TAHUKAH KAMU ADA GUA CANTIK DI KLAPANUNGGAL CILEUNGSI? 2018-01-22 00:00

 

Dalam rangka mengubek-ngubek tempat yang cakep buat difoto yang lokasinya dekat saja dari rumah, mid Januari 2018 lalu saya mengajak kedua keponakan keluar eksplor. Dari sekian banyak daftar yang saya berikan, Welly, keponakan saya yang sedang serius menekuni fotografi, memilih Gunung Kapur Klapanunggal di Cileungsi, Bogor. OK, deal!

 

 

RUTE KE SANA

Dari rumah saya di Jatiwarna, Pondok Melati, Bekasi kami memilih pasrah mengikuti ke mana Waze membawa. Waze memerintahkan kami memasuki Tol Jagorawi dan keluar di Gunung Putri. Lalu ambil jalur yang sebelah kiri, arah Cikeas dan Cileungsi. Setelah 3X berbelok kami keluar di Jalan Narogong Raya.

 

Dari situ masih 2,7 km lagi baru ada percabangan dan ambil kanan. Memasuki jalanan proyek yang banyak dilalui truk besar. Berkali-kali lagi belok, pokoknya cari Perumahan Coco Garden. Dan akhirnya cari Cluster Modesta. Nah masuk ke cluster itu sampai mentok ke belakang, keluar cluster dan kami pun memarkir mobil di halaman masjid. Total perjalanan tanpa macet kami tempuh sekitar 1 jam.

 

Pulangnya kami memilih menyusuri Narogong Raya sampai Cibubur, lalu masuk Jalan Trans Yogi. Jadi sebenarnya memang lebih dekat ke sana lewat Cibubur, lalu masuk Narogong Raya ambil ke arah Cileungsi Bogor. Kalau sudah melihat Polsek Cileungsi di sebelah kiri jalan, nah di depannya sedikit ada jalan masuk ke kiri, masuk situ. Dari situ lurus saja, tinggal cari Perumahan Coco Garden di kiri jalan.

 

LANJUT JALAN KAKI

Jembatannya belum rampung, nggak bisa dilalui mobil

 

Usai parkir mobil, kami harus jalan kaki menuju lokasi gunung kapur. Sebenarnya kalau saja jembatannya dibangun sampai rampung, mobil bisa masuk hingga mendekati lokasi. Sayangnya, jembatan baru dirampungkan sebelah, tak bisa dilalui mobil. Kalau motor sih bisa. Atau kalau mobil mau masuk, harus cari jalan masuk milik proyek pengerukan kapur. Ya, karena area Gunung Kapur Klapanunggal ini merupakan area eksplorasi sebuah pabrik semen. Mereka mengeruk kapur untuk bahan baku semen.

 

Jalan kaki hingga sampai ke lokasi sekitar 15 menit. Terhitung nggak jauh, lagipula datar, bukan turun-naik. Begitu melewati lokasi proyek, kami melihat banyak pekerja. Sekalian saja minta izin lewat dan tanya spot bagusnya sebelah mana, lewat mana. Mereka ngasih tahu, harus ke gua kalau mau foto-foto. Dan mereka menunjukkan arahnya. Nggak sulit juga, tinggal ngikutin jalan aja. Areanya juga sangat terbuka dengan latar di kejauhan barisan bukit kapur.

 

 

GUA CANTIK SEBAGAI HIGHLIGHT-NYA

Jadi di kawasan Gunung Kapur Klapanunggal ada apa aja sih yang bisa dieksplor dan difoto? Begitu memasuki area, tampak di kejauhan sebelah kiri ada bukit batu yang berbentuk jempol “like” di Facebook. Sayang saat kami datang, langit siang tampak flat, jadi hasil foto ke arah bukit ini nggak bagus.

 

Bukit yang mirip jempol "like" di Facebook

 

Air terjun kecil juga katanya ada lho. Kami sih nggak nemu dan nggak nyari. Kalau lihat foto-foto yang beredar di jagat maya, itu cuma curahan air yang debitnya nggak banyak, mengaliri tebing batu kapur.

 

Bekas-bekas galian yang menjadi kubangan dan terisi air hujan tampak seperti rawa-rawa. Lihat di foto-foto orang, kalau pas airnya hijau dan sinar mataharinya bagus, foto berlatar rawa-rawa ini cukup Instagenik, apalagi kalau sudah diedit. Tapi jangan ‘tertipu’ ya karena hamparan rawa-rawa ini kalau dilihat langsung ya biasa aja.

