PERLU TAHU! BEGINILAH CARA MERAWAT BATERAI DRONE BIAR AWET 2023-03-10 13:15

Baterai drone awet, bisa sering-sering membuat foto seperti ini

 

Demi mendapatkan hasil foto yang lebih cetar di tiap destinasi wisata yang dikunjungi, travelers kekinian melengkapi dirinya dengan drone. Dengan drone, kita bisa mengambil angle bird-eye view yang lebih bisa menggambarkan suasana indah dengan utuh. Ya memang, sebagai salah satu alat yang multifungsi, drone cukup bermanfaat untuk keperluan kegiatan manusia. Tidak hanya di dunia fotografi, drone juga kerap kali digunakan dalam bidang kemiliteran, pertanian, pertambangan, hingga media massa.

 

Namun, memiliki drone artinya Anda harus siap memberikan perawatan ekstra agar drone tetap bisa digunakan sebagaimana mestinya. Salah satu cara agar drone awet adalah dengan merawat baterainya. Lalu, apa saja yang harus dilakukan dalam perawatan baterai drone? Inilah cara merawat baterai drone agar awet.

 

Cara Merawat Baterai Drone Agar Awet

 

1. Jangan Biarkan Baterai Panas

Drone yang digunakan terus-menerus, lama kelamaan baterainya akan panas. Maka dari itu, ketika dirasa baterai drone sudah mulai panas, sebaiknya diistirahatkan hingga suhunya kembali normal. Menggunakan drone saat baterai panas bisa menimbulkan masalah yang namanya over-heat.

Apabila baterai mengalami hal tersebut, justru bisa membahayakan kesehatan baterai. Alhasil, baterai jadi menggembung, atau yang lebih parah adalah meledak.

 

2. Pastikan Baterai Harus Terisi Penuh

Ketika melakukan isi ulang daya baterai drone, disarankan untuk mengisi kapasitas dayanya sampai benar-benar penuh 100%. Cara ini dilakukan untuk menjaga baterai tetap optimal dan bisa digunakan dalam kondisi yang prima. Bahkan, beberapa drone juga ada yang membutuhkan cell voltase penuh agar ia bisa terbang tanpa ada kendala.

 

3. Pastikan Isi Baterai Saat Suhunya Sejuk

Saat melakukan charging baterai drone, harus ada perhatian khusus. Seperti yang dikatakan sebelumnya, Anda harus memastikan suhu baterai sudah normal dan tidak panas. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kerusakan baterai. Dan, pengaturan suhu tadi berlaku saat melakukan charging baterai drone.

 

Jika Anda memaksa baterai drone di-charge saat masih panas, justru bisa membuat baterai drone menjadi over-heat. Selain itu, kualitas baterainya juga bisa menurun. Bahkan, yang lebih parah adalah baterai drone bisa meledak kapan saja karena over-heat.

 

4. Pastikan Simpan Baterai dengan Benar

Menyimpan baterai drone juga tidak bisa sembarangan. Anda harus memastikan bahwa baterai drone diletakkan pada tempat dengan suhu yang pas, yakni di kisaran 220 C hingga 280 C. Hindari menyimpan drone di suhu yang terlalu panas. Penyimpanan baterai drone di suhu panas justru akan membuat bagian cell baterai cepat rusak.

 

5. Ganti Baterai Drone Setelah 200 Kali Pemakaian

Baterai pada drone punya usia tersendiri. Jika sudah memasuki usia ‘tua’ maka Anda harus segera menggantinya. Apabila tidak diganti, justru akan mempercepat kerusakan drone. Patokan untuk mengetahui usia baterai adalah dari jumlah masa pakainya. Jika drone sudah digunakan sekitar 200 kali, sebaiknya segera ganti baterainya, ya.

 

Inti dari semua tadi adalah, memiliki drone bukan hanya merawat bagian drone saja. Spare part seperti baterai pun harus diperhatikan dengan seksama. Dan, pastikan agar baterai tidak mengalami over-heat.

 

Apabila sudah mengetahui informasi dasar mengenai drone, kini sekarang waktunya Anda mulai memiliki drone. Salah satu drone yang kami rekomendasikan adalah dji mavic 3 fly more combo yang terkenal dengan keawetannya. Drone tersebut bisa Anda dapatkan lewat marketplace Blibli.

Apabila Anda melakukan pembelian hari ini maka kemungkinan besar bisa mendapatkan diskon hingga 54%. Tidak hanya itu saja, Blibli juga memberikan voucher gratis ongkir untuk semua barang ke seluruh Indonesia. Anda tidak perlu khawatir soal pengiriman, karena Blibli menjamin keamanan barang sampai ke tangan pelanggan.

 

Untuk itu, jangan tunggu besok, dan langsung check out drone favorit Anda di Blibli, ya!

 

 

Teks: Istimewa Edit: MyTrip Foto: David Henrichs (Unsplash.com), Priyo Tri Handoyo
Comment