10 MODA DAN KARTU TRANSPORTASI MENUJU DAN KELILING KOBE 2016-09-18 00:00

Saat mendengar kata Kobe langsung saja perut keroncongan karena terbayang nikmatnya daging asap Kobe. Tapi Kobe yang dimaksud di sini adalah Kota Kobe di Jepang. Kota yang menyandang gelar “Kota Terbersih No. 7 di Seluruh Dunia” dan mendapat penghargaan untuk sistem pembuangan paling efisien di seluruh Jepang ini memang sangat bersih! Walaupun bukan destinasi utama di Jepang, namun Kobe layak dikunjungi selain karena bersihnya, juga karena mudahnya transportasi di sana. Berikut informasi tentang 10 sarana tranportasi menuju dan keliling Kobe

 

  1. BUS

Begitu tiba di Bandara Kansai (bandara terdekat untuk ke Kobe), kita bisa langsung ambi bus ke Kobe. Butuh waktu 75 menit dengan tiket 1.950 yen, dan jadwal keberangkatan boleh dibilang sering banget --ada 3 bus yang berangkat setiap jamnya, dan terminal bus juga bisa dicapai dari terminal bandara hanya dengan jalan kaki 5-10 menit.

 

  1. KERETA

Dari Bandara kansai juga ada Airport Rapid Train tujuan Sannomiya Station dengan 1X transit di Osaka Station. Total perjalanan 90 menit dan tiket 1.710 yen. Ada 3 kereta yang berangkat setiap jamnya. Cek juga penawaran kartu ICOCA yang disediakan hanya untuk turis dan bisa dibeli dengan harga 3.030 yen (500 yen-nya deposit yang bisa dikembalikan). Untuk kereta yang non-JR  di jalur Nankai Railways dengan kereta Express dan Limited Express harus transit 1x di Namba Stations dan memerlukan 5-10 menit jalan kaki saat transfer kereta.  Jadi MyTrip sarankan untuk transportasi kereta ke Kobe mending naik yang JR aja deh.  JR= Japan Railways.

 

  1. KAPAL FERRY

 

 

Ini dia rekomendasi MyTrip untuk wisata tujuan Kobe.  Kapal ferry atau disebut juga Bay Shuttle KOBE – Bandara KANSAI. Tiketnya bisa dibeli di Terminal 1 lantai 1, dan khusus bagi turis dengan hanya menunjukkan paspor tepat pada hari kedatangan ke Jepang, langsung mendapat potongan harga dari 1.850 yen menjadi 1.000 yen.  Ada 16 jadwal keberangkatan setiap harinya (cek di https://www.kobe-access.jp/ticket). Setelah membeli tiket kapal ferry ini, kita bisa naik bus menuju pelabuhan dengan bus No.12 yang memakan waktu hanya 10 menit.

 

Perjalanan dengan kapal ferry ini memakan waktu sekitar 30 menit dan tempat duduknya bebas (tidak ada nomor seat-nya). Jangan lupa bagi yang suka mabuk laut sebaiknya pilih tempat duduk di bagian belakang karena guncangannya akan lebih sedikit.  Setelah turun dari ferry pun akan ada bus yang siap mengangkut Anda menuju Terminal Kobe. Perjalanan hanya 5 menit.

 

4.       PORT LINER TRAIN

Perjalanan menuju pusat kota Kobe belum selesai, karena kejutan berikutnya adalah Kereta Port Liner, kereta yang akan mengantar Anda menuju Sannomiya. Uniknya, kereta ini adalah kereta pertama di Jepang yang beroperasi tanpa masinis. Tiketnya seharga 330 yen dan selama 18 menit Anda akan disuguhi sebuah pemandangan laut yang luar biasa.

 

  1. KOBE MEGURY 1 DAY

Kupon seharga 950 yen ini berlaku untuk semua kereta bawah tanah, beberapa jenis bus dan seluruh kereta non-JR selama 1 hari dan sepuasnya. Jangan lupa bahwa Kobe Megury ini juga dapat dipakai sebagai tiket masuk untuk beberapa tempat wisata senilai 700 yen.

 

  1. CITY LOOP– DAY PASS (660 yen).

Naik bus City Loop sepuasnya dalam 1 hari.

 

  1. SUBWAY & BUS DAY PASS (1.030 yen). 

Bisa naik kereta bawah tanah dan Kobe City Bus (tidak termasuk City Loop) sepuasnya dalam 1 hari.

 

  1. ROKKO CABLE CAR 

Kereta wisata untuk mengeksplor Gunung Rokko ini dibandrol seharga 1.350 yen untuk dewasa (>12 tahun) dan 680 yen untuk anak-anak. Beroperasi pukul 07.10-21.10. Hanya berdurasi 30 menit saja ke Rokko Cable Sanjo Station.

 

  1. ROKKO CABLE SANJO STATION

Mengantar kita ke Rokko Garden Terrace atau Ropeway Sancho Station, jam operasionalnya pukul 08.15 (winter 08.55) hingga 20.35. Namun jadwal ini dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti keadaaan cuaca, cek di http://www.rokkosan.com/en/access.html. Tiket termasuk di no.8.

 

  1. SHIN-KOBE ROPEWAY

Bahasa populernya gondola. Namun yang disini keren lho! Hampir seluruh Kota Kobe terlihat dari gondola ini. Dengan tiket 1.400 yen untuk PP. Kalau mau one trip perginya saja lalu turunnya hiking sekitar 2 jam juga OK. Jam operasionalnya pukul 09.30-17.30 di weekdays dan 21.00 di weekend. Sebenarnya tujuan Ropeway ini adalah Nunobiki Herb Garden yang terletak di puncak gunung.

 

Baca juga "4 LOKASI WAJIB KUNJUNG DI KOBE"

 

Teks & Foto: Fransiskus Ipang K
Comment