8 ‘INFINITY POOL’ DI RAJA AMPAT YANG BIKIN BETAH 2017-01-20 00:00

Pantai Wayag

 

Kalau mendengar kata infinity pool pasti pikiran kita langsung melayang ke kolam renang di hotel atau resort mewah. Disebut infinity karena posisinya memberi kesan seolah-olah kolam tersebut menyatu dengan laut atau pemandangan lain di depannya. Keren lah pokoknya, dan bikin tamu betah berlama-lama di situ. Nah, di Raja Ampat juga ada lhoinfinity pool”. Malah lebih keren karena bukan lagi seolah-olah menyatu dengan laut, tapi memang ‘pool’ yang dimaksud di sini adalah laguna atau pantai yang tentunya berada di laut.

Nggak berlebihan disebut pool alias kolam karena memang airnya tenang, nggak terlalu dalam sehingga warna airnya pun bukan biru gelap melainkan hijau toska, dan aman direnangi. Yang istimewanya lagi, hampir semuanya sepi dari pengunjung! Kita bisa bebas berenang cantik dan berfoto-foto tanpa perlu berebutan spot keren dengan pengunjung lain. Paling banter berebutan sama teman sendiri, haha.

Ini dia ‘infinity pool’ di Raja Ampat yang pernah MyTrip coba.

 

1. PANTAI WAYAG

 

Kalau ke Wayag biasanya orang begitu turun dari speedboat langsung bersiap naik ke bukitnya untuk melihat bird-eye view dambaan sejuta umat dari puncaknya. Turun dari bukit sudah kelelahan dan atau sudah waktunya untuk pulang kembali naik speedboat, jadi tidak sempat berendam di pantainya. Padahal pantai Wayag asyik banget buat direnangi. Sangat landai dan airnya tenang, dasarnya pun pasir putih sehingga kita nggak perlu takut menginjak terumbu karang. Keberadaan pulau mirip tumpeng di tengahnya juga menambah latar kece untuk berfoto.

 

2. PIAYNEMO LAGOON

 

Nah, para wisatawan ke Piaynemo juga biasanya hanya naik ke view point utama yang ada pagarnya dan ke Bukit Bintang. Itu aja. Padahal di seberangnya ada gugusan pulau yang di tengahnya ada lagunanya. Memang nggak setiap pemandu atau motorist speedboat tahu kalau gugusan pulau melingkar itu punya celah masuk. Celahnya memang sempit dan hanya bisa dilewati speedboat kecil. Masuknya pun harus hati-hati, jangan sampai mengenai terumbu karang. Begitu sampai di dalam laguna, speedboat bisa ditambatkan di pantainya, dan byurrr.... Berenanglah di lagunanya yang sangat tenang. Kalau memakai fin dan kuat berenang, teruslah berenang hingga ke sisi lain laguna di mana terdapat dermaga kecil. Dari situ kita bisa naik ke pos jaga untuk melihat laguna dari atas. Dari atas kelihatan bentuk lagunanya berkelok-kelok. Tapi tanya dulu ke pemandu apakah pos jaga tersebut masih kokoh. Karena belakangan terlihat kayunya banyak yang mulai rapuh. Keselamatan nomor satu ya, Trippers!

 

3. PASIR TIMBUL

 

Pasir Timbul atau gosong pasir ini berada di Selat Dampier, di depan Pulau Kri (salah satu pulau yang ngetop di Raja Ampat) dan dekat dengan Pulau Koh. Selain bisa berfoto-foto di atas pasirnya yang menyembul hanya pada saat air surut, kita juga bisa berenang di sekitarnya. Area yang dangkal sangat luas dan jauh, jadi aman bahkan bagi yang nggak bisa berenang sekalipun. Banyak ikan kecil warna-warni di antara pasir putihnya. Saat cuaca cerah, langitnya sangat biru dan gumpalan awan putih menambah keren pemandangan.

 

 

4. LAGUNA YAPAP

 

Kudu masukin tempat yang satu ini ke dalam daftar kalau Anda berkesempatan ke Misool, Raja Ampat kawasan selatan. Kalau nggak, bakal nyesel deh! Laguna berair hijau toska dengan dasar pasir putih ini airnya tenang dan dangkal. Ada sedikit terumbu karang, jadi harus hati-hati jangan sampai menginjaknya. Paling enak sih di sini berenang ngambang (pakai life vest bagi yang nggak bisa berenang) sambil melihat pemandangan di sekitar yang aduhai! Gugusan batu-batu karst di sekeliling laguna ini membentuk rupa-rupa struktur unik. Ada yang seperti layar, bidak catur, candi, dan –maaf—seperti penis. Sumpah, keren abis deh foto-foto di sini. Yang lain bakal sirik to the max!

 

5. PANTAI FARONDI

Farondi lebih dikenal sebagai tempat favorit menyelam di Misool karena memiliki gua bawah laut yang spektakuler. Tapi jangan bekecil hati dulu kalau Anda bukan penyelam karena pantainya nggak kalah kece! Cobalah snorkeling ke arah kanan pantai, di sana dunia bawah lautnya ciamik.

 

6. LAGUNA BALBULOL

 

Laguna ini berada di Misool juga. Penanda tempatnya adalah dua pulau karst berlapis tanaman hijau yang menyerupai pohon Natal atau tumpeng raksasa. ‘Kolam’ di sini nggak terlalu dangkal dan ada bagian yang lumayan dalam, tapi sangat tenang. Bagi yang nggak bisa berenang wajib memakai life vest. Terumbu karang dan ikan-ikannya banyak dan sangat menarik. Jadi siapkan masker ya!

 

 

7. PANTAI NAMLOL

 

Pantai andalan Misool yang satu ini terbilang unik. Saat air pasang memang nggak kelihatan keunikannya. Tapi saat air surut akan terlihat ada kolam yang cukup besar di pantai ini, terpisah dari laut di depannya. Saat pasang barulah area daratan pasir di depannya terendam dan kolam ini pun menyatu dengan laut. Di depannya ada formasi karang runcing-runcing yang menambah cantik suasana. Eits, jangan berpuas hanya berenang-renang di kolam ini terus langsung pulang. Berjalan kakilah ke arah belakang pantai, maka kita akan menemukan laguna yang airnya sebening kaca.

 

8. PANTAI BANOS

 

Salah satu pulau wisata di Misool ini selain memiliki pantai pasir putih halus, juga kaya akan ikan-ikan dan makhluk laut lainnya. Perairannya cukup dangkal dan tenang, jadi yang nggak bisa berenang pun aman berenang hingga beberapa meter dari bibir pantai. Tapi memang ikannya lebih beragam di tempat yang lebih dalam. Jadi siapkan masker, snorkel dan fin serta life vest Anda. Susuri bawah lautnya hingga jauh dari bibir pantai dan nikmati keindahannya. Jangan lupa, harus buddy system ya, jangan berenang jauh-jauh sendirian.

 

Artikel ini diposting juga di:

https://qubicle.id/story/8-infinity-pool-di-raja-ampat-yang-asyik-buat-berenang-cantik

 

Lebih lengkap tentang Raja Ampat baca: "Panduan Cerdas Eksplor Raja Ampat"

INGIN MENIKMATI INFINITY POOL RAJA AMPAT? Hubungi: mytrip@media.femalindo.com. Kami memiliki paket-paket menarik ke Raja Ampat.

Teks: Mayawati NH Foto: Buntoro Sabariman, Eddy Sukandar, Mario Susilo, Mayawati NH, Priyo Tri Handoyo
Comment