PANDUAN KE AYUTTHAYA MUDAH DAN MURAH DARI BANGKOK 2020-04-09 00:00

Wat Yai Chaimongkhol, salah satu kuil yang wajib dikunjungi di Ayutthaya

 

Ayutthaya yang berada +/-85 km di utara Bangkok mudah dijangkau dari ibu kota Thailand tersebut. Hanya 1-1,5 jam berkendara. Pilihan moda transportasi umumnya pun cukup banyak dan murah. Kalau datang berombongan, sewa mobil juga jatuhnya nggak mahal. Untuk berkeliling selama di Ayutthaya, menjelajahi kuil demi kuilnya yang cantik-cantik itu, juga banyak pilihannya. Tentang wat atau kuil mana saja yang jadi prioritas kunjungan sudah dibahas di artikel sebelumnya. Kali ini diulas panduan keliling Ayutthaya.

 

Wat Mahathat yang terkenal dengan patung kepala Buddha di pohon

 

CARA KE AYUTTHAYA DARI BANGKOK

- Sewa mobil

Kalau hanya ber-4 sewa Innova sekitar THB 2.500, sedangkan kalau ber-6 atau lebih dan mau nyaman sewa van THB 3.000. Harga untuk PP. Banyak tempat penyewaan mobil di Bangkok. Paling aman dan praktis sewa dari hotel.

- Naik kereta

Ini adalah cara termurah. Naik kereta dari Stasiun Hualamphong di Bangkok, durasinyaa 1 jam 20 menit atau maksimal 2,5 jam tergantung jenis keretanya. Harga tiket kereta dari yang termurah THB 20 (ekonomi, kereta lambat) hingga THB 345 (special express).

 

Baca juga: "Panduan Cerdas Eksplor Koh Samui"

 

- Naik minibus

Bus tak lagi beroperasi dari Northern Bus Terminal (Moh Chit) sejak Desember 2019. Tapi ada minibus AC berkapasitas 12 penumpang yang berangkat langsung ke Ayutthaya dari terminal bus yang lebih kecil di seberang Moh Chit. Minibus berangkat menunggu penumpang penuh, tak ada jadwal khusus. Durasi 1,5-2 jam. Harga tiket bus THB 70.

- Naik kapal

Harga lebih mahal karena ini cruise tour, ada pemandu di atas kapal. Kita akan menyusuri Sungai Chao Phraya sambil menikmati pemandangan di sepanjang sungai, termasuk Wat Arun, kuil yang sangat populer di Bangkok. Kapal biasanya mampir di Koh Kred (pulau di Sungai Chao Phraya yang terkenal sebagai penghasil gerabah) dan Bang Pa In (Summer Palace). Harga tur sekitar USD 55. Harus reservasi dulu ya.  

 

Baca juga: "Itinerary Eksplor Bangkok Nonmainstream 6 Hari"

 

CARA BERKELILING AYUTTHAYA

Sewa songthaew atau tuktuk

Kalau dari Bangkok naik kereta atau minibus, begitu turun di Ayutthaya pasti langsung ditawari naik songthaew atau tuktuk. Sudah ada tarif resminya, tapi harga sewa masih bisa dinego. Jadi sebelum deal harga bicarakan dulu mau keliling seharian atau setengah hari dan ke berapa tempat. Walaupun supir tuktuk nggak bisa atau terbatas bahasa Inggrisnya, mereka sudah siap dengan peta wisata atau kartupos bergambar situs-situs populer di Ayutthaya. Atau kalau Trippers punya pilihan spot sendiri, tunjuk saja dari peta atau foto di internet, supir tuktuk pasti paham dan bisa antar ke sana. Harga sewa untuk 5-6 jam berkisar THB 1.000 (sekitar THB 200 per jam). Kalau di-share ber-6 sesuai kapasitas, murah ‘kan...

Tuktuk di Ayuttthaya

 

- Sewa sepeda

Alternatif favorit terutama bagi turis bule yang emang nyari panas. Ya, siap-siap aja kepanasan ya. Jangan lupa pakai sunblock dan topi, serta bawa air minum. Kalau hanya keliling di Ayutthaya Historical Park saja, jarak antar kuil nggak jauh-jauh kok. Total sekitar 20 km lah keliling kuil-kuil utamanya. Di luar park itu barulah agak jauh dan bersaing dengan kendaraan bermotor. Harus hati-hati tapi masih doable. Penyewaan sepeda bisa ditemukan di dermaga ferry di Chao Phraya yang menghubungkan stasiun kereta dengan inner city. Penginapan juga biasanya menyewakan atau bisa mencarikan. Harga sewa sepeda sekitar THB 150 untuk seharian.

- Night cycling tour

Kalau nggak mau naik sepeda sendirian atau cuma berdua teman, bisa juga ikut tur sepeda malam hari. Melihat reruntuhan kuil-kuil saat hari gelap dengan hanya diterangi lampu sungguh pengalaman yang sangat magis. Harga tur sekitar THB 1.050.

Ayutthaya di waktu malam

 

- Sewa sepeda motor

Motornya kebanyakan jenis skuter, mudah dikendarai. Tapi hati-hati, harus paham aturan dan gaya orang sana berkendara. Tempat sewanya ada di dekat stasiun kereta dan di Soi Thor Kor Sor, dekat Chao Prom Market. Harga sewa seharian sekitar THB 300.

- Boat trip dengan perahu long tail

Perahu bisa disewa di dermaga di depan Chanthara Kasem National Museum, Pom Phet Pier, dan Wat Phananchoeng Pier. Harga tergantung rute dan durasi, bisa dinego.

- Naik gajah

Dengan naik gajah, kita bisa berkeliling dengan cara yang santai.

 

- Naik kereta kuda/delman

Cocok buat keluarga dengan anak-anak atau juga pasangan. Ini alternatif buat yang nggak mau naik gajah, tapi mau menikmati Ayutthaya dengan selow. Satu kereta bisa memuat 2-3 penumpang. Bisa ditemukan di sekitar Wat Phra Ram dan di belakang King U-Thong Monument (dekat Wat Phra Si Sanphet).

 

Wat Phra Si Sanphet

 

- River cruise

Cruising di Pasak dan Chao Phraya River. Day cruise bisa mencakup kuil-kuil utama dan beberapa atraksi di tepi sungai. Cruise malam termasuk dinner juga ada, lebih romantis.

- River kayaking

Cara terbaik mengeksplor kanal-kanal sungai di Ayutthaya yang nggak bisa dijangkau boat trip dan river cruise. Bisa ikut day trip (3-4 jam) atau kalau Anda sudah biasa berkayak, sewa kayaknya dan jalan sendiri juga oke.

- Dengan mobil sewaan dari Bangkok

Tentunya kalau kita sewa mobil dari Bangkok sekalian untuk dipakai keliling di Ayutthaya.

Teks & Foto: Mayawati NH (Maya The Dreamer)
Comment
Gmail Customer Service Phone Number Toll Free

China comparatively has close to 80% penetration in urban cities for ac units nevertheless it sits at close to 8% inn very rural areas. There are lotts oof other tools and tricks for having your site oon Google, but when you do these simple things, you'll have built a good foundation on what you'll be able to grow. You can also search for music inside thee PC through thee Editor's search bar. https://imailsupport.com/contact-gmail/

2020-04-10