ITINERARY & ESTIMASI BIAYA EKSPLOR TERNATE-TIDORE-MOROTAI (MALUKU UTARA) 7 HARI 2021-01-06 23:00

Pulau Kokoya, salah satu tujuan island hopping di Morotai

 

Butuh alternatif liburan yang ingin segera direalisasikan usai pandemi? Coba deh ke Maluku Utara. Dalam sekali trip dengan durasi7 hari, Trippers bisa puas eksplor 3 pulau yakni Ternate, Tidore dan Morotai. Ikuti aja panduan itinerary-nya ini.

 

HARI 1. JAKARTA-TERNATE-MOROTAI

- Terbang dari Jakarta dan transit di Ternate (Bandara Sultan Babullah) selama 4 jam. Bisa keluar bandara dulu, sewa mobil ke tempat-tempat yang tak jauh dari bandara, ke arah selatan: Pantai Dufa-Dufa, Benteng Tolukko, Fort Oranje, Landmark Ternate, termasuk makan di Kota Ternate-nya. Salah satu pilihan tempat makan di RM Al Hikmah untuk makan nasi kuning atau lontong sayur.

Benteng Tolukko di Ternate

 

- Dari Ternate terbang ke Morotai 45 menit, tiba di Morotai (Bandara Leo Wattimena) sekitar jam 1 siang.

Bandara Leo Wattimena

 

- Dengan mobil sewaan, check in hotel dulu di Kota Daruba (ibu kota Morotai), lalu makan siang. Rekomendasi makan di RM Bumi Moro, menu ayam goreng/bakar dan lalapan ala Jawa.

- Hari ini eksplor darat dulu di Morotai, ke tempat-tempat ini: Air Terjun Raja, Jababeka Morotai, Monumen Nakamura, Tank Amphibi, Pantai Army Dock (menunggu sunset).

Jababeka Morotai

 

- Makan malam di Restoran Damonge, salah satu restoran terbaik di Kota Daruba.

Pilihan menu di Resto Damonge, Daruba Morotai

 

Baca juga: “4 Jam Transit di Ternate, Bisakah Mengelilingi Satu Pulau?

 

HARI 2. MOROTAI: ISLAND HOPPING

- Pagi hari usai sarapan di hotel, beli perbekalan dulu alias jajanan di pasar tradisional di Daruba.

- Lanjut dengan mobil mampir di Museum Perang Dunia II dan Monumen Trikora di sebelahnya.

Monumen Trikora

 

- Naik mobil ke Air Kaca. Tidak ada tiket masuk, hanya berikan donasi kepada penjaganya.

- Mengunjungi Museum Swadaya Perang Dunia II yang dibangun oleh Muhlis Eso, warga Morotai yang gigih mengumpulkan barang sisa-sisa Perang Dunia II. Di sini nggak ada tiket masuk, tapi sebaiknya berikan donasi demi kelangsungan museum ini.

Museum Swadaya Perang Dunia II

 

- Makan siang dulu di Kota Daruba sebelum ke dermaga untuk naik speedboat.

- Naik speedboat untuk island hopping pulau-pulau di sekitar Pulau Morotai yakni: Pasir Putih, Pulau Kokoya, Pulau Dodola, snorkeling di Pulau Kapa Kapa, Pulau Zumzum. Yang ada tiket masuknya hanya Pulau Dodola, sedangkan di tempat lain hanya memberikan donasi atau sekadar uang kebersihan kepada penjaga pulau. Sewa speedboat yang bagus dengan kapasitas bisa untuk 10-15 orang +/-Rp1.000.000.

Pasir Putih

 

- Sore usai kembali lagi ke dermaga, ke hotel dulu untuk mandi. Baru kemudian keluar makan malam di sekitar taman kota. Banyak warung jajanan di sini termasuk bubur Cianjur dan bakso.

 

HARI 3. MOROTAI

- Pagi hari usai sarapan di hotel, berangkat dengan mobil menuju bagian utara pulau, Tanjung dan Pantai Gorango. Durasi perjalanan sekitar 2 jam. Di lagunanya di sebelah kiri pantai kalau beruntung kita bisa melihat ikan-ikan hiu berenang-renang. O ya, sebaiknya membawa bekal makan siang karena belum tentu rumah makan di pantai ini buka. Jadi kita bisa membuka bekal makan siang di pondokan yang ada di pantai. Pantai Gorango memberlakukan tiket Rp5.000 per orang.

Laguna cantik di Pantai Gorango

 

- Sekalian arah kembali, mampir di Pantai Nunuhu, ini salah satu pantai unik yang ada di Morotai.

