INI DIA SALAH SATU PAKET ONE DAY TRIP FAVORIT DI SENTUL BOGOR 2021-09-21 12:00

Bonus pemandangan saat one day trip di Sentul

 

Dari sekian banyak paket trekking one day trip di Sentul Bogor yang paling favorit adalah rute 6 curug yakni Curug Barong, Curug Baliung, Leuwi Lieuk, Leuwi Cepet, Leuwi Benjol, Leuwi Hejo. Curug sebanyak ini bisa dijangkau hanya dalam seharian, pagi hingga sore. Bagi yang jarang berkegiatan outdoor, mungkin jiper diajak mengeksplor 6 curug sekaligus. Padahal lokasi keenamnya memang berdekatan dan satu rute, dengan medan yang ringan sampai medium. Lansia yang tak punya masalah dengan kaki juga bisa melewati rute ini. Anak-anak juga bisa asal dalam pengawasan dan tentunya dibantu pemandu atau orangtuanya.

 

Curug Baliung

 

Pertanyaan lanjutannya, “Bagaimana kalau saya hanya mau setengah rutenya saja?” Tentu saja bisa. Karena rutenya boleh dibilang rute terbuka dan membentuk sirkuit. Bukan rute satu garis yang pergi pulang semua sama jalurnya.

 

Baca juga: “Mari Mengenal Kawasan Sentul Bogor, Weekend Getaway Favorit Warga Jakarta

 

Jadi dari gerbang utama Leuwi Hejo, jalur terbagi dua. Ke kiri langsung ke Leuwi Hejo, sedangkan ke kanan ke Curug Barong dan Leuwi Benjol. Dua rute terpisah ini pun pada akhirnya menyambung juga. Jadi walaupun ambil jalur kanan, kita tetap bisa mencapai Leuwi Hejo, tapi melewati Curug Barong dan Leuwi Benjol dulu.

 

Leuwi Hejo

 

Nah setelah ambil jalur kanan ke arah Curug Barong, ada lagi pecahan ke kanan, ke arah Leuwi Cepet, Leuwi Lieuk, dan Curug Baliung. Curug Baliung berada pada posisi paling atas. Di bawahnya ada Leuwi Lieuk. Dari Leuwi Lieuk dan Leuwi Cepet, ada jalur juga ke Curug Barong, Leuwi Benjol dan Leuwi Hejo.

 

Leuwi Lieuk

 

Jadi begitulah kurang lebih rutenya, sambung menyambung. Jadi kita bisa mengatur rutenya dengan sangat fleksibel. Mau yang paling jauh dulu (Curug Baliung), atau justru yang paling dekat (Leuwi Hejo) atau yang tengah-tengah dulu? Pemandu bisa mengaturkannya untuk Trippers tergantung rekues. Mau skip sekian curug saat on the spot juga bisa banget.

 

Baca juga: “11 Curug di Bogor Berikut Tingkat Kesulitannya

 

Buat tambahan gambaran dan info, durasi yang dibutuhkan untuk langsung ke Curug Baliung sekitar 2 jam jalan santai dan sudah termasuk berkali-kali istirahat serta foto-foto. Kalau ke Leuwi Lieuk, dari jalur kiri maupun kanan durasinya kurang lebih sama, 1,5 jam jalan santai sudah termasuk berkali-kali istirahat serta foto-foto. Kalau langsung ke Leuwi Hejo hanya sekitar 30-40 menit. Kalau pace Trippers cepat, tentu durasinya bisa lebih singkat.

 

Jalan santai sambil menikmati pemandangan

 

Berfoto-foto di spot cantik

 

Semua curug dan leuwi bisa dan aman buat berendam-rendam cantik. Tapi bagi yang nggak bisa berenang dan nggak mau sewa jaket pelampung tentunya hanya aman berenang di bagian aliran air yang dangkal. Sedangkan leuwi atau lubuk atau kolam alami yang tepat berada di bawah curugnya hanya diperuntukkan bagi yang bisa berenang, karena biasanya cukup dalam, minimal 3-4 m.

 

Berendam di Leuwi Lieuk

 

Kolam alami di Curug Baliung dengan air bening hijau toskanya

 

Selain tujuan utama ke curug-curug dan leuwi-leuwinya, Trippers juga dapat bonus pemandangan deretan bukit, lembah-lembah, persawahan, aneka tumbuhan di sepanjang perjalanan. Plus langit biru kalau cuaca cerah. Dan dengan trek yang menanjak maupun menurun di tengah udara terbuka yang segar, tujuan cari keringet dan cari sehat tentu tercapai pula.

 

Banyak bunga di jalur trekking

 

Ijo royo-royo dan langit biru

 

Persawahan nan asri

 

Ayo trekking ke Sentul! Hubungi MyTrip di 0811821006

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Mayawati NH, Dok.MyTrip
Comment