17 ALASAN UNTUK MENGUNJUNGI SELANDIA BARU DI TAHUN 2017 2017-01-17 00:00

 

Selandia Baru dianugerahi pemandangan alam luar biasa serta sajian kuliner dan anggur berkelas dunia. Di sisi lain, negara ini juga menawarkan serangkaian acara dan keseruan yang mampu menarik minat siapa pun. Dari lumpur dan salju hingga kesenian dan beragam jenis bir, berikut ini adalah 17 alasan fantastis untuk mengunjungi Selandia Baru pada 2017.

 

1. THE LIONS TOUR

Meskipun tidak ada pertandingan Piala Dunia Rugby pada 2017, kunjungan The British & Irish Lions Series Selandia Baru di bulan Juni dan Juli merupakan satu hal yang patut ditunggu. The Lions akan bermain dalam 10 pertandingan yang telah ditetapkan di Whangarei, Auckland, Hamilton, Rotorua, Wellington, Christchurch, dan Dunedin.

 

2. THE 9th WORLD MASTERS GAMES

Menampilkan sejumlah atlet Olimpiade dan memiliki reputasi sebagai acara olahraga terbesar di dunia, World Masters Games akan hadir di Auckland tahun ini (21-30 April 2017). Dengan usia minimum untuk setiap cabang antara 27 sampai 35 tahun, pilihan cabang olahraga dalam kompetisi ini adalah memanah, atletik, badminton, dayung, bersepeda, berselancar serta angkat beban.

 

3. RUGBY LEAGUE WORLD CUP

 

Selandia Baru akan menyambut rombongan penggemar Rugby League pada 2017, dengan tujuh pertandingan utama Rugby League World Club 2017 yang mengambil tempat di empat kota berbeda.

 

4. AUDI QUATTRO WINTER GAMES NZ

The Audi Quattro Winter Games akan diselenggarakan pada 25 Agustus-10 September 2017. Kejuaraan ini melibatkan para atlet olahraga musim dingin terbaik di dunia dari Winter Olympics, Paralympics, dan X Games. Pekan olahraga musim dingin ini dianggap sebagai satu dari lima kejuaraan olahraga musim dingin terbesar di dunia dan satu-satunya yang berasal dari belahan selatan bumi.

 

5. ROTORUA MUD FESTIVAL

Rotorua paling dikenal dengan budaya M?ori dan nilai sejarahnya yang tinggi, serangkaian danau-danau dan geyser yang meluap-luap. Kini, mata air serta kolam berendam lumpur panas di Selandia Baru mulai mendapat perhatian dengan diadakannya Mud Festival pertama pada Desember 2017. Festival ini merupakan bentuk kerja sama internasional dengan Kota Boryeong di Korea Selatan yang telah menarik lebih dari tiga juta pengunjung dalam festival lumpur di sana.

 

6. MEATSTOCK

 

Direncanakan mengambil tempat di ASB Showgrounds Auckland pada Februari 2017, Meatstock adalah festival yang menghadirkan sajian kolaboratif antara hidangan dari daging dan musik. Meatstock, yang merupakan sebuah spin-off dari sebuah perusahaan sukses berbasis di Sydney, menyajikan menu yang terdiri dari daging asap, panggang dan bakar, serta bir dingin dan musik yang kencang.

 

7. TRUE FOOD & YOGA

Studio True Food and Yoga menjadi atraksi wisata terbaru dalam industri kesehatan Auckland yang tengah berkembang. Bertempat di sebuah bangunan yang menjadi bagian dari warisan budaya di seberang Pelabuhan Waitemata. Lokasi yang sebelumnya merupakan restoran sajian laut ini kini dikelola langsung oleh Nic dan Kelly Watt.

 

8. LOKASI FILM PETE’S DRAGON KARYA DISNEY

Pete’s Dragon merupakan film klasik yang menceritakan petualangan seorang anak yatim piatu dan sahabatnya, seekor naga bernama Elliot. Dibintangi Robert Redford dan Bryce Dallas Howard, film ini memperlihatkan lokasi-lokasi menakjubkan di Selandia Baru seperti Queenstown, Wellington, Rotorua dan Southland. Mau melihat pemandangan luar biasa seperti yang terlihat dari sudut pandang Elliot? Datanglah ke Selandia Baru.

 

9. VECTOR WERO WHITEWATER PARK

Benamkan kaki Anda dalam Wero Whitewater Park, lokasi yang dikembangkan khusus untuk arung jeram di Selandia Baru, yang bisa ditemukan di Kota Manukau, Auckland Selatan. Di sungai dengan tingkat risiko 3-4, serta sungai dengan tingkat risiko 2 yang juga tersedia, beragam kegiatan bisa dilakukan oleh pengunjung dengan berbagai tingkat usia dan keahlian. Selain berarung jeram, Anda juga bisa berkayak dan stand-up paddle boarding di sini.

