ITINERARY EKSPLOR TAKA BONERATE (SULAWESI SELATAN) 6 HARI 2017-07-12 00:00

Sunset cantik di Pulau Tinabo Besar

 

Taka Bonerate adalah taman nasional berbentuk kumpulan pulau-pulau. Butuh minimal 6 hari termasuk perjalanan untuk dapat menikmati tempat ini dengan maksimal (catatan: luasnya kawasan dan kondisi cuaca sangat berperan dalam island hopping). Usahakan tiba di Makassar –sebagai kota gerbang masuknya-- sore/malam hari, setelah makan malam langsung menuju Tanjung Bira (Bulukumba) dengan mobil, dan bermalam dulu di sana. Baru esoknya dilanjutkan dengan kapal feri umum ke Selayar. Selanjutnya dari Selayar ke Taka Bonerate harus sewa kapal/speedboat. Karena harus sewa kapal, dianjurkan pergi berkelompok minimal 8 orang. Untuk pulangnya dengan penerbangan sore atau malam dari Makassar. Dengan waktu perjalanan total 2 hari dan di Selayar 1 hari maka waktu efektif di Taka Bonerate 3 hari.

 

Taman lautnya yang masih terjaga, pulau-pulau yang cantik dengan pantai pasir putih dan laut biru terhampar luas plus cantiknya Pulau Tinabo Besar menjadi daya tarik utama. Sesuai dengan arti dari Taka Bonerate itu sendiri; Taka= karang, Bonerate= pasir putih, jadi Taka Bonerate artinya kepulauan karang dengan pasir putih.

 

Pantai pasir putih dan laut biru mendominasi pemandangan di Taka Bonerate

 

Zona waktu: WITA.

 

HARI 1

JAKARTA-MAKASSAR (dengan penerbangan sore tiba sekitar pkl.16.00)

MAKASSAR-TANJUNG BIRA (dengan mobill rental)

- Tiba di Makassar langsung dijemput mobil sewaan ke Tanjung Bira. Durasi +/-6 jam termasuk makan malam. Tiba di Tanjung Bira +/-pkl. 22.00. 

Catatan: Jika ambil penerbangan pagi eksplor Makassar dulu (Pantai Losari, Pelabuhan Paotere, Benteng Rotterdam, dll) dan wisata kuliner (coto, konro, pisang epe, dll).

 

HARI 2

TANJUNG BIRA-SELAYAR (dengan kapal feri umum)

- Nikmati sunrise dan main-main di pantai di Tanjung Bira.

- Naik kapal feri Tanjung Bira-Selayar pkl. 10.00. Durasi 2 jam.

- Tiba di Pelabuhan Pamatata di Selayar, lanjut naik travel sejenis Xenia/Avanza ke Kota Benteng di Pulau Selayar. Durasi 1 jam.

- Setelah makan siang menuju pelabuhan kecil tak jauh dari Kota Benteng (berbeda dengan pelabuhan feri) untuk sewa kapal ke Pulau Pasi Gusung dan Liang Kereta untuk snorkeling dan mantai sampai sore.

 

Liang Kereta

 

- Belanja snacks dan keperluan lain untuk persiapan selama menginap di Pulau Tinabo Besar (Taka Bonerate). 

- Makan malam dan check in hotel. Malam ini menginap di Pulau Selayar.

 

HARI 3

SELAYAR-TAKA BONERATE (dengan kapal sewaan)

- Check-out hotel dan dijemput mobil sewaan pkl.06.00 untuk menuju pelabuhan (yang berbeda lagi dengan 2 pelabuhan sebelumnya), durasi 1,5 jam.

- Naik kapal sewaan berkapasitas 8-12 orang menuju Taka Bonerate, tepatnya ke Pulau Tinabo Besar di mana terdapat penginapan. Durasi 4-5 jam. Pilihan lain adalah speedboat dengan durasi 2 jam, tentu harga sewanya lebih mahal.

- Tiba di Pulau Tinabo Besar; setelah makan siang dilanjutkan dengan berenang, mantai, dan snorkeling di sekitar Pulau Tinabo Besar dan Tinabo Kecil. Spot unik di dekat pantai adalah Taman Kima (disebut juga spot Rumah Jinny). Kerang-kerang raksasa terhampar di sini, juga banyak anak ikan hiu, nemo, belut laut, berbagai jenis ikan hias dan karang lunak/keras.

 

Kima raksasa

 

- Usai makan malam jalan ke arah dermaga dan nikmati berjuta bintang. Bintang jatuh bukan hal langka di sini.

- Menginap di Pulau Tinabo Besar.

 

Penginapan di Tinabo Besar

 

HARI 4

EKSPLOR TAKA BONERATE (dengan kapal sewaan)

- Naik kapal untuk snorkeling di Pulau Rajuni Besar, Rajuni Kecil, Tarupa Besar, Tarupa Kecil, dan pulau-pulau lain (Catatan: kondisi cuaca dan arus laut sangat memengaruhi spot mana saja yang diperkenankan untuk snorkeling).

- Makan siang di gusung (pulau pasir). Gusungnya cantik sekali dengan laut dan langit biru. Speechless!

 

Gusung

 

- Sorenya berenang, mantai, dan snorkeling di depan penginapan.

- Setelah makan malam jika cuaca bagus bisa ke bagan di tengah laut untuk melihat aktivitas nelayan.

- Menginap di Pulau Tinabo Besar.

 

Dermaga di Tinabo Besar

 

HARI 5

EKSPLOR TAKA BONERATE

- Pagi-pagi kita bisa ikut bersih-bersih pantai yang diadakan oleh petugas taman nasional.

- Sarapan, selanjutnya check out pkl.10.00.

- Naik kapal menuju Pulau Latondu, durasi 1 jam. Pulau ini yang paling padat penduduknya di gugusan Taman Nasional Taka Bonerate, dengan mayoritas penduduk Suku Bugis, Bajo, dan Selayar yang hidup rukun berdampingan. Jangan heran melihat penduduk pulau ini rata-rata memakai masker wajah (buatan sendiri dari tepung beras dan rempah-rempah) sebagai pelindung panas.

- Makan siang di rumah penduduk (sebelumnya minta diaturkan dulu oleh petugas taman nasional atau kru kapal). Cobalah menu udang pasir dan rujak ikan khas Pulau Latondu, dijamin nambah!

 

Rujak ikan

 

Udang pasir

 

KEMBALI KE SELAYAR

- Kembali ke kapal untuk menuju Selayar.

- Tiba di Selayar pkl.18.00 langsung check in hotel.

- Makan malam dan jika berminat bisa jalan-jalan ke pasar malam di Selayar sekaligus mencari oleh-oleh. Yang recommended kaos dengan tulisan Taka Bonerate tentunya.

- Menginap di Selayar.

 

HARI 6

SELAYAR-TANJUNG BIRA-MAKASSAR (dengan kapal feri umum + mobil rental)

- Pkl.05.30 sudah harus berangkat ke Pelabuhan Pamatata (Selayar) untuk naik feri pkl.07.00 kembali ke Tanjung Bira.

- Tiba di Tanjung Bira pkl.09.00. Langsung naik mobil sewaan ke Makassar.

- Tiba di Makassar pkl.15.00 (sudah termasuk istirahat makan siang 1 jam).

 

MAKASSAR-JAKARTA

Kembali ke Jakarta dengan penerbangan sore atau malam.

 

 

 

Teks: Erl Foto: Erl, Raiyani Muharramah
Comment