THE LIGHT OF ACEH RAMAIKAN FESTIVAL INDONESIA MOSCOW 2019-08-05 00:00

 

KBRI di Moscow bekerjasama dengan Pemerintah Rusia dalam penyelenggaraan Festival Indonesia ke-4 2019. Festival ini mengusung tema "Visit Wonderful Indonesia: Enjoy Our Tropical Paradises". Even bidang perdagangan, pariwisata dan investasi ini berlangsung pada tanggal 1 hingga 4 Agustus 2019 di Moscow, Rusia. Acara bertempat di Hotel Ritz Carlton, Moscow dengan dihadiri sekitar 700 pengusaha Indonesia dan Rusia.

 

 

Turut hadir pula Pemerintah Aceh yang diwakili Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Bappeda Aceh, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, PT. Pembangunan Aceh, Dinas Pangan Aceh serta beberapa pengusaha/IKM Aceh. Mereka berpartisipasi aktif dalam festival tersebut, tidak hanya dalam Business Forum namun juga Pameran Indonesia. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin, SE, M.Si menyatakan bahwa even ini merupakan kali kedua Aceh berpartisipasi dalam Festival Indonesia dan menjadi ajang strategis bagi Aceh dalam rangka memperkenalkan dan mempromosikan berbagai keunggulan wisata Aceh.

 

 

Salah satu komoditi yang mendapat perhatian serius dari pengunjung adalah Kopi Aceh baik melalui pembelian langsung maupun kerjasama transaksi jangka panjang. Salah seorang IKM kopi Aceh, Teuku Dhahrul Bawadi menyatakan besarnya peluang kerjasama perdagangan kopi Aceh selama keikutsertaannya pada Festival Indonesia di Moscow. Hal senada juga dirasakan Iwannitosa, perwakilan KBQ Baburrayyan mengaku ada permintaan kerjasama perdagangan kopi antara pengusaha Rusia dengan koperasi miliknya.

 

 

Sementara Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Aceh, Rahmadhani menyatakan bahwa 2 stand Aceh dengan ragam bahan promosi tidak pernah sepi dari pengunjung dan wisatawan. Stand berukuran 5x5 dan 3x3 didekorasi dengan poster foto pesona wisata Aceh yang disponsori oleh Bank Aceh Syariah dan dibranding "The Light of Aceh" lewat brosur, leaflet, paket wisata, TV Plasma dan cenderamata serta kesempatan menikmati kopi Aceh secara gratis.

 

 

Stand Aceh melayani kopi gratis kepada pengunjung yang tentunya diracik khusus oleh seorang barista kopi, sekaligus mempromosikan paket wisata "Aceh Coffee Trail Adventure" di dataran tinggi Gayo melalui semangat wisata halal. Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menambahkan bahwa Aceh adalah sebuah negeri yang kaya, tak hanya dengan komoditi kopi, sawit, perikanan namun juga pesona alam dan budayanya yang layak untuk dikunjungi oleh wisatawan.

Comment