7 KOTA YANG ASYIK DIJELAJAHI DENGAN JALAN KAKI PLUS REKOMENDASI HOTELNYA 2019-10-12 18:00

My-Quartermile Apartments di Edinburgh

 

Ada kota-kota tertentu yang asyik buat dijelajahi dengan berjalan kaki. Berjalan kaki secara mandiri maupun dengan mengikuti walking tour. Ada yang jalan kaki santai, ada juga yang butuh sedikit tenaga karena kontur kota yang berbukit misalnya. Dari hasil riset Booking.com terhadap para pelanggannya yang bersedia disurvey, diketahui bahwa hampir separuh (48%) dari wisatawan Indonesia dan 40% wisatawan global mengatakan tertarik mengikuti walking tour.

 

Booking.com juga berhasl menghimpun destinasi terbaik untuk dijelajahi dengan berjalan kaki. Dari Vientiane di Laos hingga Vienna (Wina) di Austria. Tentu direkomendasikan juga akomodasinya yang bikin betah.

 

1. VIENTIANE, LAOS

 

Menurut para wisatawan di Booking.com, Vientiane adalah destinasi walking tour terpopuler di Asia Tenggara. Mereka menawarkan walking tour baik pada siang maupun malam hari. Di siang hari kita bisa menikmati pemandangan jalan raya yang lebar dengan arsitektur kolonial Prancis, candi Buddha seperti Pha That Luang, dan kuil, termasuk Wat Si Saket. Nah, kalau walking tour malam, pasti kita akan diajak mengunjungi bazar malam di tepi sungai dan mengunjungi Pasar Kuliner Malam Vientiane untuk menikmati street food yang lezat.

 

Rekomendasi akomodasi: Barn1920s Hostel yang terletak di pusat kota Vientiane, dekat Museum Nasional Laos dan hanya 3 menit jalan kaki dari pasar malam yang populer, sempurna untuk wisatawan yang menjelajahi kota dengan berjalan kaki. Awali hari dengan sarapan prasmanan, kemudian jelajahi situs Buddha di dekat tempat menginap, seperti Wat Sisaket, Pha That Luang Stupa dan Patung Chaofa Ngum. Di malam hari, Anda dapat bertukar cerita dengan sesama wisatawan di taman, lounge, kafe, atau bar.

 

Barn1920s Hostel

 

2. DAEGU, KOREA SELATAN

 

Jika Anda sedang merencanakan trip ke Korea Selatan, berkunjunglah ke Daegu, karena ini salah satu destinasi walking tour terpopuler di Asia yang direkomendasikan wisatawan di Booking.com. Daegu memiliki banyak lokasi yang dapat dijelajahi dengan berjalan kaki pada siang maupun malam hari. Di siang hari jelajahilah jalan-jalan kecilnya, termasuk pujasera Jin-alley dan Lorong Mural Samduk-dong, atau kunjungi Duryu Park. Rencanakan untuk mendaki bukit di Apsan Park pada sore hari untuk menikmati matahari terbenam dan pemandangan hutan yang indah, atau kunjungi Danau Suseong untuk pertunjukan air yang menakjubkan.

 

Rekomendasi akomodasi: Aega Hanok Guesthouse mendapatkan rating tinggi dari wisatawan di Booking.com, sempurna untuk yang ingin berhemat. Jelajahi objek wisata di dekatnya, yang semuanya dapat dicapai dengan berjalan kaki, dengan perjalanan ke Seomun Market, Duryu Park, dan DEBEC Plaza.  

 

Aega Hanok Guesthouse 

 

3. TROIS RIVIERES, KANADA

Untuk wilayah Amerika Utara, favoritnya adalah Trois Rivieres. Aktivitas terpopuler pada siang hari yakni mengelilingi kota tua Trois Rivieres, dengan lebih dari 50 bangunan yang dibangun mulai tahun 1650, serta berjalan kaki melintasi Jembatan Laviolette -jembatan lengkung yang membelah Sungai St. Lawrence. Setelah malam tiba, kunjungi Rues des Forges yang terletak sepanjang Sungai St. Lawrence hingga Rue Bellefeuille yang memiliki banyak bar.

 

 

Rekomendasi akomodasi: Rasakan seolah Anda kembali ke masa lalu dengan menginap di B&B Gite Loiselle yang unik. Dengan lokasi di tengah kota, B&B yang cantik ini terletak di pusat sejarah Trois Rivieres dan dapat dicapai dengan sedikit berjalan kaki dari Sungai St. Lawrence, tempat Anda akan menemukan jajaran restoran, kafe, dan museum untuk dijelajahi.

