SEDIKIT AJA “GESER” DARI JAKARTA, ADA CURUG COUNTRY YANG ADEM 2017-02-13 00:00

Wiken terasa membosankan di Jakarta? Tapi mau pelesir yang jauh-jauh, bujet sedang tak memungkinkan. Nggak usah bingung karena kalau mau sedikit aja “geser” dari Jakarta, kita akan menemukan banyak obyek wisata penenang jiwa sekaligus penenang dompet karena sangat murah biayanya. Cobalah keluar tol Cibubur, susuri Jalan Transyogi ke arah Jonggol, di sana kita akan menemukan Curug Cipamingkis, Curug Ciherang (keduanya pernah ditulis, baca di sini), dan yang akan diceritain kali ini adalah Curug Country. Letaknya di Desa Tanjung Rasa, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Bogor.

CARA KE SANA

Setelah keluar tol Cibubur dan masuk ke Jalan Alternatif Cibubur (Transyogi), teruuuusss aja. Setelah melewati Mekarsari, lalu ketemu perempatan Cigelam, lurus terus. Dan kita akan melihat Citra Indah City di kanan jalan. Lalu ada belokan kiri ke arah Cibarusah, kita ambil lurus ke arah Cariu/Jonggol. Tapi nanti begitu arah Cariu dan Jonggol Kota terpecah, ambil ke kiri ke arah Cariu. Melewati Pasar Jonggol, lalu ada belokan lagi ke Jonggol Kota ke kanan, kita terus lurus. Jembatan panjang dan tanah milik Badan SAR Nasional dilewati, sekitar 5 menit kemudian ada perempatan yang cukup ramai, nah di sini kita belok kanan ke Jalan Raya Cariu, ke arah yang sama dengan kantor pos. Lalu ketemu pertigaan, ambil lurus ke arah Tanjung Sari. Banyak pemandangan cantik perbukitan dan gunung lancip di sebelah kiri jalan. Tak lama setelah terlihat RM Bukit Sari Malibu, ada belokan ke kanan ke Jalan Cijejet Polri, penandanya ada Warung Djinggo. Belok kanan ke jalan itu.

Jalanan mulai agak sempit, menanjak dan banyak aspal rusak. Setelah sekitar 10 menit, pelan-pelan cari belokan ke kiri yang aspalnya jelek dan di sebelah kanan ada lapangan rumput luas. Nggak ada penanda apa-apa di situ. Jalanan sirtu (pasir berbatu) disambung dengan jalan tanah dan lalu jalan sirtu lagi. Lalu di depan mentok pertigaan ambil kiri, dari situ sudah mulai kelihatan gerbang masuk Curug Country. Ada plang hijau bertuliskan “Cariu Resort, PT. Pesona Tanjungrasa” dan plang lain “Selamat Datang di Curug Country Cariu Bogor”.

Jalan sirtu dan tanah masuk mendekati gerbang curug

Total perjalanan tanpa macet kalau dihitung dari Taman Mini 2 jam. Bayar tiket masuk per orang Rp 10.000. Parkir mobil Rp 15.000, motor Rp 10.000.

Dari parkiran yang berupa lapangan rumput, jalan kaki turun ke curug nggak jauh, hanya 10 menit. Jalurnya tanah, lumayan becek pasti kalau hujan. Tapi tingkat kecuraman biasa aja kok, lagian sudah dibuat tangga-tangga dari bambu, nggak susah. Mendekati curug ada jembatan bambu yang harus kita lewati. Suasananya adem, banyak pohon.

Jalur dengan tangga-tangga dari bambu

Jembatan bambu

SUASANA CURUG

Kita tiba dari bagian kanan curug

Kita akan tiba dari arah kanan curug bagian atas. Waktu MyTrip datang sekitar pukul 10.00 tampak sudah ada beberapa wisatawan sedang berbasah-basahan di aliran air curug. Ya, curug utama yang bertingkat-tingkat itu memang bisa dinaiki dari arah sebelah kiri. Nggak susah, tapi juga nggak gampang-gampang amat. Kalau bawa anak kecil sebaiknya nggak usah naik. Cukup berdiri memandangi keindahan curug yang melebar ini dari tepian batu di depannya.

Basah-basahan di curug utama

Area untuk main air memang hanya di aliran curug utama yang bertingkat-tingkat itu, karena kolam yang terbentuk di bawah curug utama maupun anak curug di bawahnya kurang jernih airnya, agak kecoklatan. Tapi kalau mau berendam di situ ya oke juga. Kalau yang percaya dengan mitos bahwa kalau mandi di aliran curug ini akan dapat jodoh (makanya curug ini disebut juga Curug Jodoh) ya silakan mandi-mandi di bawah curug deh! Ada kamar bilas berbayar (Rp 2.000) tersedia di area curug yang bagian bawah. Toilet juga ada.

Kolam di bawah curug airnya coklat

Curug terlihat full dari bawah

Duduk-duduk aja di bebatuan di depan curug atau ngendon di warung Indomie sambil mendengarkan gemericik aliran curug sudah cukup memuaskan hati, dan tentu menenangkan pikiran. Apalagi suasana di sekitar sangat rindang oleh lebatnya pepohonan. Adeemmmm banget! Cocok lah untuk melepas penat. Makanya, jangan malas buat “geser” dikit dari Jakarta kala wiken ya....

Warung Indomie

O ya, sebelum pulang kembali ke Jakarta, kalau masih ada waktu, coba lanjut terus ke Penangkaran Rusa Cariu. Ceritanya di tulisan terpisah ya...