14 PANTAI TERINDAH DI INDONESIA (Bagian 1) 2016-03-22 00:00

Pantai Klayar, Pacitan, Jawa Timur

Ada banyak alasan sebuah pantai disebut indah. Nggak cuma garis pantainya yang panjang atau pasirnya yang putih halus. Apalagi cuma karena banyak resort mewah. Nope! Indah itu: bisa dilihat dari bukit di kiri-kanan atau di belakangnya, punya formasi bebatuan yang cantik, ada fenomena alam yang unik atau cerita nik d baliknya, juga gradasi air yang menawan. Apalagi pantainya aman direnangi dan ada area untuk leyeh-leyeh.

Inilah 14 pantai pilihan MyTrip. Sulit untuk membuat urutannya, tapi paling tidak, dua teratas benar-benar juara!!

1. PANTAI KLAYAR, PACITAN, JATIM

Pantai ini super lengkap! Kita bisa memandangnya full frame dari bukit di sebelah kanan dengan gradasi warna air laut hingga ke lumut yang melapisi bebatuan pantainya dan formasi bebatuan unik di ujung kiri. Ya, itulah highlight pantai ini: batu mirip Sphinx. Nah di belakang batu Sphinx kita bisa melihat air muncrat setinggi +/-10 m yang berbunyi mirip seruling. Bukit di hadapan batu ini juga bisa dinaiki untuk mendapatkan angle yang tak kalah spektakuler! Pantai bagian tengahnya bisa direnangi. Kalau mau leyeh-leyeh, banyak tempat teduh dinaungi deretan pohon kelapa.

Ke sini: Dari Kota Pacitan, 45 km ke arah barat, 1-1,5 jam berkendara. Bisa juga dari Yogyakarta atau Solo dengan durasi 3-4 jam.

2. PANTAI ATUH, NUSA PENIDA, BALI

Kita bisa memandang formasi pulau-pulau karst berbentuk unik plus pantai dengan pohon kelapa dari puncak tebing. Sensasinya mirip di Wayag, Raja Ampat! Ke sebelah kiri, ada area pantai yang lain, yang bisa dituruni dengan melewati tangga batu. Di bawah sini pemandangan yang ditawarkan beda lagi. Meski ombaknya cukup keras, tapi masih bisa direnangi. Kembali lagi ke atas, berjalanlah ke sisi kanan. Ada jalur turun hingga ke tanjung kecil di mana kita bisa memandang lansekap menakjubkan dari sudut yang berbeda. Betah lah berlama-lama di Atuh.

Ke sini: Dari Sanur di Bali kita bisa menyeberang ke Nusa Penida dengan speedboat umum 30 menit. Merapat di Dermaga Toya Pakeh di sisi barat laut pulau. Pantai Atuh berada di sisi tenggara pulau, bisa dicapai dari Toya Pakeh dengan naik motor +/-1,5 jam.

3. PINK BEACH, TN KOMODO, NTT

Pantai berpasir pink yang ada di Pulau Komodo ini bisa dinikmati kekayaan underwater-nya dengan snorkeling maupun menyelam, sekaligus juga dilihat lekuk indah garis pantainya dengan rona merah muda dari atas bukit di kiri maupun kanannya. Spektakuler banget!

Ke sini: Gerbang masuk ke TN Komodo adalah Kota Labuan Bajo di ujung barat Pulau Flores. Dari situ sewalah kapal kayu ke Pulau Komodo dengan waktu tempuh 3-4 jam.

4. PANTAI BATU TERMANU, PULAU ROTE, NTT

Di pantai ini terdapat dua batu menjulang, satu di darat, satu lagi di laut. Ada kesan anggun sekaligus perkasa, mistis sekaligus eksotis. Ya, apalagi kalau kita tahu kisah awal keberadaannya. Batu yang di darat itu perempuannya, sedangkan yang di laut laki-lakinya. Konon suami istri ini datang jauh-jauh dari Pulau Seram, Maluku, dan akhirnya menetap di Pulau Rote. Bukit batunya bisa didaki, sementara lautnya pun bisa disnorkelingi.

