5 UMBUL DI KLATEN YANG INSTAGRAMMABLE 2020-08-20 00:00

Foto favorit di Umbul Ponggok

 

Wisata air di Klaten Jawa Tengah cukup terdengar gaungnya terutama dengan beredarnya foto-foto bergaya di dalam air di Umbul Ponggok. Selain Umbul Ponggok, masih ada lagi umbul-umbul lainnya tapi mungkin masih asing bagi kebanyakan orang. Masing-masing umbul memiliki keunikan tersendiri. Mari mengenal 5 umbul atau sumber mata air yang menjadi wisata andalan Klaten, yang Instagrammable.

 

1. UMBUL PONGGOK

Selain berenang di umbul berkedalaman 1,5-2,5 m yang berair super jernih ini, Trippers juga bisa berfoto sambil bergaya di dalam air dengan menggunakan properti pendukung selama 30 menit. Properti yang tersedia di antaranya sepeda, vespa, meja, kursi, televisi, laptop, becak, tenda dan masih banyak lagi. Hasil foto menjadi lebih sempurna dengan hadirnya ratusan ikan air tawar yang sengaja dipelihara.

 

Umbul Ponggok semakin eksis setelah membuka satu wahana seru lainnya, Walker Ponggok. Wahana ini di Indonesia sebelumnya hanya ada di Tanjung Benoa dan Pantai Sanur Bali serta Gili Trawangan Lombok. Lewat Walker Ponggok, Trippers bisa menikmati panorama underwater dengan cara berbeda, yakni berjalan kaki di dasar kolam.

 

Walker Ponggok

 

Tidak perlu skill khusus kok, cukup mengenakan helm kedap air yang dialiri oksigen. Tidak perlu takut juga, setiap rombongan akan didampingi pemandu yang akan mengajak kita melangkah di air sambil memberinya makan. Walker Ponggok per paket dibatasi maksimal 20 menit, dan kita mendapatkan video serta foto underwater-nya tanpa perlu bayar lagi.

 

Lokasi: Desa Ponggok Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten

Tiket masuk: Rp15.000

Foto underwater: Rp60.000 (dapat softcopy foto dan video)

Biaya sewa properti:

- Sepeda motor, vespa, becak, tenda: Rp100.000 per properti

- TV, laptop, sepeda: Rp60.000 per properti

Walker Ponggok: Rp150.000 (termasuk dapat softcopy foto dan video)

 

2. UMBUL MANTEN

Sumber mata air yang awalnya hanya dikenal warga setempat, kini muncul sebagai objek wisata pendatang baru di Klaten, meski masih kalah pamor dari tetangganya Umbul Ponggok.

 

Trippers akan dihadapkan pada sebuah kolam dengan kedalaman 1,5 m serta berair segar dan jernih. Bahkan, saking jernihnya dasar kolam pun sampai terlihat. Keberadaan pepohonan besar di tepi kolam membuat suasana semakin teduh. Datang kapan saja meski tengah hari pun sengatan matahari tak akan terasa.

 

Pohon besar di tepi kolam Umbul Manten

 

Lokasi: Desa Wunut Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten

Tiket masuk: Rp6.000

 

3. UMBUL KAPILALER

Karakteristiknya hampir serupa dengan Umbul Manten, di mana pada bagian tepinya terdapat bebatuan serta pepohonan besar, menjadikan tempat ini semakin terlihat alami dan sejuk. Kolam dengan kedalaman sekitar 1,5 m ini dihuni pula oleh kawanan ikan-ikan kecil. Liak-liuk gerakannya selalu tampak dari atas karena airnya yang sangat jernih.

 

Berfoto keren di Umbul Kapilaler

 

Spot lain yang wajib dicoba di dekat pohon beringin yang dipercaya telah berusia ratusan tahun. Pada pohon tersebut menggantung akar-akar yang kuat dalam jumlah banyak. Beberapa pengunjung bisa berfoto sambil memanjat akar dan bisa juga menggantungkan hammock di antara akar-akar tersebut, selanjutnya bisa berfoto sambil bersantai.

