan. Dari parkiran jalan mendaki bukit sampai ke lokasi patungnya nggak jauh, tapi karena jalurnya belum dirapikan, masih tanah berkerikil, harap hati-hati, terutama saat turun. Dan kalau mau foto dengan latar patung tanpa harus bersusah-payah ambil angle bawah dengan settingan wide, sebelum naik, berfoto dulu di pelataran bawahnya.

 

Dari kejauhan sudah terlihat

 

Jalur naik ke lokasi patung

 

Foto dulu di bawah dengan latar Patung Maria

 

Ayo kapan Trippers ke sini? Walaupun ini wisata ziarah, umat agama apa pun tentunya boleh datang, apalagi selain mengagumi Patung Bunda Maria-nya, kita juga bisa mengagumi keindahan alam saat sunset di sini. Dari atas bukitnya terlihat laut, bukit dengan gerumbulan pohon-pohon khas view NTT, serta jalanan berkelok-kelok di bawahnya. Duduk doing nothing saja di sini sudah sangat menyenangkan. Cocok buat healing.

 

Duduk menikmati pemandangan

 

Ikut TripTimor Overland yang diadakan MyTrip tanggal 17-24 Agustus 2022, Trippers akan diajak mampir ke sini. Daftar segera ke 0811821006

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Achmad Saleh Sahab, Cupay Christina, Mayawati NH, Mika Kubo
Comment