BELUM BANYAK YANG TAHU, INI DIA AIR TERJUN TERTINGGI DI BALI

BELUM BANYAK YANG TAHU, INI DIA AIR TERJUN TERTINGGI DI BALI

Saturday, 13-07-2019 | 20:37

 

Bali memang identik dengan pantai-pantai keren. Tak ayal Bali selalu menjadi incaran para turis dari barbagai negara. Saat ini kawasan Bali yang paling disukai para bule memang kawasan Badung. Wajar, sebab pantai-pantai eksotis mayoritas terkumpul di kawasan tersebut. Tapi jangan salah ya, Bali tak cuma pantainya saja yang bagus. Sekali-kali tengoklah bagian utara Bali, tepatnya di Kabupaten Buleleng.

 

Mungkin belum banyak yang tahu, Bali Utara yang terkenal kesejukannya memiliki banyak air terjun di mana salah satunya adalah air terjun tertinggi di Bali. Air terjun itu adalah Air Terjun Sekumpul. Air terjun ini memiliki tinggi mencapai 100 m dan saat ini mulai mencuri perhatian banyak wisatawan asing maupun domestik.

 

Menyandang air terjun tertinggi di Bali, Air Terjun Sekumpul terletak di kawasan yang cukup tersembunyi, di mana wisatawan harus menuruni anak tangga permanen dari besi sejauh kurang lebih 300 m. Air Terjun Sekumpul merupakan air terjun yang unik, jika diamati dari kejauhan beberapa guyuran air yang saling berdampingan ini ternyata berasal dari sumber air yang berbeda.

 

Tangga permanen menuju air terjun

 

Guyuran deras air di sebelah kiri berasal dari mata air murni pegunungan, alhasil air akan selalu jernih meskipun sedang dilanda hujan deras. Sementara guyuran di sebelah kanan berasal dari aliran sungai, sehingga pada cuaca cerah air akan tampak jernih namun saat hujan datang, kejernihan akan berubah menjadi kecoklatan.

 

Air Terjun Sekumpul bukanlah air terjun dengan debit yang deras. Namun mengingat air mengalir dari ketinggian 100 m, butiran embun dipastikan akan membuat badan basah kuyup. Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan di air terjun ini adalah berendam di kolam alami di mana pengunjung dapat merasakan sensasi kesejukan air pegunungan. Jika beruntung, akan terlihat pula arsiran warna-warni pelangi yang turut menghiasi keindahan air terjun.

 

Baca juga: "Menikmati Keunikan Air Terjun Campuhan di Buleleng"

 

Air Terjun Sekumpul terletak di Desa Lemukih Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng dan sudah dilengkapi fasilitas seperti toilet serta warung. Tempat ini bisa ditempuh dari Bandara I Gusti Ngurah Rai dengan jarak sekitar 85 km atau 3 jam berkendara. Perlu diketahui juga, di desa tersebut sebenarnya masih ada 3 air terjun lain seperti Air Terjun Kembar, Air Terjun Tersembunyi atau Hidden Waterfall dan Air Terjun Fiji.

 

Bagi yang menyukai tantangan, bisa pula sekaligus berpetualang menyusuri keempat air terjun. Untuk menjelah keempat air terjun tentu ada biaya tambahan sebagai ganti biaya paket dengan didampingi pemandu. Sementara kalau sekadar menikmati panorama Air Terjun Sekumpul atau air terjun utama saja, cukup mengambil paket View Only.

 

Berikut daftar harga paket yang ditawarkan:

Paket View Only

- Hanya melihat Air Terjun Sekumpul dari tangga

- Harga Rp20.000 per orang

 

Medium Trekking

- Menjelajah 3 air terjun (Air Terjun Sekumpul, Air Terjun Kembar dan Air Terjun Tersembunyi/ Hidden Waterfall)

- Harga Rp125.000 per orang

 

Long Trekking

- Menjelajah 4 air terjun (Air Terjun Sekumpul, Air Terjun Kembar, Air Terjun Tersembunyi/ Hidden Waterfall dan Air Terjun Fiji)

- Harga Rp200.000 per orang

 

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Clara Soca Atisomya

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


297

Back to Top