 

10. DUNEDIN STREET ART TRAIL

 

Dikenal berkat warisan budaya yang berakar dari Skotlandia, budaya pelajar, dan iklim ekstrem di ujung Pelabuhan Otago, Dunedin juga menjadi rumah bagi galeri dan komunitas seni untuk umum pertama di Selandia Baru. Dunedin Street Art Trail adalah sebuah rute berjalan kaki selama 90 menit yang berliku dari pelabuhan hingga Queens Garden. Para pecinta seni dapat mengunduh peta wilayah tersebut atau mengambil versi cetaknya dari lokasi-lokasi strategis di sekitar kota.

 

11. RIDE THE ALPS 2 OCEAN

Alps 2 Ocean Cycleway masuk dalam daftar ‘Jalur Bersepeda Paling Keren di Dunia’. Lintasan bersepeda sejauh 301 km yang bisa digunakan sejak siang hingga malam ini menawarkan petualangan dengan pemandangan alam yang melewati pegunungan Alpen Selatan yang menakjubkan, serta menyuguhkan wisatawan dengan danau-danau Alpen, sebelum kemudian turun melintasi lembah sungai hingga ke arah laut.

 

12. NEW 5-STAR LUXURY IN WINE COUNTRY

The Marlborough Lodge adalah sebuah penginapan yang berlokasi di daerah pedesaan dengan pemandangan spektakuler yang dilengkapi dengan taman pribadi seluas 0,06 km2. Berlokasi di pusat wilayah Marlborough yang terkenal dengan produk anggurnya dan sering mendapat julukan sebagai “tempat liburan kuliner terbaik di Selandia Baru”. Sepuluh kamar dengan tipe suite bergaya kontemporer didesain secara elegan untuk memastikan kenyamanan para pengunjung dengan in-house bar dan ruang makan pribadi. Jelajahi kuliner lokal dengan mengikuti tur pribadi kuliner dan anggur yang dipenuhi dengan kemewahan.

 

13. BEERVANA

 

Bir menjadi bisnis besar di Selandia Baru belakangan ini, dengan toko-toko ritel yang dirancang secara imajinatif mulai bermunculan di berbagai wilayahnya. Untuk merayakan minuman bir, Wellington menjadi tuan rumah Beervana ke-16, festival bir paling populer di Selandia Baru. Dengan para pembuat bir datang dari pusat pasarnya di Northland ke wilayah paling terpencil Southland, Anda akan menemukan bir-bir penuh kreativitas yang diracik menggunakan bahan-bahan imajinatif, termasuk serai dan leci.

 

14. PAEPAE IN THE PARK

Dengan diluncurkannya film dokumenter Poi E pada 2016, sebuah kota kecil bernama Patea di Taranaki, Northland kembali mendapat perhatian publik. Patea mulai dikenal pada 1984 karena kesuksesannya dalam menciptakan“Poi E”, melodi yang menyelamatkan kekayaan budaya kota tersebut. Terletak dalam bayang-bayang Gunung Taranaki yang menjulang tinggi, Patea menjadi lebih hidup setiap akhir minggu menjelang Hari Waitangi (6 Februari) dengan diadakannya Paepae in the Park, festival penuh musik, makanan dan keceriaan.

 

15. THREE NEW ZEALAND SEAFOOD FESTIVALS

 

Hidangan laut, atau kai moana dalam Bahasa M?ori, menjadi salah satu pilar kelezatan utama dari kuliner khas Selandia Baru. Anda mudah menemukan kerang-kerangan hingga siput laut, scallops hingga udang-udang karang, olahan bahan-bahan laut berkat banyaknya perayaan makanan sari laut, di antaranya:

  • The Bluff Oyster and Food Festival yang diadakan di Kota Bluff, Southland, diagendakan pada Mei 2017.
  • Whitianga’s Scallop Festival diadakan tiap September dan menjadi daya tarik bagi para chef serta musisi ternama untuk mengunjungi kota di Northland.
  • Dikenal sebagai pusat Green Shell Mussel di dunia, Havelock’s Mussel and Seafood Festival yang diadakan tiap Maret menjadi sumber keceriaan dan makanan lezat.

 

16. 30th ANNIVERSARY OF NZ CYCLE CLASSIC

Mengemudilah di antara bukit-bukit terjal Rimutakas dari Wellington dan Anda akan dihadiahi pemandangan indah dari distrik Wairarapa, wilayah pedesaan yang dipenuhi kebun anggur. Wairarapa juga menjadi rumah dari pertandingan bersepeda tahunan tingkat internasional, The New Zealand Cycle Classic. Pada Januari 2017 pertandingan tersebut akan merayakan kegembiraan yang telah berlangsung selama 30 tahun.

 

17. THE AUCKLAND ARTS FESTIVAL

 

Pada 8-26 Maret kota terbesar di Selandia Baru akan dipenuhi dengan beragam jenis pertunjukan di Auckland Arts Festival. Dari tarian hingga puisi, dan seni visual hingga sirkus, festival ini menjadi salah satu yang terbesar di bidang seni di wilayah selatan dunia —menjadi daya tarik luar biasa bagi para artis dan penonton dari seluruh bagian dunia. Pertunjukan multidisipliner tersebut menampilkan beragam acara tanpa ditarik biaya, termasuk fasilitas khusus untuk keluarga.

 

Untuk memulai petualangan Anda di Selandia Baru, kunjungi www.newzealand.com/id/

Teks & Foto: New Zealand Tourism
Comment