 

B&B Gite Loiselle

 

4. CULIACAN, MEKSIKO

Culiacan adalah destinasi walking tour terpopuler di Amerika Latin. Di siang hari nikmatilah aroma bunga yang segar di kebun raya, atau rasakan kedamaian dan ketenangan dengan mengunjungi Gereja Lady of Guadaloupe, yang menawarkan panorama kota yang tidak ada di tempat lain. Atau ikuti tur kuliner lezat pinggir jalan dan cicipi kelezatan makanan lokal seperti chilorio (hidangan dari negara bagian Sinaloa, Meksiko, yang terbuat dari daging babi yang digoreng dengan saus cabai), machaca (daging babi atau sapi yang dikeringkan dan diberi bumbu tradisional), atau hidangan laut yang segar.

 

Rekomendasi akomodasi: Hotel Los Tres Rios adalah tempat menginap yang sempurna untuk wisatawan yang menjelajah dengan berjalan kaki, karena terletak di dekat pusat kota Culiacan. Setelah menjelajah, bersantailah dengan berenang di kolam renang outdoor dan nikmatilah hidangan lezat di restorannya, yang menyajikan hidangan internasional.  

 

 

5. ORENBURG, RUSIA

 

Orenburg merupakan destinasi walking tour terpopuler di Eropa. Di siang hari berjalan kakilah melintasi jembatan pejalan kaki yang ikonik, yang menghubungkan Eropa dan Asia. Sedangkan di malam hari berkunjunglah ke Armada Mall untuk wisata belanja dan hiburan larut malam.

 

Rekomendasi akomodasi: Terletak di pusat sejarah menjadikan Orenburg Grand Hotel ideal, ditambah ada sauna dan kolam renang dalam ruangan. Hanya perlu berjalan kaki sebentar dari hotel untuk tiba di Sungai Ural serta berbagai toko dan kafe.

 

Grand Hotel

 

6. EDINBURGH, SKOTLANDIA

Di Edinburgh kita bisa berjalan kaki santai di siang hari dan mengunjungi Arthur’s Seat yang ikonik serta Kastel Edinburgh, sebelum mencicipi gin lokal. Setelah malam tiba, telusuri kisah mencekam dari masa lalu Edinburgh yang kelam dengan walking tour The Dark Side. Ada juga walking tour Harry Potter atau perjalanan mendaki ke Loch Lomond, Kastel Stirling & Kelpies; sempurna jika Anda ingin berganti suasana dari jalanan yang ramai ke pedesaan yang damai.

 

 

Rekomendasi akomodasi: Di pusat kota Edinburgh ada My-Quartermile Apartments yang dihimpit berbagai bar, kafe, dan restoran. Kastel Edinburgh dapat dicapai dengan 20 menit berjalan kaki, begitu juga dengan Kota Tua dan Baru, yang ditunjuk sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, dengan The Royal Mile di dalamnya.

 

Baca juga: "7 Kota Cantik Ini Bakal Bikin Kamu Ingin Segera ke Sana Deh!"

 

7. WINA, AUSTRIA

 

Jangan lewatkan berjalan kaki mengitari kota Wina yang indah. Pecinta seni dan desain pasti suka Istana Schonbrunn, Katedral St. Stephen, Istana Belvedere, dan balai kota neo-gotik Rathaus Vienna. Wina juga dikenal dengan transportasi umumnya yang dapat diandalkan, jadi jika lelah, naiklah trem, ambil peta, dan susun itinerary Anda sendiri. Jangan lewatkan diskon 10 persen diMUMOK Museum of Modern Art dan diskon 20 persen untuk bus wisata dan jalan kaki di kota, jadi selalu ada kegiatan yang dapat Anda lakukan. 

 

Rekomendasi akomodasi: Hanya lima menit berjalan kaki dari Katedral St. Stephen, ada Vision Apartments yang modern dan elegan. Lokasi apartemen ini ideal untuk wisatawan yang ingin menjelajah, karena Stasiun Schwedenplatz dapat dicapai dengan sebentar berjalan kaki, yang menyediakan sambungan langsung ke Istana Schonbrunn dan Hundertwasser House.

 

Vision Apartments 

Teks: Mayawati NH (berdasarkan riset Booking.com) Foto: Booking.com
Comment