 

Bekas galian yang jadi rawa

 

Tapi jangan bilang nggak worth ke sini apalagi kalau kalian dari Jakarta. Karena highlight kawasan ini yaitu guanya, di atas ekspektasi, minimal buat saya. Melihatnya dari luar biasa aja, apalagi kami harus melewati pematang sawah becek yang penuh jebakan lumpur lembek –saya salah injak dan akhirnya kaki terbenam lumpur sampai di atas mata kaki.

 

Masuk ke gua melewati pematang sawah

 

Inilah penampakan gua dari luar

 

Pintu masuk gua

 

Tapi begitu memasuki celah masuk gua yang nggak sempit tapi juga nggak lebar dan cukup tinggi, mata saya langsung terpuaskan. Guanya memang nggak luas. Dalam selemparan mata sudah kelihatan sisi seberang yang celahnya lebih besar. Tapi formasi stalaktit dan stalakmit, juga bebatuan yang mengampar dan lubang-lubangnya cakep buat dinikmati dengan mata dan juga difoto.

 

Pintu masuk dilihat dari dalam gua

 

Dari pintu masuk, bagian seberang gua sudah terlihat

 

Formasi bebatuan di dalam gua

 

Dan satu hal lagi, saya melihat sinar bling-bling di dinding batu dekat pintu masuk seperti yang saya lihat di Gua Berlian di Kepulauan Sombori Sulawesi Tengah. Tebakan saya, berarti batu itu juga mengandung kuarsa yang membuatnya bling-bling. Makanya saya iseng bilang, “Wah, ada Gua Berlian di Cileungsi!”

 

"Berlian" di dalam gua

 

SERING JADI LOKASI SYUTING

Jadi kalau ke gunung kapur ini, wajib banget hukumnya masuk ke gua tanpa nama ini. O ya, kata seorang bapak yang saya ajak ngobrol di warung dekat kami parkir, gua ini pernah jadi lokasi syuting film Mak Lampir, juga film-film silat tempo dulu, dan juga buat iklan. Entah iklan apa dia nggak ingat.

 

 

Yang saya baca, beberapa komunitas gowes dari Bogor dan Bekasi juga banyak yang menyambangi Gunung Kapur Klapanunggal. Banyak juga pengunjung yang datang untuk menikmati sunrise dan sunset. Bahkan tempat ini juga favorit buat bikin foto pre wedding. Dan menurut informasi, ada beberapa tebing di kawasan ini juga yang jadi area panjat tebing. Beberapa bukit juga bisa didaki untuk melihat pemandangan dari ketinggian.

 

SEMOGA LESTARI

Dari hasil obrolan dengan bapak di warung itu, Gunung Klapanunggal sudah lama (mungkin dari tahun ’80-an) dieksplorasi oleh pabrik semen. Takjub juga saya, belum habis-habis kapurnya. Dia juga mengatakan kalau akhir pekan yang datang banyak. Kami datang di hari kerja, siang pula, jadi sepi, hanya ada kami pengunjungnya.

 

Daerah situ sangat aman, katanya. Parkir mobil sampai nginep pun nggak bakal diapa-apain. Pekerja-pekerja pabrik semen yang banyak di kawasan itu juga nggak bakal mengganggu kita. Iya sih, awalnya saya sempat jiper, waduh, harus lewatin banyak pekerja lelaki, sedangkan kami cuma bertiga dengan hanya 1 lelaki, di tempat yang cukup jauh dari permukiman. Tapi memang kami tak diganggu sama sekali.

 

Kabar lain saya dapat, tempat ini pernah sempat mau diratakan tebingnya oleh perusahaan semen itu, tapi diminta dibatalkan oleh para pecinta alam, terutama para pemanjat tebing. So far aman, masih bertahan. Tapi tetap ada kekhawatiran bahwa guanya suatu saat akan diratakan. Oh noo... jangan sampai deh. Semoga guanya tetap lestari.

