KABUPATEN LEMBATA LUNCURKAN FESTIVAL 3 GUNUNG 2018-05-12 00:00

 

Kementerian Pariwisata dan Pemerintah Kabupaten Lembata Nusa Tenggara Timur meluncurkan Kegiatan Festival 3 Gunung. Peluncuran kegiatan ini dilalukan di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata Senin, 7 Mei 2018. Festival 3 Gunung (F3G) 2018 ini akan berlangsung di Lembata pada 22-29 September 2018.

 

Peluncuran festival yang akan menjadi ikon kalender kegiatan pariwisata di Kabupaten Lembata ini dilakukan secara resmi oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana bersama dengan Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur.

 

 

Kabupaten Lembata akan mengembangkan diri sebagai destinasi eksotik kelas dunia dengan mengandalkan wisata budaya (culture), alam (nature), dan buatan manusia (manmade) –yang terakhir ini dengan membangun kolam apung di Pulau Siput.“Sektor pariwisata kami tempatkan sebagai sektor unggulan untuk mensejahterakan masyarakat. Kami ingin mengembangkan pariwisata Lembata sebagai destinasi eksotik dengan mengandalkan pada potensi budaya, alam, dan buatan,” kata Bupati Eliaser Yentji Sunur.

 

I Gde Pitana mengatakan bahwa Kemenpar memberi apresiasi kepada Pemkab Lembata yang menempatkan pariwisata sebagai sektor unggulan. “Kabupaten Lembata memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi destinasi yang eksotik karena memiliki daya tarik budaya, alam, dan buatan yang unik dan tidak ditemukan di tempat lain,” kata  I Gde Pitana.

 

Menurutnya lagi, originalitas dan otentitas budaya dan alam yang dimiliki menjadi keunggulan Lembata dalam mengembangkan diri sebagai destinasi yang unik dan eksotik. “Lembata sudah lama tersohor ke mancanegara dengan keunikan budaya yaitu tradisi berburu ikan paus yang lestari. Kearifan lokal ini menjadi daya tarik wisatawan datang ke Lembata,” kata I Gde Pitana.

 

Festival 3 Gunung adalah rangkaian perjalanan menikmati alam dan budaya dari 3 gunung yang ada di Lembata, yaitu Gunung Ile Batutara, Gunung Ile Lewotolok dan Gunung Ile Werung.

 

Selain Festival 3 Gunung, Kabupaten Lembaga tahun ini memiliki 19 CoE yakni; Lembata International Heritage Walk 2018 (Rute: Lamanunang-Lusilame-Kampung Lama Ile Lewotolok-lewo Golok, dll); Lembata Sunset Trail Family Fun Run 2018; Festival Payung Lembata; Festival Paralayang International; Pesta Kacang Ile Ape; Lamalera Whale Catching Adventure; Visit To Barter And Night Market; Volcano Foot Ball Exhibition; NTT Fashion Carnaval 2018; Land Tours And Travel Village; dan Festival Nale. 

 

Selain itu ada Expo Dan Festival Inovasi Pemuda: Lembata Youth Music And Film Festival; Extreme Sport Tourism: Lomba Dayung Lawan Arus Laut; Festival Literasi #Saya Baca; Travel Fishing And Dolphin Watching; Nuhanera Dive; Festival Lamaholot; Expo And Festival Budaya Uyelewun Raya; Lembata International Documentary Film Festival; dan Festival Nale.

Teks: Ignatius Ferry Foto: Dok. Humas Kemenpar
Comment