 

Lokasi: Desa Karanglo Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten

Tiket masuk: Rp5.000

 

4. UMBUL SIBLARAK

Bagi pecinta aktivitas luar ruang, tak ada salahnya mengunjungi umbul satu ini. Selain berwisata air, di sini Trippers juga bisa merasakan sensasi mendebarkan dengan cara meluncur dari ketinggian menggunakan seutas tali baja sepanjang 80 m. Aktivitas ini dinamai Flying Byur. Dinamai Flying Byur karena tempat mendaratnya bukan di atas tanah melainkan tepat di atas kolam, yang menimbulkan bunyi "byur" saat tubuh menyentuh air.

 

Flying Blur di Umbul Siblarak

 

Flying Byur menjadi ciri khas Umbul Siblarak. Dengan tarif yang relatif murah, banyak pengunjung yang rela antre terutama pada hari libur, bahkan ada pula yang sampai mencobanya beberapa kali. Tempat wisata seluas 2,5 ha dan dengan kedalaman 1-1,5 m ini sangat direkomendasikan sebagai tujuan wisata bersama keluarga.

 

Lokasi: Desa Sidowayah Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten

Tiket masuk: Rp5.000

Flying Byur: Rp10.000

 

5. UMBUL BRONDONG

Umbul yang memiliki kedalaman sekitar 1,5 m ini cukup menarik minat pengunjung meski aksesnya tidak semudah 4 umbul sebelumnya. Letaknya di tengah area persawahan.

 

Umbul Brondong

 

Selain berair jernih menyegarkan, di tepi umbul juga terdapat sebuah pohon beringin besar yang konon pada bagian bawahnya terdapat 2 lubang yang mengeluarkan air alami berbuih seperti minuman bersoda. Pohon yang diyakini sudah berumur ratusan tahun tersebut juga menambah sensasi keteduhan meski saat tengah hari.

 

Banyak orang berpendapat bahwa air Umbul Brondong sangat bermanfaat untuk terapi kesehatan, sebab air di kolam berukuran 10 x 12 m ini memiliki kadar kandungan mineral hingga 7,8 pH. Jadi jangan heran jika menjumpai banyak orang berusia lanjut di sini meski hanya sebatas berendam di tepian kolam.

 

Lokasi: Desa Ngrundul Kecamatan Kebonarum Kabupaten Klaten

Tiket masuk: gratis

 

Baca juga: “Cari Tempat Foto Hits yang Gratis? Coba ke Los Mbako di Klaten

 

CARA KE KLATEN

Untuk memaksimalkan waktu, pilihlah penerbangan pagi dari Bandara Soekarno Hatta Jakarta menuju Bandara Adi Sucipto Yogyakarta. Setibanya di Yogyakarta sewalah kendaraan untuk memulai perjalanan menuju Klaten. Biaya sewa mobil termasuk jasa supir dan BBM Rp600.000-800.000 per 12 jam.

 

PENGINAPANNYA

Mengunjungi 5 umbul di Klaten setidaknya membutuhkan waktu 2 hari, jadi harus menginap. Disarankan memilih penginapan di pusat kota Klaten. Yang direkomendasikan adalah Hotel Griya Gendhis Saraswati. Tarif sewa kamar Rp400.000-600.000 per malam.

 

GAMBARAN ITINERARY

Hari 1: Umbul Siblarak, Umbul Manten, Umbul Kapilaler

Hari 2: Umbul Ponggok, Umbul Brondong

 

 

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Arief Nurdiyansah, Budi Prast, Clara Soca Atisomya, Dok.Umbul Ponggok
Comment
Efdiseqihap

http://slkjfdf.net/ - Ahisaehit Aquule yhl.qayq.mytrip.co.id.lim.ac http://slkjfdf.net/

2022-01-04
Upowuci

http://slkjfdf.net/ - Uezaqo Imeugi llp.zspq.mytrip.co.id.dqk.gp http://slkjfdf.net/

2022-01-04