YANG MAU NYOBA KERETA PANORAMIC PERTAMA DI INDONESIA BURUAN, CUMA SAMPAI TANGGAL 8 JANUARI 2023 2022-12-25 21:05

 

Akhirnya, Indonesia punya kereta panoramic juga. Begitu yang ditulis akun resmi Layanan Pelanggan KAI (Kereta Api Indonesia) di Instagram, @kai121_. Ini kereta panoramic pertama di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Pada soft launch-nya, Kereta Panoramic ini dirangkaikan di KA Taksaka Tambahan relasi Gambir-Yogyakarta PP, yang mulai beroperasi pada 24 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023. Layanannya full service, yakni dapat free snack, free flow air minum, dan satu kali makan berat.

 

Layanannya full service, yakni dapat free snack, free flow air minum, dan satu kali makan berat

 

Jadwal berangkat dari Gambir pukul 10.40 dan 23.45, sedangkan dari Yogyakarta pukul 12.00 dan 21.40. Daya tampungnya hanya 46 kursi, hanya satu gerbong.

 

Pada saat kereta berangkat perdana tanggal 24 Desember 2022 banyak penumpangnya yang menyebarkan pengalaman naik kereta ini di media sosial terutama Tiktok. Banyak yang berkomentar, apa nggak panas karena jendela kacanya besar-besar (panoramic windows) dan ada sun roof-nya juga, secara ini di Indonesia, bukan di Eropa. Tenang netizen, jendelanya ada roller blind (tirainya) yang mudah diturun-naikkan, kacanya pun khusus. Sun roof-nya juga bisa dibuka-tutup dengan menggunakan remote.

 

Jendelanya ada roller blind

 

Sun roof-nya juga bisa dibuka-tutup

 

Pencahayaan di dalam gerbong diatur sedemikian rupa dan ada sensor cahayanya sehingga dapat menyala otomatis saat kereta melewati terowongan yang gelap.

 

Ada sensor cahayanya

 

Kursinya bisa diputar 180 derajat sehingga full menghadap jendela supaya penumpang bisa lebih leluasa menikmati pemandangan. Toiletnya mewah dan luas, dilengkapi sensor otomatis.

 

Kursinya bisa diputar 180 derajat menghadap jendela

 

Toiletnya mewah dan luas

 

Ada lagi yang bertanya kebingungan, wah, nggak ada tempat buat naro bagasi dong? Karena di kereta biasa ‘kan kompartemen untuk meletakkan bagasi ada di bagian atas kursi. Sementara di kereta panoramic tak tampak kompartemen itu karena ada sun roof. Ya tentunya ada lah, di bagian belakang tersedia rak-rak untuk meletakkan barang bawaan.

 

Di bagian atas ada sun roof, jadi tak ada kompartemen bagasi di situ, adanya di bagian belakang kereta

 

Gerbong panoramic ini dimodifikasi dari gerbong penumpang kelas eksekutif atau K1 di Surabaya Gubeng. Temanya emerald panoramic. Warna dominannya royal green dan ada aksen warna emas yang mengesankan kemewahan dan keanggunan.

 

Gerbong tampak luar

 

Tiket bisa dipesan melalui KAI Access atau mitra penjualan resmi KAI lainnya. Harganya Rp 1 juta. Tapi untuk sementara hanya akan beroperasi hingga 8 Januari 2023 ya. Karena Kereta Panoramic ini masih dalam tahap uji coba dan terus dilakukan perbaikan. Jadi buruan pesan sebelum kehabisan. 

 

 

 

Teks: Mayawati NH Sumber data: Instagram KAI Foto: Instagram KAI
Comment
Mildred

Take your trading skills to the next level and make up to $5000 a day. The more you earn, the bigger our mutual success.Copy Successful Traders

2023-02-19