LIBURAN PILKADA, YANG NGGAK NYOBLOS PIKNIK KE PENANGKARAN RUSA CARIU YUK!

LIBURAN PILKADA, YANG NGGAK NYOBLOS PIKNIK KE PENANGKARAN RUSA CARIU YUK!

Tuesday, 14-02-2017 | 12:19

 

Pilkada serentak yang dijadikan hari libur memberi anugerah tersendiri terutama bagi yang daerahnya nggak ada Pilkada seperti Kota Bekasi. Manfaatkan liburan satu hari ini buat piknik yuk... ‘Kan selama masa kampanye kita semua terpapar berita-berita yang sedikit panas, pikiran butuh didetox nih! Nggak usah jauh-jauh, cukup ke Jonggol aja. Nggak jauh dari Curug Country yang sudah diceritakan di tulisan sebelumnya (baca di sini), ada Penangkaran Rusa Cariu. Yang dilihat di sana udah pasti rusa ya... bukan kuda, apalagi kambing, hehe...

Penangkaran Rusa Cariu yang terletak di Desa Buana Jaya, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Bogor ini didirikan tahun 1993. Ada 3 jenis rusa yang hidup dan dikembangbiakkan di sini yaitu rusa jawa, rusa bawean dan rusa totol yang didatangkan dari Ranca Upas Bandung, Blitar, Surabaya, dan Bogor. Saat ini katanya sih di area seluas 8,4 ha ini ada sekitar 60-an ekor rusa di sini tapi sayang waktu MyTrip main ke sana pas cuma ada seekor, hiks.

 

 

Wana wisata ini berada di bawah Perum Perhutani Unit III Jawa Barat dan Banten dan termasuk dalam wilayah RPH Cariu, BKPH Jonggol, KPH Bogor yang merupakan kelompok Gunung Sanggabuana.

Memasuki area wana wisata ini kita harus menyeberangi jembatan gantung yang cukup panjang di atas Sungai Cibeet. Sungainya sangat lebar dan berair deras serta berbatu, merupakan anak dari Sungai Citarum. Hanya boleh maksimal 10 orang sekaligus yang melewati jembatan, demi keamanan. Bayar dulu tiket masuk di loket sebelum jembatan, per orang Rp 10.000, mobil Rp 10.000. Kalau mau kemping per orang dikenakan Rp 25.000 (alat kemping bawa sendiri). Kalau mau foto prewedding dikenakan tarif Rp 350.000.

 

Jembatan gantung

 

Usai melewati jembatan suasana teduh nan asri menyambut. Di tepian sungai itu disediakan bale-bale besar oleh pengelola dan di depannya ada warung makan yang menyediakan menu ikan maupun ayam bakar/goreng. Juga tersedia aneka minuman kemasan dan makanan kecil. Kalau di sini penuh, tenang aja karena di area dalam juga masih banyak warung makan.

 

Suasana asri di tepi sungai

 

Dari area yang asyik buat piknik itu kita harus jalan kaki lagi ke dalam menuju area utama padang rumput luas di mana rusa-rusa berkeliaran. Kalau mau memberi makan ubi mentah buat rusa, belilah di warung-warung sebelum memasuki area padang rumput. Untuk masuk ke area rumput yang luas kita naik dulu ke jembatan kayu panjang, lalu di ujungnya barulah ada tangga turun. Kita bisa bebas bercengkerama dengan rusa-rusa yang tengah merumput. Eh, rusanya kalau ada pengunjung, mereka lebih suka menanti uluran ubi dari kita daripada merumput sih. Rusanya jinak-jinak dan terbiasa dengan pengunjung yang mengelus-elusnya atau mengajaknya selfie. Anak-anak terutama yang suka binatang pasti suka menghabiskan waktu berlama-lama di sini.

 

Jalan lagi menuju area penangkaran

 

Pengunjung boleh memberi makan rusa

 

CARA KE SANA

Dari Jakarta sama dengan penujuk jalan ke Curug Country. Setelah keluar tol Cibubur dan masuk ke Jalan Alternatif Cibubur (Transyogi), teruuuusss aja. Setelah melewati Mekarsari, lalu ketemu perempatan Cigelam, lurus terus. Dan kita akan melihat Citra Indah City di kanan jalan. Lalu ada belokan kiri ke arah Cibarusah, kita ambil lurus ke arah Cariu/Jonggol. Tapi nanti begitu arah Cariu dan Jonggol Kota terpecah, ambil ke kiri ke arah Cariu. Melewati Pasar Jonggol, lalu ada belokan lagi ke Jonggol Kota ke kanan, kita terus lurus. Jembatan panjang dan tanah milik Badan SAR Nasional dilewati, sekitar 5 menit kemudian ada perempatan yang cukup ramai, nah di sini kita belok kanan ke Jalan Raya Cariu, ke arah yang sama dengan kantor pos. Lalu ketemu pertigaan, ambil lurus ke arah Tanjung Sari. Banyak pemandangan cantik perbukitan dan gunung lancip di sebelah kiri jalan.

 

Pemandangan di kiri jalan

 

Kalau ke Curug Country belok ke kanan ke Jalan Cijejet Polri, kalau ke Cariu lurus terus. Melewati jembatan, lalu melewati Heaven Memorial Park. Dari situ sekitar 5 menit akan ketemu tikungan patah ke kiri, ada penandanya “Penangkaran Rusa Cariu”. Jalannya nggak aspal lagi tapi berbatu. Tapi nggak jauh kok untuk tiba di area parkirnya yang cukup luas.

Gimana, siap menghabiskan liburan Pilkada bersama rusa-rusa?

Teks & Foto: Mayawati NH

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


147

Back to Top