PERLU DIKETAHUI SEBELUM KE MACHU PICCHU! TIPS, BUJET, ITINERARY, UPDATE SELAMA PANDEMI (Bagian 5-Tamat) 2021-02-10 22:10

Berapa bujet yang dibutuhkan untuk melihat Machu Picchu yang spektakuler ini?

 

Machu Picchu, situs arkeologi peninggalan Kerajaan Inca, menjadi magnet utama yang membuat wisatawan mancanegara berkunjung ke Peru, sebuah negara di Amerika Selatan. Foto-foto hamparan bangunan kuno di atas permadani rumput hijau yang dilatari gunung lancip di belakangnya begitu epik, membius banyak orang. Apalagi didekorasi dengan sinar mentari atau lautan kabut di sekitarnya. Tambah eksotis! Siapa coba yang bisa menolak untuk ke sana?

 

Artikel ini akan membahas tuntas semua hal yang perlu Trippers ketahui tentang Machu Picchu termasuk yang paling sering ditanyakan, berapa estimasi biayanya.

 

Baca bagian 4 di sini.

 

KULINER KHAS PERU

Makanan khas di Peru antara lain:

- Ceviche, salad dari seafood segar/mentah yang disajikan dengan dikucuri jeruk limo, cabe dan bawang.

Ceviche

 

- Sup quinoa (baca:kinoa), isi utamanya quinoa dengan kuah kaldu kekuningan. Quinoa adalah biji-bijian tapi bukan termasuk padi-padian, dan ini memang makanan pokok orang Indian di Pegunungan Andes.

- Lomo saltado, terdiri dari daging yang diiris tipis, bumbunya antara lain kecap asin, irisan bawang bombay dan paprika, lalu disajikan dengan kentang goreng dan nasi.

- Pisco sour, inilah minuman nasional Peru (tapi di Chilli juga ada). Terdiri dari pisco (sejenis liquor), ditambah lemon, sirup dan putih telur.

 

Secara umum makan di Peru bagi lidah kita aman, nggak sulit ketemu nasi. Chinese food juga nggak sulit ditemukan bahkan di Aguas Calientes juga ada.

 

Di Cusco restoran yang sering direkomendasi untuk wisatawan adalah Restoran Tunupa yang di bagian belakangnya ada taman cantik menghadap Urubamba River, dan Restoran Wayra yang menampilkan pertunjukan berkuda. Menu buffet di Tunupa dibandrol sekitar 50 soles (Rp200.000).

 

Taman belakang Restoran Tunupa

 

BERAPA BUJET YANG HARUS DISIAPKAN UNTUK TRIP KE PERU?

Seperti telah disebutkan di tulisan sebelumnya, eksplor Machu Picchu yang paling minimalis cukup day trip dari Cusco. Atau bahkan half day trip dari Aguas Calientes. Berikut perkiraan bujetnya.

 

Half Day Trip from Aguas Calientes +/-USD 115/orang, harga termasuk:

- Professional guide

- Tiket bus Aguas Calientes – Machu Picchu PP

- Tiket masuk Machu Picchu.

 

Day Trip from Cusco +/-USD 350/orang, harga temasuk:

- Professional guide

- Tiket kereta Ollantaytambo – Aguas Calientes PP

- Tiket bus Aguas Calientes – Machu Picchu PP

- Tiket masuk Machu Picchu

- Penjemputan dan pengantaran dari dan ke hotel di Cusco.

 

 

Machu Picchu Trip 3D1N from Cusco

- Tansportasi dari Cusco City ke stasiun kereta Ollantaytambo PP: USD 47

- Tiket kereta backpack class Ollantaytambo-Aguas Calientes: USD 56-70

- Tiket kereta Vistadome Aguas Calientes-Ollantaytambo: USD 80-82

- Tiket bus Aguas Calientes – Machu Picchu PP: USD 24

- 2 days private tour guide from Cusco: USD 140 (maks. untuk 2 orang)

- Tiket masuk Machu Picchu: USD 45/47

- Hotel 1 malam di Aguas Calientes: USD 30 (atau dorm termurah USD 12)

TOTAL +/-USD 422 (+/-Rp6 juta)

 

Info tambahan:

Lima-Cusco naik pesawat, harga tiket PP: USD 150-300.

