DIVING MENJANGAN BALI, COCOK BAGI PENYELAM PEMULA MAUPUN ADVANCED 2021-10-31 20:50

Spot Coral Garden Mangrove di Pulau Menjangan

 

Bagi para penyelam nggak ada tuh istilah bosan menyelam di tempat yang sama. Karena setiap penyelaman di spot yang sama sekalipun tak akan pernah sama pengalamannya. Apalagi dalam satu destinasi atau area penyelaman ada banyak spot atau titik selamnya. Maka Juni 2021 lalu saya kembali lagi ke Pulau Menjangan, Taman Nasional Bali Barat, untuk menyelam, yang ketiga kalinya.

 

Kami kembali menginap di Tuke Menjangan yang lokasinya tak jauh dari Dermaga Banyu Mandi di Teluk Banyu Wedang, titik keberangkatan untuk ke Pulau Menjangan. Ya, kalau mau menyelam di perairan Pulau Menjangan, saya sarankan cari penginapan di sekitar Teluk Banyu Wedang. Pilihannya cukup banyak dengan rentang harga yang variatif. Jadi jangan khawatir kalau bujet kita nggak cukup buat menginap di Mimpi Menjangan Resort maupun Taman Sari Bali Resort and Spa.

 

Dermaga Banyu Mandi di Teluk Banyu Wedang

 

Kapal kayu untuk membawa ke dive spot

 

Menyelam bersama keponakan yang lagi-lagi hanya discovery scuba karena belum kunjung punya dive license, saya nggak memantek ekspektasi yang tinggi. Dua tahun sebelumnya kami turun di Sandy Slope dan Coral Garden. Nggak wah memang pengalamannya saat itu, tapi bagi saya cukup puaslah untuk sekadar membasahi ‘insang’ yang sudah lama kering.

 

Baca juga: “Pulau Menjangan Bali, Cocok Buat Weekend Getaway

 

Kali ini pada penyelaman pertama kami turun di Pos 2. Spot selam yang satu ini sepertinya favorit karena 14 tahun lalu saat pertama kali menyelam di Pulau Menjangan saya pun turun di Pos 2, ke arah kiri dan kanan. Konturnya berupa wall atau dinding. Arusnya biasa saja, mild. Cocok untuk pemula.

 

Menjelang akhir penyelaman kami dapat bonus penyu hawkbill yang ukurannya cukup besar, sedang mematuk-matuk karang, mencari makan. Penyu ini sama sekali tak terganggu dengan kehadiran kami. Jadi kami bisa berlama-lama menontonnya, memutarinya, memotretnya dari jarak dekat, bahkan keponakan saya, Wilson, bisa berpose-pose bersamanya. Saat akhirnya si penyu melesat ke arah birunya laut, dia pun masih sempat menari dan meliuk di hadapan Wilson yang sesaat sempat kaget, tapi sedetik kemudian dia kegirangan bisa berada begitu dekat dengan penyunya.

 

Berpose bersama penyu

 

Penyunya anteng di depan kamera

 

Bertatapan dengan penyu

 

Surface interval, kapal kayu kami merapat di dermaga Pulau Menjangan. Paket diving kami termasuk dapat makan siang dalam box. Bukan lunch box sembarang lunch box karena isinya adalah aneka menu daging babi dari Warung Makan Babi Guling Pak Dodot. Jadi buat Trippers yang boleh makan babi, MyTrip rekomen deh warung yang satu ini.

 

Dermaga Pulau Menjangan

 

Penyelaman kedua di Coral Garden Mangrove. Nah di spot inilah saya merasa sangat sangat puas karena tak cuma wall biasa tapi juga ada semacam gua terbuka yang dibentuk oleh dua dinding karang. Kita bisa memasukinya, menikmati keindahannya, dan berpose-pose tentunya. Tak perlu berpanjang kata, lihat saja foto-fotonya ya.

 

 

 

Memang saya masih belum berkesempatan turun di spot yang bernama Cave Point dan Eel Garden di Pulau Menjangan ini. Itu tandanya saya harus kembali lagi. 

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Mayawati NH, Wayan “Tuke Menjangan”
Comment