MASJID AGUNG NATUNA TAK BOLEH DILEWATKAN KALAU KE NATUNA 2020-01-08 07:00

 

Landmark Natuna yang baru ada sejak tahun 2009, Masjid Agung Natuna berdiri gagah dengan latar belakang Gunung Ranai. Harus banget berkunjung ke masjid terbesar di Provinsi Kepulauan Riau ini kalau Trippers ngetrip ke Kepulauan Natuna ya...

 

Berlatar Gunung Ranai

 

Digadang-gadang ada kemiripan dengan Taj Mahal di India, Masjid Agung Natuna tetap memancarkan keindahan dengan ciri khasnya sendiri. Masjid yang dibangun tahun 2007 dan selesai tahun 2009 ini merupakan bagian dari Komplek Gerbang Utaraku (Gerakan Membangun Untuk Kesejahteraan Anak dan Cucu), kawasan pusat pemerintahan dan bisnis Natuna di Kota Ranai, ibu kota Kabupaten Natuna. Pemrakarsanya adalah Bupati Kabupaten Natuna Drs. H. Daeng Rusnadi, M.Si yang menjabat saat itu.

 

Baca juga:"Serunya Berpose-pose Ala Model di Tanjung Datuk Natuna"

 

Memasuki area masjid kita disambut gerbang megah dan tinggi yang membentuk kerucut lancip bercat putih, merah hati dan hitam. Jarak dari gerbang ke bangunan utama masjid lumayan lebar.

 

Gerbang masjid yang megah

 

Di keempat penjuru bagian luar masjid terdapat 4 menara setinggi 17 m yang melambangkan 17 rakaat dalam salat lima waktu.

 

Ada menara di keempat penjuru masjid

 

Sama dengan gerbangnya, pintu-pintu masjid yang berjumlah 20 buah juga berbentuk kerucut lancip dengan ukiran indah di pinggirannya. Begitu masuk ke bagian dalam masjid berlantai dua ini kita langsung merasakan luasnya masjid, apalagi kondisinya juga terang oleh sinar matahari yang masuk lewat ventilasi di kubahnya. Masjid ini mampu menampung sekitar 5.000 jamaah di dalam bangunannya, dan bisa 10.000 jamaah kalau termasuk halamannya yang juga luas.

 

Bagian dalam masjid tampak luas

 

Mihrabnya dibuat dari bahan kayu dengan bentuk yang cukup besar dan mencolok. Sementara warna karpet yang biru terang juga turut menambah kesan terang di dalam bangunan masjid.

 

Di bagian atas bangunan masjid ada satu kubah besar dan enam kubah kecil yang di bagian luarnya berwarna kombinasi hijau dan kuning terang. Sementara tampak dalam, kubahnya berornamen seperti bunga. Kubah utama yang terbesar melambangkan sifat Ihsan, yang dalam agama Islam merupakan tingkatan keimanan yang tertinggi. Sedangkan 6 kubah melambangkan Rukun Iman dalam agama Islam. Di tingkat terbawah terdapat juga 12 kubah yang melambangkan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

 

Kubahnya tampak dari dalam

 

Secara keseluruhan desain masjid ini selain terinspirasi dari Taj Mahal, juga terinspirasi dari masjid di Cordoba (Spanyol), Masjid Nabawi (Arab Saudi), dan ornamen khas Turki.

 

 

Di komplek masjid seluas 5 ha ini terdapat kantor-kantor pemerintahan Kabupaten Natuna, kampus STAI (Sekolah Tinggi Agama Islam) Natuna, asrama haji, dsb.

 

 

Dari Bandara Raden Sadjad Kota Ranai berkendara ke masjid ini hanya sekitar 10 menit. Lokasi tepatnya di Jalan Datuk Kaya Wan Muhamad Benteng, ke arah Pantai Sepempang.

 

Cara ke Natuna silakan baca di sini.

Teks: Arief Naen, Mayawati NH Foto: Mayawati NH
Comment