JALAN-JALAN KE VIETNAM, KENAPA MEMILIH DA NANG, HUE DAN HOI AN? 2024-01-04 22:30

Golden Bridge di Da Nang

 

Destinasi wisata di Vietnam yang lebih populer memang Ho Chi Minh City (Saigon), Hanoi, Ha long Bay dan Sapa. Sedangkan yang dipilih menjadi tujuan open trip MyTrip tanggal 9-13 Maret 2024 nanti adalah Da Nang, Hue, dan Hoi An? Mengapa? Jawabannya tentu sederhana, karena ketiga kota ini justru sangat menarik, ketiganya punya ciri khas. Mari kita bahas satu-satu.

 

DA NANG

Negara Vietnam terbagi menjadi 58 provinsi dan 5 kotamadya (kota yang mendapatkan status khusus, sama dengan provinsi). Nah, Da Nang ini kotamadya kelas 1 dan kota ke-5 terbesar di Vietnam dalam hal populasi. Letaknya yang di pesisir timur di Vietnam Tengah dan di mulut Sungai Han, menjadikan Da Nang salah satu kota pelabuhan terpenting di Vietnam. Da Nang juga adalah kota terbesar, pusat perdagangan dan pendidikan di Vietnam Tengah.

 

Welcome to Da Nang City

 

Dalam soal pemandangan alam, Da Nang tentunya menawan. Dikepung pegunungan di sisi barat, sementara di sisi timurnya membentang Laut Cina Selatan. Da Nang juga cukup dekat dengan beberapa Situs Warisan Dunia UNESCO di antaranya Imperial City di Hue, Old Town di Hoi An, dan reruntuhan situs arkeologi My Son Sanctuary.

 

Andalan wisata Da Nang adalah Marble Mountains, lima bukit kapur di dekat pantai yang memiliki banyak gua di tebing-tebingnya. Dulunya gua-gua ini didiami orang suku Cham, kemudian oleh Dinasti Nguyen dibangunlah pagoda-pagoda di sekitarnya. Gua ini akhirnya menjadi “rumah” bagi karya seni pahatan seniman lokal. Gua terbesarnya bernama Huyen Khong.

 

Marble Mountains

 

Andalan wisata lainnya adalah Ba Na Hills, theme park dengan cable car terpanjang di dunia yang membawa para pengunjung ke puncak bukit di ketinggian +/-1.500 mdpl yang merupakan area utama rekreasinya. Terdapat ragam atraksi atau wahana, di antaranya Golden Hand Bridge atau Golden Bridge, Flower Garden, Big Buddha, Bunker Wine, French Village, Linh Ung Temple, dan banyak lagi.

 

Ba Na Hills

 

Cable car di Ba Na Hills

 

Golden Bridge

 

Iklimnya tropical monsoon dengan dua musim yaitu musim hujan sekaligus taifun dari September ke Desember, dan musim kering dari Januari sampai Agustus.  

 

HUE

Hue juga adalah kota di Vietnam Tengah yang sarat sejarah dan budaya, dan berada di tepi Perfume River. Jarak Kota Hue dari Kota Da Nang 100-120 km, ditempuh berkendara 2-3 jam. Seperti disebut di atas, Hue mempunyai Situs Warisan Dunia UNESCO yaitu Imperial City, kota kerajaan Dinasti Nguyen, yang merupakan bagian dari Citadel of Hue. Kota Kerajaan ini mewakili keindahan arsitektur Vietnam kuno. Dan salah satu bangunan yang paling menarik adalah Purple Forbidden City, yang dulunya adalah tempat tinggal raja dan keluarganya.

 

Imperial City Hue

 

Tentulah Perfume River juga menjadi magnet wisata Hue. Namanya bikin penasaran ya? Iya, jadi dinamai itu karena sebelum mengalir masuk ke Kota Hue, aliran sungai yang total panjangnya +/-80 km ini melewati hutan yang ditumbuhi aneka tanaman aromatik yang menerbarkan aroma wangi. Di sepanjang sungai ini ada beberapa objek wisata yang bisa dikunjungi di antaranya Thien Mu Pagoda, Truong Tien Bridge, dan banyak lagi.

 

Thien Mu Pagoda

 

Thuy Xuan Incense Village yang berada +/-7 km dari pusat Kota Hue juga biasanya dikunjungi wisatawan. Merupakan desa pembuat dupa sejak 700-an tahun lebih yang lalu. Trippers bisa melihat cara pembuatan dupa yang paling kuno/tradisional di sini. Nah, menariknya lagi, saking banyaknya bundel-bundel dupa warna-warni yang dipajang di seantero sudut, menjadikan penampakan desa ini sungguh meriah, laksana ada festival setiap saat.

 

Barisan dupa di Thuy Xuan Incense Village

 

HOI AN

Sama dengan Da Nang, Kota Hoi An juga berada di pesisir timur Vietnam Tengah dan menghadap Laut Cina Selatan, dan posisinya di tepi Sungai Thu Bon. Hoi An masuk Provinsi Quang Nam. Jaraknya dari Da Nang +/-30 km, berkendara 45 menit sampai 1 jam.

 

Hoi An

 

Objek wisata apa yang menarik di Hoi An? Yang utama adalah Kota Tua Hoi An, yang memiliki sejarah panjang, yang dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Banyak terdapat rumah tua dengan perpaduan arsitektur Cina, Jepang, Prancis dan Vietnam. Tak heran Hoi An menjadi destinasi incaran wisatawan mancanegara. Biasanya wisatawan mengeksplor Hoi An dengan naik sampan sekaligus melepas lentera.

 

Deretan rumah tua di Hoi An

 

Naik sampan di Hoi An

 

Aktivitas wisata populer lainnya di Hoi An yakni naik coconut basket boat menyusuri sungai nipah di Delta Sungai Mekong. Menariknya, perahu bundar yang berbentuk keranjang anyaman itu akan diputar-putar oleh pengemudinya selama pengarungan, dan juga ada sejumlah atraksi dari pengemudinya. Perahu bundar yang terbuat dari anyaman batang kelapa dan bambu ini memang adalah perahu khas nelayan lokal daerah ini. Cam Thanh Coconut Village adalah nama desa titik keberangkatannya, +/-3,5 km dari Hoi An.

 

Coconut basket boat tour menyusuri sungai nipah

 

Atraksi pengemudi coconut basket boat

 

Bagaimana Trippers, tertarik ikut open trip MyTrip ke Da Nang, Hue dan Hoi An tanggal 9-13 Maret 2024? Yuk segera daftar ke 0811821006. Pasti berangkat!

 

Baca juga: "Jadwal Open Trip MyTrip 2024. Yuk Segera Daftar!"

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: South Photo, Vietnam.Travel, www.centralvietnamguide.com, www.peakd.com, www.vinwonders.com
Comment