6 ATRAKSI WISATA WAJIB DI KAWAGUCHIKO GUNUNG FUJI 2020-06-01 00:00

Stereotypical shots of Japan. Gunung Fuji dari Pagoda Chureito

 

Setiap tahun puluhan ribu turis dari berbagai penjuru dunia berbondong-bondong mengunjungi Gunung Fuji atau Fujisan, gunung sakral setinggi 3.776 mdpl yang menjadi simbol Jepang. Area sekitar Gunung Fuji pun kemudian berkembang menjadi kota wisata ramai dengan berbagai pilihan atraksi wisata. Beberapa sengaja dibangun agar memudahkan akses travelers yang ingin melihat Gunung Fuji. Sedang atraksi wisata lainnya dibangun untuk melengkapi pengalaman wisata ke Gunung Fuji, seperti onsen, taman hiburan, dan shopping outlets. Untuk menikmati berbagai atraksi wisata utama di sekitar Fujisan, sebaiknya Trippers menyiapkan waktu 3 hari 2 malam di Kawaguchiko, salah satu view point terbaik untuk melihat Gunung Fuji.

 

Gunung Fuji yang berada di perbatasan Prefektur Shizuoka dan Yamanashi kadangkala bisa terlihat dengan jelas dari Tokyo dan Yokohama saat cuaca cerah. Tapi tentunya pengalaman melihat Gunung Fuji dari dekat akan lebih membekas daripada melihatnya dari kejauhan.

 

Untuk menikmati Fujisan, ada beberapa view point yang bisa dipilih. Yang pertama adalah area 5 danau di sekitar kaki Gunung Fuji. Di antara 5 danau, Danau Kawaguchiko lah yang memiliki akses paling mudah dicapai dari Tokyo serta ada banyak tempat wisata yang ditujukan bagi travelesr asing. Area ini juga populer sebagai base pendakian, memancing, dan kemping. 

 

Baca juga: "Mencapai Puncak Bersalju Tateyama Tanpa Perlu Mendaki"

 

Trippers bisa mulai menikmati atraksi wisata segera setelah tiba di Kawaguchiko dengan shinkansen dan kereta lokal atau dengan naik bus dari Tokyo. Cara menuju Kawaguchiko bisa dilihat di sini. Berikut 6 atraksi wisata yang bisa dinikmati selama 3 hari 2 malam di Kawaguchiko:

 

1. PAGODA CHUREITO

Salah satu spot terpopuler untuk menikmati view Gunung Fuji sekaligus mengambil stereotypical shots of Japan. Dari sisi Pagoda Chureito Trippers bisa melihat Gunung Fuji dan Kota Fujiyoshida di kejauhan. Pagoda ini merupakan bagian dari Kuil Arakura Shengen. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat bunga sakura bermekaran di musim semi (Maret- April) dan saat musim gugur, tepatnya di awal November.

 

Pagoda Chureito

 

Cara menuju Pagoda Chureito adalah dengan naik kereta Fujikyu Railway Line dari Stasiun Kawaguchiko menuju Stasiun Shimo-Yoshida. Lalu jalan kaki selama 10 menit ke Kuil Arakura Shengen, dan dilanjutkan dengan mendaki sebanyak hampir 400 langkah.

 

2. FESTIVAL SHIBAZAKURA

Festival bunga shibazakura terbaik dan paling populer di Jepang. Festival ini digelar di sebelah selatan Danau Motosuko, salah satu dari area 5 danau untuk melihat Gunung Fuji, atau 40 menit dari Stasiun Kawaguchiko. Bayangkan padang bunga berwarna pink mengampar dengan Gunung Fuji yang berselimut salju sebagai latar belakang. Very breathtaking!

 

 

Festival Shibazakura diadakan setiap pertengahan April hingga awal Juni, dari jam 8 pagi hingga 5 sore. Kalau Trippers ingin menikmati picturesque views ini tanpa berdesak-desakan, sebaiknya hindari ke sini saat akhir pekan dan golden week. Serta datanglah di pagi hari agar bisa leluasa menikmati view dan festivalnya.

