PANDUAN CERDAS EKSPLOR QUEENSLAND AUSTRALIA (Bagian 2-Tamat) 2019-04-30 00:00

South Bank Parklands di Brisbane, ibu kota Queensland, Australia

 

Queensland menawarkan ragam kegiatan liburan seru yang khas Australia. Ibu kotanya, Brisbane, tertata rapi dengan banyak fasilitas gratis. Di negara bagian Australia ini kita juga bisa merasakan kehidupan bawah laut di beberapa pulau turistik seperti Moreton Island, Whitsunday Islands, Fraser Island, serta tentunya Great Barrier Reef. Melihat eksotisme hutan hujan Australia dan berinteraksi langsung dengan berbagai satwa khas seperti koala dan kanguru, menantang adrenalin di taman hiburan kelas dunia seperti DreamWorld dan SeaWorld atau sekadar bersantai di pantai-pantai Gold Coast yang panjang juga merupakan pilihan yang sulit ditampik. Sebelum ke Queensland baca dulu panduan cerdasnya berikut ini.

 

Baca juga: “Panduan Cerdas Eksplor Queensland Australia (Bagian 1)

 

SLOGAN QUEENSLAND

“Where Australia Shines” merupakan slogan Queensland yang menggambarkan matahari yang selalu bersinar di negara bagian ini; selain juga ada makna lain yakni bahwa Queensland menghadirkan kehangatan dan kenangan indah bagi setiap wisatawan yang berkunjung. Hal ini juga memposisikan Queensland sebagai destinasi untuk mendapatkan pengalaman khas Australia. Saat cuacanya sejuk dan mataharinya cerah banyak warga lokal dan turis asyik berjemur atau piknik di sekitar South Bank Parklands di Brisbane.

 

Berjemur menikmati matahari

 

MAKANAN DAN MINUMAN

Orang Queensland suka sekali makan di luar. Nggak heran kalau banyak dining area di berbagai area pusat hingga pinggir kota. Al fresco kafe atau resto sangat digemari. Masakan yang disajikan tidak hanya steak premium atau BBQ yang menjadi kebanggaan warga lokal karena kualitas beef mereka yang mendunia.

 

Buat pecinta seafood, Queensland surganya hidangan laut yang segar dan berkualitas tinggi. MyTrip menyarankan untuk tidak melewatkan kesempatan mencoba Moreton Bay Bug (crayfish, lobster) yang khas dari wilayah Queensland.

 

Crayfish khas Queensland

 

Berbagai rasa juga disajikan secara otentik, terutama rasa Asia, Mediterania dan Eropa. Jadi lidah kita nggak akan merasa bosan selama jalan-jalan di Queensland.

 

Makanan penutup yang epik dari Queensland adalah Lamington Cake yang dibuat oleh asisten rumah tangga Lord Lamington, yang merupakan Gubernur Queensland pada akhir abad ke-19. Ceritanya, asisten rumah tangga ini hanya memiliki kue bolu yang kelihatan kurang menarik untuk disajikan saat jamuan makan malam tuannya. Maka dia berinisiatif menambahkan selai, melapisi bagian luarnya dengan cokelat dan parutan kelapa kering. Saat ditanya apa nama kue yang baru saja dibuatnya, dengan spontan dia menjawab “Lamington Cake” yang akhirnya menjadikannya dessert khas Queensland.

 

Lamington Cake

 

Julukan coffee addict memang patut diberikan pada warga Queensland karena hampir di seluruh sudut taman, tempat makan, tempat belanja bahkan di tengah jembatan kita bisa menemukan kedai kopi. Dalam sehari mereka bisa minum 3-4 cangkir kopi hitam. Dan warga lokal lebih suka local coffee shop karena mereka memiliki kiblat kopi yang berbeda dari kopi ala Italia dan Amerika. Franchise coffee shop terbesar di Queensland adalah The Coffee Club.

 

Untuk yang suka wine, Shiraz menjadi jenis red wine yang paling menonjol di Australia karena rasanya yang kuat dan cocok untuk menyantap lezatnya steak dan BBQ ala Australia.

 

Banyak keran air minum di berbagai sudut kota Brisbane dan Gold Coast. Hampir bisa dipastikan air keran di Queensland aman untuk diminum, kecuali ada tanda “Non-Potable Water”.

 

TIPPING: Nggak harus karena service fee sudah termasuk di dalam total tagihan.

 

Baca juga: "Kenali Australia dengan Berlibur di Queensland (Bagian 2-Tamat)"

 

TOILET UMUM

Nggak sulit menemukan toilet umum gratis di berbagai sudut kota dan di sekitar dining area di Brisbane dan Gold Coast. Bahkan South Bank Parkland dan Surfers Paradise dilengkapi tempat bilas karena dekat kolam renang umum dan pantai.

 

KEAMANAN & ATURAN UMUM

Queensland aman dari pickpocket. MyTrip tidak menemukan pemberitahuan tentang masalah keamanan di tempat umum. Hanya saja, peraturan mengenai minuman beralkohol sangat ketat. Dilarang minum minuman beralkohol, termasuk bir di tempat umum! Namun beberapa restoran memiliki izin BYOB atau “Bring Your Own Beverage” –pengunjung hanya membayar corkage fee sehingga lebih irit.

 

TIPS JALAN-JALAN EKONOMIS DI BRISBANE & GOLD COAST

Berbagai objek wisata dan akomodasi banyak yang menawarkan berbagai promo dan diskon untuk full-package. Jadi sering-seringlah cek website mereka saat merencanakan pergi ke Queensland. Banyak tourist attractions yang menawarkan family price, sehingga jalan-jalan ke Queensland bersama keluarga jadi lebih murah.

 

Sebagian besar objek wisata juga saling bekerja sama untuk menawarkan harga combo sehingga kalau kita mengambil beberapa aktivitas, jatuhnya lebih murah. Di Brisbane dan Gold Coast sendiri kita dapat menggunakan Iventure Card (http://goldcoastandbrisbane.iventurecard.com), semacam ticket pass untuk lebih dari 35 macam aktivitas turistik, dining, serta pertunjukan dengan harga ekonomis yang berlaku selama 3 bulan setelah pembelian. Pembelian bisa dilakukan di berbagai poin di pusat kota, seperti di sekitar South Bank Parklands di Brisbane dan Surfer Paradise di Gold Coast.

 

MyTrip sarankan untuk mengecek website-nya terlebih dahulu untuk merencanakan kegiatan apa saja yang bisa dilakukan menggunakan Iventure Card dan membukingnya terlebih dahulu. Aktivitas rekomendasi MyTrip di Iventure Card misalnya: Queensland Snorkel & Scuba Dive, Southern Cross Day Tours – Evening Glow Worm Tour, Currumbin Wildlife Sanctuary, Paradise Jet Boating, Koala and Brisbane River Cruise dan banyak lagi.

 

Shark Lagoon di Sea World

 

OBJEK-OBJEK ATAU ATRAKSI WISATA DI QUEENSLAND

Brisbane: City Botanic Gardens, Kangaroo Point Cliff, South Bank Parklands, The Wheel of Brisbane, Qagoma, Queensland Museum & Science Center, Mt. Coo-Tha

Gold Coast: Skypoint at Q1 Building, Sea World, Dreamworld, Southern Cross 4WD Tours, Currumbin Wildlife Sanctuary, Paradise Jet Boating, Humpback Whale Cruise Tour

Moreton Island: Tangalooma Island Resorts

Teks: Agusmia Putri Haerani, Mayawati NH, Paul Manias Foto: Mayawati NH, Paul Manias, Tourism & Events Queensland, Wikipedia
Comment