PANTAI TAPOBALI, BISA DIKUNJUNGI SETELAH DARI LAMALERA, LEMBATA NTT 2023-07-06 08:40

Pantai Tapobali, debur ombak, batu-batu karang dan bukit hijau

 

Di mana-mana ada pantai di Pulau Lembata Nusa Tenggara Timur (NTT). Karakternya berbeda-beda. Ada yang model Pantai Kuta dengan pasir putih panjang dan landai. Ada yang berupa tebing laut. Ada yang langsung menantang gunung api di depannya. Ada yang baru terlihat pantai dan laut biru jernihnya setelah kita melompati deretan batu karang. Ada pula yang berupa hamparan batu-batu karang berlatar bukit hijau di belakangnya. Nah, Pantai Tapobali adalah jenis pantai yang disebut terakhir. Letaknya di Desa Tapobali Kecamatan Wulandoni Kabupaten Lembata, NTT. Dari pusat kota Lewoleba, ibu kota Lembata, berkendara +/-1,5 jam, menempuh jarak sekitar 50 km. Kalau dari Desa Lamalera hanya berkendara 30 menit.

 

Jadi pantai ini biasa dikunjungi sehabis wisatawan berkunjung ke Desa atau Pantai Lamalera, yang terkenal dengan tradisi perburuan pausnya. Jalanan mendekati pantainya lumayan sempit dan belum beraspal mulus. Tidak ada tempat parkir mobil secara khusus, tapi ada area cukup di bawah pohon, jadi mobil ataupun motor bisa diparkir di situ. Dari situ pantai sudah terlihat.

 

Di sebelah kiri jauh nampak dinding tebing pantai yang menjorok ke laut. Tebing ini memiliki gua yang merupakan sarang walet. Bagian ujung tebing bisa dituruni namun terjal dan sulit. Dan dua kali ke Tapobali, MyTrip memilih tidak ke situ, melainkan hanya ke bagian pantai berbatunya.

 

Tebing pantai yang ada gua waletnya

 

Ada dua buah gazebo di sisi pantai sebelah kiri dan kanan. Tapi nggak ada toilet, dan nggak ada fasilitas lainnya. Ya.. Beginilah kebanyakan kondisi objek wisata di Lembata.

 

Ada dua gazebo untuk beristirahat

 

Kalau dilihat sepintas, pantainya hanya berupa hamparan batu karang berwarna kehitaman. Trippers mesti rajin menjelajah, berjalan hati-hati di atas hamparan batu tersebut. Maka akan terlihat berbagai sudut cantik untuk berfoto. Ada kubangan berair bening, ada ombak yang memecah di bibir bebatuan, ada motif atau bentuk batu-batu unik.

 

Jelajahilah setiap sudutnya. Hati-hati saat melangkah

 

Ada kubangan air bening

 

Ombak memecah di bibir bebatuan

 

Dari arah pantai arahkan juga pandanga ke daratan di mana terbentang bukit-bukit hijau, maka akan tergambar pemandangan eksotis yang jarang ada di pantai lain. Jelajahlah sepuasnya. Tapi tetap berhati-hati karena terkadang ombak menyambar, ataupun bebatuan untuk dipijak licin dan tajam.

 

Bukit hijau di belakangnya

 

Silakan nikmati aneka sudut cantik Pantai Tapobali berikut ini.

 

Salah satu ciri khasnya hamparan batu-batu karang

 

Jangan lupa pakai kostum cerah agar tidak saru dengan warna batu

 

Sisi kanan pantai, menanti ombak berdebur

 

Sisi kanan pantai, batu-batu karang sebelah sini bisa dieksplor juga

 

Baca juga: "Menakjubkan! Ada Pelangi di Antara Gemuruh Ombak di Pantai Batu Pelangi Lembata"

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Mayawati NH, Vincent Halimaking
Comment