 

 

Saat festival berlangsung ada bus Shibazakura Liner yang menghubungkan Stasiun Kawaguchiko dengan venue festival. Perjalanannya memakan waktu 40 menit. Sedangkan tiketnya 2.200 yen atau sekitar Rp308.000 dan termasuk tiket masuk festival.

 

3. FUJI-Q HIGHLAND

Taman hiburan yang terkenal dengan 4 roller coasters-nya yang berada di kaki Gunung Fuji, di area 5 danau. Selain roller coastersamusement park ini juga dilengkapi permainan bertema anime; Thomas Land; Highland Resort Hotel and Spa yang menawarkan view Gunung Fuji; Museum Fujiyama, sebuah museum yang berisi koleksi lukisan dan ilustrasi Gunung Fuji; serta Fujiyama Onsen, pemandian air panas di sebelah resor yang memiliki onsen indoor dan outdoor serta terpisah antargender.

 

roller coasters di kaki Gunung Fuji

 

Untuk menuju Fuji-Q Highland Trippers bisa naik kereta Fujikyu Railway Line dari Stasiun Kawaguchiko tujuan Stasiun Fujikyu Highland. Selain itu, banyak bus lokal yang berhenti di depan Fuji-Q Highland dan Fujiyama Onsen. Tiket masuk Fuji-Q Highland free, hanya perlu membayar per permainan mulai 400 sampai 2.000 yen atau sekitar Rp56.000 sampai Rp280.000. Sedangkan 1 day-pass for unlimited rides 5.800 yen atau sekitar Rp812.000.

 

4. THE MOUNT FUJI PANORAMIC ROPEWAY

Stasiun ropeway

 

Cara untuk menikmati view Gunung Fuji dan Danau Kawaguchiko dari atas adalah dengan naik ropeway atau cable car. Ropeway akan membawa kita ke sebuah observation deck di dekat puncak Gunung Tenjo di ketinggian lebih dari 1.000 mdpl. Untuk menuju stasiun ropeway kita bisa naik bus (dengan bus pass, red line) dari Stasiun Kawaguchiko selama 15 menit, tujuan Yuransen Ropeway Iriguchi bus stop. Atau jalan kaki dari Stasiun Kawaguchiko selama 15-20 menit. Tiket ropeway round trip 900 yen (Rp126.000) atau 500 yen (Rp70.000) one way.

 

5. MUSEUM SENI KUBOTA ITCHIKU

Museum seni yang memamerkan karya-karya Kubota Itchiku, seorang seniman Jepang yang berhasil membangkitkan kembali seni pewarnaan sutra Tsujigahana. Karya masterpiece-nya yang belum rampung, “Simphony of Light” yang terdiri dari 80 kimono yang menggambarkan Gunung Fuji dipamerkan di sini.

 

Sebagian dari “Simphony of Light”

 

Museum ini worth to visit bukan hanya karena koleksi seninya tapi juga karena bangunan dan tamannya yang sangat menarik. Gedung museum dibangun dari batu kapur dan karang dari Okinawa, sedang di belakang galeri ada tea room yang unik. Berbagai koleksi seni dari Asia dan Afrika dipamerkan di halaman museum. 

 

Untuk menuju museum ini Trippers bisa naik bus dari Stasiun Kawaguchiko tujuan Kubota Itchiku Bijutsukan bus stop (dengan bus pass, red line) selama 25 menit. Tiket masuk 1.300 yen atau Rp182.000.

 

6. GOTEMBA PREMIUM OUTLETS

 

Trippers bisa shopping branded stuff di Gotemba. Cara ke Gotemba yaitu dengan naik bus dari Stasiun Kawaguchiko dengan tujuan Gotemba Premium Outlets. Perjalanannya memakan waktu 1 jam 45 menit, sementara tiketnya 1.540 yen atau sekitar Rp215.000 one way. Tiket bisa dibeli langsung saat naik ke bus.  

Teks: Dada Sabra Sathilla Foto: Shutterstock, www.japan-guide.com, www.travel.gaijinpot.com
Comment
Sisossy

cialis online ordering

2021-08-12
Sisossy

kamagra fedex

2021-06-06