INILAH DUA RUTE MENUJU GUNUNG KELUD 2020-02-08 00:00

Kawah Gunung Kelud

 

Gunung di Jawa Timur yang memiliki ketinggian 1.731 mdpl ini menjadi favorit banyak orang. Selain kawahnya yang sekilas mirip Danau Kelimutu di Ende NTT, Gunung Kelud juga menawarkan banyak pemandangan eksotis lainnya. Artikel kali ini terlebih dahulu membahas tentang bagaimana rute ke sana. Artikel selanjutnya baru membahas apa saja yang bisa dilihat di Gunung Kelud dan sekitarnya.

 

PERTAMA-TAMA KE KOTA KEDIRI ATAU BLITAR DULU

Kota Kediri atau Blitar paling dekat dijangkau dari Bandara Abdul Rachman Saleh Malang. Selanjutnya Trippers bisa menggunakan kereta api baik untuk menuju Kediri maupun Blitar. Jarak dari Bandara Abdul Rachman Saleh ke Stasiun Malang sekitar 20 km atau kurang lebih 50 menit dengan naik ojek atau taksi online.

 

Ada beberapa kelas kereta api yang bisa dipilih, seperti Malioboro Express kelas ekonomi dan eksekutif, Gajayana kelas eksekutif, Malabar kelas ekonomi, bisnis dan eksekutif, serta Majapahit kelas ekonomi. Lama perjalanan dari Stasiun Malang ke Stasiun Kediri 2 jam 50 menit sementara dari Stasiun Malang ke Stasiun Blitar 1 jam 40 menit.

 

RUTE KE GUNUNG KELUD

Ada 2 rute menuju Gunung Kelud. Khusus para pendaki melalui jalur pendakian via Desa Tulungrejo Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Sementara jalur yang lebih santai bisa melalui Desa Wates Kecamatan Wates Kabupaten Kediri, di mana jalur ini bisa diakses menggunakan kendaraan. Sewa mobil termasuk supir dan BBM +/-Rp800.000. Sewa motor +/-Rp75.000 belum termasuk BBM.

 

Pemandangan selama perjalanan

 

Rute Via Tulungrejo, Kabupaten Blitar (Trekking)

Dari Kota Blitar ambil rute menuju Desa Wlingi Kecamatan Wlingi, dilanjutkan ke arah Pasar Semen. Setibanya di pertigaan Pasar Semen ambil jalur kiri, treknya cukup menanjak dan merupakan jalur menuju basecamp pendakian di Desa Tulungrejo Kecamatan Gandusari dengan total lama perjalanan berkisar 1 jam. Dari Blitar ke basecamp ini bisa menyewa motor maupun mobil.

 

Dari basecamp menuju Pos 1 dijangkau dengan berjalan kaki selama 1 jam melewati jalan beraspal yang dikelilingi hutan pinus dan disambung jalan tanah yang landai dan beraspal. Bagi yang ingin mempersingkat waktu bisa menggunakan jasa ojek dengan tarif Rp20.000 per orang atau menggunakan mobil pickup dengan harga nego. Lokasi Pos 1 ditandai dengan sebuah shelter yang biasa dipakai untuk beristirahat.

 

Tanjakan ekstrem dijumpai selepas Pos 1 saat menuju Pos 2. Jalan semakin menyempit menjadi jalan setapak yang diapit semak belukar dan pemandangan mulai tertutup pepohonan besar hingga tiba di Pos 2. Di sela perjalanan bisa dinikmati pula panorama Gunung Arjuna dan Gunung Welirang dari kejauhan.

 

Dari Pos 2 menuju Pos 3 jalur trekking tidak jauh beda dari jalur sebelumnya. Tanjakan ekstrem berikutnya baru ada saat mendekati Pos 3. Setibanya di Pos 3 terlihat tempat terbuka yang begitu luas. Tampak pada bagian utara puncak Gunung Kelud berpadu dengan gugusan Gunung Butak di sebelah timur. Lokasi ini paling ideal untuk mendirikan tenda. Total lama perjalanan dari Pos 1 hingga Pos 3 sekitar 3 jam.

