MELIHAT TARSIER DARI DEKAT BISA JUGA DI BOHOL ISLAND, FILIPINA 2020-01-29 12:15

 

Trippers tahu tarsier atau tarsius ‘kan? Hewan ini adalah jenis primata terkecil di dunia yang termasuk dalam kategori “terancam punah”. Saat ini habitatnya hanya berada di Indonesia dan Filipina. Di Indonesia tarsier ada di Cagar Alam Gunung Tangkoko Batuangus di Sulawesi Utara. Nah tulisan kali ini membahas satu tempat lainnya di Filipina, tepatnya di Tarsier Sanctuary, Bohol Island.

 

Tarsier Sanctuary ini adalah satu-satunya penangkaran tarsier di dunia yang berhasil melestarikan tarsier lho! Pelestarian tarsier sangat sulit dilakukan karena jika habitatnya dirasa tidak alami, mereka bisa mati karena stres!

 

Baca juga: "Alternatif Wisata di Bohol Filipina: Loboc River Cruise"

 

Di tempat ini kita akan trekking ditemani pemandu memasuki hutan konservasi untuk dapat melihat dan bahkan berfoto dengan tarsier dari dekat. Selain itu tentunya kita juga bisa belajar lebih banyak mengenai tarsier dari pemandu yang menemani kita, dan juga dari tampilan informasi yang tersedia.

 

Tarsier Sanctuary dikelola oleh Philippine Tarsier Foundation. Seluruh keuntungan dari wisata edukatif  ini, serta hasil penjualan suvenir, digunakan untuk pelestarian tarsier.

 

Tips:

- Tarsier adalah hewan nokturnal (aktif di malam hari dan istirahat di siang hari), jadi kita dilarang berisik selama berada di kawasan konservasi. Gerakan yang tiba-tiba serta penggunaan flash kamera juga dilarang, demi menjaga lingkungan bebas stres bagi tarsier.

- Karena masuk ke dalam hutan tropis, disarankan pakai pakaian yang nyaman supaya nggak gerah.

- Yang kulitnya sensitif dengan serangga bisa pakai insect reppelent dulu sebelum masuk.

- Ada beberapa tempat lain di Bohol yang juga menawarkan kesempatan “melihat tarsier dari dekat”, tapi tidak disarankan karena hanya Tarsier Sanctuary yang menjalankan konservasi, sedangkan yang lainnya hanya menjadikan tarsier sebagai objek wisata.

 

Baca juga: "Inilah Fakta & Legenda Unik Chocolate Hills di Bohol Filipina"

 

Lokasi: Tarsier Sanctuary Rd, Corella, Bohol Island, Filipina. Tel. +63 908 937 8094

Harga tiket: PHP 80, sekitar Rp20.000 (termasuk pemandu, tapi bebas untuk memberi tip lagi).

Jam buka: 09.00-16.00

Jenis wisata: Alam, edukasi kehidupan fauna.

Sarana lain: Toilet, toko suvenir, museum mini.

Cocok untuk usia: 7 tahun ke atas.

 

Teks: Julius Leonardo Foto: Shutterstock
Comment