MENIKMATI KETINGGIAN DI ANTARA AWAN DI TAIPEI 101 2019-12-04 23:00

 

Yang sudah pernah ke Taiwan hampir dipastikan sudah pernah pula naik ke lantai 89 Gedung Taipei 101, ke Observation Deck-nya yang indoor. Namun mungkin belum banyak yang menginjakkan kaki dan merasakan berjalan di antara awan dan kena tiupan angin kencang di lantai yang benar-benar teratas dari Taipei 101, yakni lantai 101.

 

Untuk bisa ke lantai 101 di ketinggian 460 m ini kita harus membayar tiket NTD 2.700 (sekitar Rp1,28 juta), paketnya Skyline 460, A Walk on The Clouds. Cukup mahal, tapi worth the money.

 

 

Akhir November 2019 lalu MyTrip bersama beberapa media lain yang diundang Taiwan Tourism Bureau Indonesia berkesempatan menjajal paket ini. Dari lantai 5 tempat loket tiket berada, kami ditemani pemandu khusus naik lift menuju lantai 89 terlebih dahulu. Liftnya mendapat gelar lift penumpang tercepat di dunia tahun 2004-2015 oleh Guinness World Records. Kecepatannya 1.010 m per menit. Hanya butuh waktu 37 detik untuk mencapai lantai 89 dari lantai 5. Siap-siap kuping akan sedikit merasa nggak nyaman karena perubahan ketinggian yang cepat.

 

Dari lantai 89 yang merupakan Observation Deck (kalau hanya ke sini bayarnya NTD 600 saja) kami naik lift lagi ke lantai 92. Di sini kami dipakaikan peralatan pengaman, harness, dan diberi briefing singkat. Tas harus ditinggalkan di dalam loker. Yang boleh dibawa hanya kamera yang dikalungkan di leher dan HP yang diberi sarung transparan bertali yang dikalungkan di leher juga. Tongsis nggak boleh dibawa. Kacamata juga harus diamankan dengan tali yang telah disediakan. Maklum, angin di atas sana kencang. Semua ini demi keamanan kita dan HP yang kita bawa.

 

Baca juga: "Sekali Seumur Hidup Datanglah ke Lantern Festival di Taiwan"

 

Setelah semua siap, kami naik lift 2 kali lagi ke lantai 93 dan 100. Lalu masih sambung lagi dengan naik tangga, hingga kemudian keluar di lantai 101. Begitu kami tiba di luar, petugas langsung memasangkan pengaman di railing pagar. Nggak boleh dilepas sampai kegiatannya selesai ya.

 

Pertama-tama kami antre foto dulu di salah satu sudut. Ada petugas yang motretin dengan kamera DSLR yang diiikat di tiang, sehingga dapat angle atas. View di bawah berupa kepadatan Kota Taipei dengan latar pegunungan di kejauhan menjadi jelas terlihat.

 

Antre foto satu-satu

 

Setelah itu kami dipersilakan berjalan mengelilingi teras atas ini sambil melihat pemandangan sekitar dan menikmati hempasan angin kencang yang seolah mendorong-dorong badan. Kamera tak hentinya kami arahkan untuk mengabadikan pemandangan. Ya, bebas berfoto-foto dengan kamera dan HP kita sendiri selama kegiatan. Selesai satu putaran, barulah kami turun.

 

Salah satu sisi pemandangan yang terlihat dari atas

 

Memotret ke arah puncak gedung

 

Paket ini juga termasuk dapat foto yang dicetak 5R, dan minum kopi atau teh di kafe lantai 88. Minumannya dibuat unik, gulanya yang berbentuk gulali berwarna putih laksana awan digantung di atas cangkir. Uap panas dari minuman akan membuat gulali tersebut menetes-netes ke cangkir kita.

 

Dapat foto dan minuman "berawan"

 

Kalau punya bujet lebih, ambil paket Skyline 460 ini deh. Seru, mendebarkan, tapi sangat aman dan yang takut ketinggian pun masih bisa melakukannya.

 

Foto bareng sebelum turun

 

O ya, bangunan setinggi 508 m dan sempat menjadi yang tertinggi di dunia antara tahun 2004-2010 ini seperti tahun-tahun sebelumnya akan menggelar pesta kembang api spektakuler saat New Year’s Eve. Ada paket-paket menarik yang ditawarkan. Cekidot saja di website ressminya www.taipei-101.com.tw untuk informasi lebih lanjut.

Teks: Mayawati NH Foto: Genoveva Lung, Mayawati NH
Comment