 

Selanjutnya, dari Pos 3 menuju puncak Gunung Kelud dibutuhkan 2 jam. Menuruni serta menaiki perbukitan sebanyak 3 kali hingga terhubung ke medan terbuka yang didominasi pasir, kerikil dan bebatuan khas gunung berapi. Tak berhenti di situ, untuk menuju puncak masih perlu usaha ekstra dengan merayap dan menaiki perbukitan pasir yang curam. Setibanya di puncak, pemandangan kawah Kelud akan terlihat dengan jelas. Untuk menuju kawah Gunung Kelud dibutuhkan 40 menit.

 

Biaya perizinan pendakian Rp5.000 per orang beserta pengisian data diri, sementara biaya parkir Rp5.000 baik motor maupun mobil dan semua dibayarkan di basecamp. Bagi yang baru pertama kali mendaki Gunung Kelud via Tulungrejo wajib menyewa jasa pemandu demi keselamatan dan keamanan.

 

Baca juga: "Pesona Air Terjun Grenjeng di Blitar Selatan"

 

Rute Via Wates, Kabupaten Kediri

Dari Kota Kediri ambil rute menuju Desa Wates Kecamatan Wates dengan 30 menit berkendara. Selanjutnya perjalanan 30 menit lagi menuju Desa Sugihwaras Kecamatan Ngancar yang merupakan lokasi pintu gerbang wisata Gunung Kelud. Setelah membayar tiket masuk di pintu gerbang sebesar Rp10.000 per orang, perjalanan masih dilanjutkan menuju lokasi parkir kendaraan dengan medan yang semakin sempit, menanjak dan berkelok.

 

Untuk mobil, dari pintu gerbang loket tiket masih bisa melanjutkan perjalanan menuju lokasi parkir pertama sejauh +/-5 km. Di lokasi ini terdapat pintu pagar besi pertama. Pengguna mobil wajib memarkirkan kendaraannya di sini dan sambung dengan naik ojek Rp15.000 PP per orang untuk perjalanan dari pintu pagar besi pertama menuju lokasi parkir kedua sejauh 2 km. Setibanya di lokasi parkir kedua perjalanan dilanjutkan wajib dengan jalan kaki sejauh 500 m menuju pintu pagar besi kedua. Selanjutnya naik ojek lagi Rp25.000 PP per orang untuk langsung menuju kawah Gunung Kelud sekitar 2 km.

 

Untuk motor, dari pintu gerbang loket tiket masih bisa melanjutkan perjalanan menuju lokasi parkir pertama sejauh +/-5 km, lanjut ke lokasi parkir kedua sejauh 2 km. Harus parkir di sini, lanjut jalan kaki sejauh 500 m menuju pintu pagar besi kedua. Selanjutnya naik ojek Rp25.000 PP per orang untuk langsung menuju kawah Gunung Kelud.

 

SOAL PENGINAPAN

Setidaknya ada 4 penginapan di sekitar kawasan Gunung Kelud, 2 di antaranya terletak di Desa Sugihwaras Kecamatan Ngancar yakni Yuskia Homestay dan Luwak Mas Resort. Penginapan ini memasang tarif Rp200.000-600.000 per malam, sementara jarak dari pintu gerbang wisata Gunung Kelud hanya berkisar 1 km. Untuk 2 penginapan lainnya terletak di Desa Ngancar Kecamatan Ngancar seperti Damar Mas Resort & Resto dan Kampung Kelud Resto & Losmen dengan tarif Rp300.000-600.000 per malam. Jaraknya sekitar 3 km dari pintu gerbang wisata Gunung Kelud.

 

Catatan: Semua harga bisa berubah sewaktu-waktu.

 

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Arief Nurdiyansah & Clara Soca Atisomya
Comment
Kaphory

Fluoxetine with carvedilol and metoprolol only Moderate interaction with carvedilol, Major interaction with metoprolol cialis online no prescription

2023-11-25