OENESU, AIR TERJUN TIGA TINGKAT YANG TAK JAUH DARI KOTA KUPANG 2023-09-20 00:00

Air Terjun Oenesu, tidak jauh dari Kota Kupang

 

Di sekitar Kota Kupang, ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), ada cukup banyak pilihan destinasi wisata yang dapat dijangkau dan dieksplor dalam sehari, pulang pergi. Di artikel sebelumnya sudah dibahas tentang Pulau Semau yang bisa dipulang-pergiin dari Kupang. Nah kali ini, Air Terjun Oenesu yang memikat dengan tiga tingkatan aliran airnya.

 

Baca juga: “Seharian Main di Pulau Semau Dekat Kupang, Bisa ke Mana Aja?

 

Air Terjun Oenesu berada di Desa Oenesu Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang Pulau Timor NTT. Jarak dari pusat kota Kupang sekitar 15-20 km ke arah barat daya, naik mobil memakan waktu 45-60 menit. Akses jalannya mudah.

 

Dari Kupang ke Oenesu, 15-20 km

 

Tiket masuk saat rombongan MyTrip datang Mei 2023 lalu sebesar Rp10.000 per orang. Mobil tidak dikenakan tarif lagi. Tapi pemberlakuan tiket masuk umumnya di lokasi wisata di Pulau Timor itu sangat tak menentu. Mudah sekali berubah. Jadi jangan dijadikan patokan baku.

 

Baca juga: “Mau Melihat Bahtera Nabi Nuh di Fatukopa Pulau Timor NTT?

 

Area parkirnya cukup luas. Ada pohon mahoni besar-besar di area parkir yang membuat suasana teduh. Dari parkiran menuju lokasi air terjun melewati tangga-tangga yang sudah dibangun rapi. Tak sampai 10 menit. Mudah lah pokoknya. Apalagi suasananya juga rindang dan teduh. Bahkan sebelum sampai bawah pun, air terjunnya sudah terlihat.

 

Ke lokasi air terjun menuruni tangga-tangga

 

Air terjun sudah terlihat dari jalur tangga

 

Setidaknya ada tiga tingkat aliran air terjun yang bisa terlihat langsung dari jembatan batu yang dibangun di depan tingkat ketiga. Masing-masing tingkat air terjunnya kurang lebih tingginya hampir sama, sekitar 6-7 m. Tingkat pertama atau yang paling atas sebenarnya dulu bisa dicapai bagian atasnya dari lokasi parkir mobil. Tapi setelah lokasi wisata ini ditata, sudah dibangun pagar pembatas jadi nggak bisa lagi ke atas aliran air pertama dari parkir mobil. Masing-masing tingkat di bagian bawahnya terbentuk kolam alami. Airnya hijau jernih, sangat menggoda. Sayang, acara MyTrip padat hari itu, dalam rangkaian trip Timor Overland, jadi kami tak sempat main air.

 

Terlihat tiga tingkat

 

Tingkat pertama, dulu bagian atasnya bisa dicapai dari parkir mobil

 

Kolam alami di bawah air terjun, hijau jernih menggoda

 

Saat kami datang Mei 2023 itu debit airnya tidak sangat deras, tapi juga tidak kering. Kalau datang saat puncak musim kemarau bisa jadi aliran airnya sangat minimalis, walaupun katanya sih tak pernah benar-benar kering. Sebaliknya saat musim hujan, lebih meriah karena di tiga tingkatannya airnya sangat deras.

 

Airnya tidak terlalu deras tapi juga tidak kering

 

Bagi yang tak mau mengeksplor lebih jauh, cukup duduk di salah satu tempat istirahat di jalur tangga, atau berdiri menikmati pemandangan di jembatan batu di depan tingkat ketiga.

 

Menikmati air terjun dari jalur tangga

 

Menikmati air terjun dari jembatan batu

 

Tapi bagi yang mau sedikit bersusah-payah, yuk kita lanjut, naik sampai ke atas tingkatan kedua atau bagian dasar tingkatan pertama. Ada titian kayu di sebelah kanan untuk mencapai bagian bawah tingkat kedua. Tidak terlalu sulit tapi mesti hati-hati jangan sampai terpeleset.

 

Baca juga: “Coba Hitung, Air Terjun Oehala Ada Berapa Tingkat?

 

Bagian bawah tingkat kedua ini cukup luas. Ada area kering di atas batu-batu, jadi sepatu bisa tetap kering. Tapi hati-hati, banyak batu maupun akar pohon yang licin karena lumut.

 

Ini bagian bawah tingkat kedua, sepatu bisa tetap kering

 

Berpose dengan latar air terjun tingkat pertama dan kedua

 

Untuk naik ke bagian atas tingkat kedua, bisa menaiki dinding batu di sebelah kiri air terjun. Batunya di beberapa bagian licin. Kalau mau lebih mudah, ada kok jalur tanahnya agak memutar di sebelah kiri lagi dari dinding batunya.

 

Menaiki dinding batu di sebelah kiri air terjun

 

Area di atas air terjun tingkat kedua juga cukup luas. Kebetulan saat kami datang ada batang pohon melintang, di situlah kami berfoto-foto. Sebenarnya area di bawah dinding batu air terjun paling atas ini memiliki banyak spot foto cantik, tapi sayang kami tak cukup waktu mengeksplornya.

 

Berpose-pose di atas air terjun tingkat kedua dengan latar air terjun tingkat pertama

 

Air terjun tingkat pertama

 

Buat yang bermain air di Air Terjun Oenesu, cek dulu apakah toilet atau bilik gantinya sudah diperbaiki atau belum. Saat kami datang kondisi toiletnya masih rusak, atapnya jebol akibat tersapu Badai Seroja yang menerjang wilayah NTT pada April 2021. Kalau kondisi lopo-lopo atau gazebo di tepi jalur tangga maupun di lokasi parkir masih baik.

 

Lopo-lopo di area parkir

 

Tertarik mengunjungi Air Terjun Oenesu dan sekaligus jelajah Pulau Timor? Hubungi MyTrip di 0811821006.

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Demsy Haky, Mayawati NH
Comment