- Kembali ke Kota Daruba sudah sore menjelang malam, sekalian makan malam, baru kembali ke hotel.

 

HARI 4. MOROTAI - TERNATE

- Check out hotel, lalu masih ada cukup waktu untuk keliling Kota Daruba, salah satunya yang tak boleh dilewatkan adalah taman kota Morotai Daloha.

Taman kota Morotai Daloha

 

- Bisa early lunch dulu karena jadwal pesawat ke Ternate jam 1 siang.

- Naik pesawat ke Ternate 45 menit.

- Tiba di Ternate langsung eksplor ke arah utara dengan mobil sewaan: Batu Angus, Pantai Sulamadaha (termasuk ke Hol-nya), Pantai Jikomalamo 1, Danau Tolire Besar, Danau Tolire Kecil. (Kalau kesorean dan nggak keburu, Danau Tolire bisa diskip, di hari ke-6 masih ada cukup waktu).

Batu Angus

 

Pantai Jikomalamo 1

 

- Sore check in hotel di pusat kota Ternate. Makan malam di sekitar hotel.

 

HARI 5. EKSPLOR TIDORE

- Dari hotel bisa naik ojek ke Pelabuhan Bastiong untuk menyeberang dengan speedboat umum ke Pulau Tidore. Untuk eksplor Tidore bisa pulang hari dari Ternate. Jadwal speedboat umum 24 jam, berangkat setiap kali penuh (kapasitas 16 penumpang). Harga tiket Rp10.000 saja per orang. Perjalanan dengan speedboat hanya 10-15 menit.

- Tiba di Pulau Tidore, tepatnya di Pelabuhan Rum.

- Langsung naik mobil sewaan untuk mengelilingi Pulau Tidore. Rutenya: Monumen Juan Sebastian De Elcano (Tugu Pendaratan Spanyol), Sirkuit Selawaring Rum, Monumen Tidore Mareku, pengrajin pandai besi di Kelurahan Toloa, Benteng Tahula, Kedaton Tidore, Benteng Torre, makan siang di RM Ratu Sayang (ikan bakar dabu-dabu, singkong rebus bersantan + sambal kacang kenari), Lapangan Gurua, Desa Gurabunga, kaki Gunung Kie Matubu, hutan mangrove di Tanjung Mafu Tutu.

Benteng Tahula

 

- Kurang lebih sebelum jam 5 sore sudah kembali lagi ke Pelabuhan Rum untuk menyeberang kembali ke Ternate.

 

Baca juga: “6-7 Jam di Tidore, Bisa ke Mana Saja?

 

HARI 6: EKSPLOR TERNATE

- Hari ini kita akan naik mobil sewaan untuk mengelilingi satu pulau Ternate dan tentu saja mampir-mampir ke objek yang belum sempat dikunjungi di hari pertama (saat transit 4 jam) dan hari ke-4 yang hanya setengah hari.

- Bisa mampir ke Pantai Sulamadaha lagi untuk memotret perairan super bening di Hol di pagi hari. Dan ke Danau Tolire jika saat hari ke-4 nggak keburu.

- Objek-objek lainnya: Pantai Bobane Ici, Benteng Kastela, Pantai Fitu (pemandangan uang seribu), Danau Laguna/Ngade, Benteng Kalamata, Kesultanan Ternate.

Danau Laguna/Ngade

 

Kesultanan Ternate

 

- Makan siang atau makan malam bisa mencari rumah makan yang menyediakan menu sop saudara, khas Makassar Sulawesi tapi banyak juga ditemukan di Kota Ternate.

 

HARI 7: TERNATE-JAKARTA

Jadwal penerbangan ke Jakarta jam 1 siang, jadi masih bisa mampir ke beberapa objek yang belum sempat dimampiri atau belum puas dieksplor. Atau hanya putar-putar lihat-liat kota dan early lunch.

 

ESTIMASI BIAYA: Rp8.300.000 per orang (berdasarkan sharing cost 4 orang, termasuk tiket pesawat Jakarta-Ternate-Morotai PP dianggarkan Rp4.500.000).

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Mayawati NH, Muhlis Eso, Dok. Sista Lukito, Zuriah Saibun
Comment
Parbriz Renault Trafic Ii Bus 2001

I am really enjoying the theme/design of your blog. Do you ever run into any internet browser compatibility problems? A handful of my blog audience have complained about my website not operating correctly in Explorer but looks great in Opera. Do you have any ideas to help fix this problem? https://vanzari-parbrize.ro/parbrize/parbrize-renault-trafic_box_t1_t3_t4_t2_-2650.html

2021-01-23