WOWWW, TERNYATA PANTAI TERBERSIH SE-ASEAN ADA DI INDONESIA 2019-10-31 00:00

 

Destinasi wisata Banyuwangi memang sudah sejak lama menjadi tujuan liburan. Banyak tempat bagus tersebar se-Kabupaten Banyuwangi mulai dari wisata pegunungan, budaya, kuliner hingga pantai. Maka, tidak salah rasanya jika kawasan di ujung timur Pulau Jawa ini disejajarkan dengan Yogyakarta maupun tetangganya, Bali.

 

Adalah Grand Watu Dodol atau biasa disingkat GWD. Sebuah pantai yang saat ini sering menjadi pilihan liburan bersama keluarga. Pantai Grand Watu Dodol merupakan kombinasi antara wisata pantai yang dipercantik dengan sebuah taman keluarga yang luas. Deretan pohon kelapa yang menjulang tinggi tampak menghiasi Grand Watu Dodol sehingga membuatnya terasa teduh. Pasir putihnya cukup halus, ombaknya pun tidak terlalu besar, sehingga aman bila kita ingin menghabiskan waktu dengan bermain air di pantai.

 

 

Para pengunjung yang datang akan dimanjakan pula dengan banyaknya spot foto menarik. Di antaranya ayunan, jembatan dek, gazebo ataupun foto berlatar belakang deretan pohon kelapa. Selain sebagai tempat bersantai, pantai yang terletak di Desa Bangsring Kecamatan Wongsorejo ini juga merupakan titik awal untuk island hopping ke Pulau Menjangan di Taman Nasional Bali Barat dan Pulau Tabuhan. Perahu motor milik penduduk setempat siap mengantar pengunjung seharian menjelajah 2 pulau eksotis tersebut.

 

 

Namun yang paling menggembirakan lagi adalah, Pantai Grand Watu Dodol pernah menyabet predikat sebagai pantai terbersih di ASEAN atau ASEAN Clean Tourist City. Gelar tersebut diraih dalam ajang ASEAN Tourism Standard Award 2018 yang digelar di Chiang Mai, Thailand pada 22-26 Januari 2018.

 

Baca juga: "Main ke Hutan Lord of The Rings-nya Banyuwangi Yuk..."

 

Bagi Trippers yang merencanakan liburan ke Banyuwangi, ada baiknya mampir sejenak ke Grand Watu Dodol. Tempat ini bisa diakses melalui Bandara Soekarno Hatta Jakarta menuju Bandara Blimbingsari Banyuwangi. Lanjut perjalanan darat dari bandara menuju Grand Watu Dodol berjarak 40 km atau sekitar 1 jam berkendara. Untuk menikmati keindahan Pantai Grand Watu Dodol, per orangnya hanya perlu membayar Rp5.000 untuk hari biasa dan Rp7.000 untuk hari libur. Sementara untuk fasilitas umumnya sudah tersedia warung makan, tempat bermain anak, mushola dan toilet.

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Arief Nurdiyansah & Clara Soca Atisomya
Comment