Ke sini: Tiba dulu di Kupang, lalu ke Pulau Rote dengan kapal cepat dari Pelabuhan Tenau di Kupang (2,5 jam). Dari tempat kapal merapat di Kota Ba’a, berkendara lagi 30 menit.

5. PANTAI SIUNG, GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini. Kita bisa berenang ataupun bermain-main di pasir putihnya. Yang suka tantangan, bukit karang di sebelah kanan biasa digunakan untuk panjat tebing, bahkan skalanya internasional. Kalau nggak mau main air dan nggak berani panjat tebing, coba susuri bukit di sebelah kirinya, mendakilah. Nggak sulit, tapi ganjarannya, wowww!! Laut biru dengan ombak berdebam-debam ke batu karang dan lansekap keseluruhan pantai terlihat dari bukit karang yang menonjol ke arah laut itu. Foto-foto selfie di sini is a must!

Ke sini: Ke Yogyakarta dulu, lalu arahkan kendaraan ke Gunungkidul. Pantai Siung kurang lebih berjarak 77 km dari Kota Yogyakarta.

6. PANTAI NAMLOL, MISOOL, RAJA AMPAT, PAPUA BARAT

Uniknya pantai ini adalah keberadaan kolam besar berair bening di tepi pantai. Ya, di bagian depan Pantai Namlol terhampar air laut bening yang membentuk laguna-laguna dengan air dangkal. Dari pantai ke arah tengah makin dalam dan airnya biru, tapi lepas dari situ, di depannya terbentang semacam kolam besar dengan air dangkal dan warnanya hijau muda. Jadi kita bisa berdiri di tengah laut, jauh dari pantai. Di belakang pantai ini juga masih ada area yang bisa dieksplor, sebuah laguna yang airnya sebening kaca!

Ke sini: Tiba dulu di Misool, tepatnya di Pulau Harapan Jaya; dengan naik kapal umum 10 jam dari Sorong. Lalu dari Pulau Harapan Jaya naik speedboat sewaan +/-1,5 jam sampailah di pantai ini.

7. PANTAI MAWI, LOMBOK, NTB

Pantai Mawi diapit dua bukit yang semuanya bisa didaki dengan mudah. Dari atas bukit sebelah kanan kita bisa mengarahkan pandang ke kiri, ke arah pantai utama Mawi, dan ke kanan melihat bagian lain Pantai Mawi dengan latar Pantai Selong Belanak. Sedangkan dari bukit sebelah kiri, dengan melempar pandang ke arah kiri kita bisa melihat Pantai Semeti; dan ke arah kanan tentunya melihat dua ceruk Pantai Mawi sekaligus. Jadi dari kedua bukit kita dihadiahi pemandangan cantik 180 derajat. Selain itu untuk para peselancar, ombak pantai ini juga ngeri-ngeri sedap buat dijajal.

Ke sini: Pantai Mawi berada di Kab.Lombok Tengah bagian selatan. Dari Bandara Lombok Praya naik mobil sewaan ke arah selatan +/-1,5 jam. Sebaiknya jangan pakai mobil sedan karena beberapa ratus meter menjelang pantai jalannya kurang bagus.

Bersambung ke sini

Teks: Mayawati NH ; Foto: Dok.MyTrip, Hendri Yuliansyah, Indra, Mayawati NH, M. Reza Faisal, Raiyani Muharramah
Comment
masteradmin123456

Iya betul Pak Iwan H Tjandra, Indonesia sangat indah

2016-03-31
Iwan h tjandra

Info yg sangat bagus.jelas.menarik.luar biasa cantiknya.pantai pantai di Indonesia .datang,lihat Dan nikmatin selagi bisa .kunjungi surga2 di dunia nyata yg Tuhan berikan.