 

Nah itu di atas bujet basic kalau hanya eksplor Machu Picchu saja. Tapi kita kalau berangkat khusus ke sana dari Indonesia, sudah jauh-jauh, tentunya sekalian eksplor Peru. Rekomendasinya adalah ambil paket Highlight of Peru Trip 14 Days dengan mengunjungi: Lima City Tour, Arequipa City Tour, Colca Valley, Cross of the Condor, Puno, Uros Island, Lake Titicaca, La Raya Pass, Cusco, Sacred Valley, Chinchero, Moray, Maras Salt Mines, Machu Picchu, Wayna Picchu, Ollantaytambo, Vinicunca (Rainbow Mountain). Harga turnya berkisar USD 3.300-4.000 tergantung jumlah peserta dan pilihan hotelnya. Ditambah tiket pesawat dari Jakarta ke Lima PP via AMS sekitar Rp25 juta. Maka setidaknya siapkan bujet sekitar Rp75 juta. Durasi total 17 hari karena waktu untuk terbang pergi dan pulang sekitar 3 hari.

 

Harga-harga di atas hanyalah perkiraan bujet, bukan penawaran paket tur dari MyTrip.

 

CONTOH ITINERARY EKSPLOR MACHU PICCHU + CUSCO 3 HARI

Day 1

Tiba di Cusco

Cusco Square (Plaza de Armas)

Chinchero

Pasar Tradisional

Lunch di Resto Tunupa

Stasiun Ollantaytambo-Aguas Calientes

Eksplor Machu Picchu

Menginap di Aguas Calientes

 

Day 2

Sunsire di Machu Picchu

Mendaki Wayna Pichu

Eksplor Machu Picchu lagi

Kembali ke Cusco

Menginap di Casa Andina di Sacred Valley

 

Day 3

Sacred Valley

Moray

Maras Salt Mines

Seremoni dukun Inca

Lunch di Resto Wayra, pertunjukan berkuda

Sacred Frog Mountain

Ruins of Ollantaytambo

 

 

UPDATE MACHU PICCHU SELAMA PANDEMI

Peru sudah membuka perbatasan internasionalnya secara resmi per 1 Oktober 2020 tapi masih banyak pembatasan. Berita terkini, per 4 Januari 2021 pemerintah Peru memberlakukan kembali karantina 14 hari bagi semua penumpang pesawat yang masuk ke negaranya tanpa terkecuali, termasuk juga bagi warna negaranya yang kembali. Karantina 14 hari ini menjadi aturan tambahan selain syarat hasil PCR tes negatif maksimal 72 jam dihitung sejak keberangkatan. Masih ada lagi aturan random testing yang dilakukan di terminal kedatangan bandara internasionalnya. Kebijakan ini untuk mengantisipasi masuknya virus strain baru yang bermula dari UK dan Afrika Selatan, yang disinyalir telah mulai ada di USA dan negara Amerika Latin lainnya. Sejak awal pandemi virus Covid-19 merebak, Peru memang salah satu negara yang menetapkan kebijakan lockdown cukup ketat termasuk pemberlakuan jam malam, dan penutupan perbatasan. 

 

Khusus untuk Machu Picchu, situs ini juga mengalami buka tutup yang tidak jelas jadwalnya selama pandemi. Per Desember 2020 Machu Picchu memberlakukan pembatasan pengunjung. Hanya 75 pengunjung per jam. Pendakian ke Wayna Picchu tetap ditutup. Sementara jalur trekking Inca Trail cuma separuh yang dibuka, jadi durasi trekking-nya diperpendek. Protokol kesehatan diberlakukan, antara lain wajib pakai masker, jarak per orang 2 m, maksimal 1 grup tur 8 orang, dan jarak antar grup 20 m.

 

Bagaimana Trippers, setelah membaca artikel lengkap ini, sudah lebih dapat gambaran ‘kan mengenai segala hal tentang Machu Picchu. Silakan bagikan ke siapa pun yang membutuhkan infonya. Hubungi penulis, Maya, di WhatsApp 0811821006 untuk info lebih detil dan penawaran paket tur ke Peru jika nanti telah memungkinkan.

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer Foto: Mayawati NH, Novindra Christian, Wells Baum (Unsplash.com), Willian Justen de Vasconcellos (Unsplash.com)
Comment
Worldsecuresystems.com

It's difficult to find educated people for this subject, but you seem like you know what you're talking about! Thanks https://worldsecuresystems.com/redirect.aspx?destination=https://bukovets.com/spring/

2021-07-20
Allen

Howdy! Do you use Twitter? I'd like to follow you if that would be ok. I'm definitely enjoying your blog and look forward to new updates. Feel free to visit my homepage :: 파워볼카지노사이트

2021-02-20