Teks: Mayawati NH Foto: Mayawati NH, Welly Yaptianto
Comment
Bdjtcqmj

buy modafinil without prescription provigil 100mg oral buy provigil generic

2022-05-18
Ydgyhlht

order provigil online modafinil pills buy provigil 200mg

2022-05-17
Wxhikfbz

modafinil 100mg ca

2022-05-17
Youoezhv

order modafinil without prescription modafinil 100mg uk

2022-05-16
Ldognale

order modafinil 200mg generic

2022-05-05
Ygownale

buy modafinil 200mg cost provigil

2022-05-04
Jfhsnale

brand modafinil 100mg order provigil 100mg pills order provigil for sale

2022-05-04
Advattnhew

https://cialismat.com/ side effects for tadalafil

2022-05-04
What Is Tadalafil

buy tadalis canada generic tadalafil

2022-05-03
Cheap Cialis

tadalafil online with out prescription https://cialismat.com/

2022-05-02
Advattlotr

generic cialis online fast shipping prescription tadalafil online

2022-05-02
Advattmkiq

where to order tadalafil tablets tadalafil liquid

2022-05-02
Tadalafil Cost In Canada

tadalafil drug tadalafil price walmart

2022-05-01
Moidgeufiy

tadalafil without a doctor prescription best price usa tadalafil

2022-05-01
Cialis

tadalafil online with out prescription tadalafil cost walmart

2022-05-01
Advatttqmk

cialis without prescription tadalafil side effects

2022-04-30
Advattzxnr

cialis tadalafil buy cialis pills

2022-04-30
Advattwzqd

what is tadalafil buy tadalafil

2022-04-30
Moidgenqbe

tadalafil price walmart generic tadalafil from uk

2022-04-30
Cheap Generic Cialis For Sale

cheapest tadalafil cost tadalafil liquid

2022-04-30
Buy Cialis Usa

prescription tadalafil online tadalafil cost walmart

2022-04-29
Advattowkj

tadalafil dosage tadalafil goodrx

2022-04-29
Cialis Online

cheap cialis pills for sale cialis without prescription

2022-04-29
Cialis

cialis without a prescription side effects of tadalafil

2022-04-28
Tadalafil Without A Doctor Prescription

cialis without prescription where to buy tadalafil on line

2022-04-28
Tadalafil Blood Pressure

cialis without prescription cheap generic cialis for sale

2022-04-28
Moidgevjqp

buy cialis pills https://extratadalafill.com/

2022-04-28
Advattbmvz

https://cialisvet.com/ cialis cost

2022-04-27
Advattwrgb

tadalafil online tadalafil goodrx

2022-04-27
Cialis Pills

cialis cost buy cialis

2022-04-26
Generic Cialis

what is tadalafil tadalafil drug

2022-04-26
Side Effects For Tadalafil

where to get tadalafil cheapest tadalafil cost

2022-04-25
Advattdfvx

canada generic tadalafil tadalafil cialis

2022-04-25
Moidgeetwk

tadalafil drug cost tadalafil generic

2022-04-24
Advattqimq

tadalafil online with out prescription cost of cialis

2022-04-24
Cialis Cost

cialis cost tadalafil generic where to buy

2022-04-24
Cialis Pills

https://cialistrxy.com/ generic cialis online fast shipping

2022-04-24
Moidgewioo

https://extratadalafill.com/ cheap cialis pills for sale

2022-04-23
Advattxgic

tadalafil generic where to buy https://cialisicp.com/

2022-04-23
Cialis

https://nextadalafil.com/ generic cialis online fast shipping

2022-04-22
Advatttpze

where to buy generic cialis online safely cheapest tadalafil cost

2022-04-22
Where To Order Tadalafil Tablets

buy tadalis tadalafil without a doctor prescription

2022-04-22
Buy Cialis Pills

tadalafil daily online cost tadalafil generic

2022-04-21
Buy Cialis Pills

cost of cialis tadalafil brands

2022-04-20
Cialis Cost

what is tadalafil buy cialis pills

2022-04-20
Cialis Online

tadalafil online with out prescription what is tadalafil

2022-04-19
Tadalafil Cost In Canada

tadalafil side effects buy cialis

2022-04-19
Cheap Generic Cialis For Sale

tadalafil cost walmart side effects for tadalafil

2022-04-18
Best Price Usa Tadalafil

https://cialisusdc.com/ tadalafil

2022-04-18
Tadalafil Cialis

tadalafil online tadalafil daily online

2022-04-18
Buy Cialis Usa

tadalafil side effects canada generic tadalafil

2022-04-18
Advattqxft

tadalafil order online no prescription tadalafil brands

2022-04-16
Cialis Tablets

side effects for tadalafil side effects for tadalafil

2022-04-16
Canada Generic Tadalafil

where to buy cialis without prescription https://extratadalafill.com/

2022-04-15
Tadalafil Drug

buy tadalafil canada generic tadalafil

2022-04-14
Cialis Generic

cheap generic cialis for sale tadalafil liquid

2022-04-14
Cialis Generic

tadalafil brands buy cialis

2022-04-14
Cialis 20 Mg

generic cialis tadalafil tadalafil online

2022-04-13
Moidgecizq

tadalafil cialis tadalafil goodrx

2022-04-13
Advattbdij

https://cialisbusd.com/ tadalafil generic

2022-04-12
Cialis

what is tadalafil where to get tadalafil

2022-04-11
Advattgvkb

tadalafil brands https://cialismat.com/

2022-04-11
Advattoisw

tadalafil online with out prescription cost of cialis

2022-04-11
Cialis 20mg

tadalafil canada generic tadalafil

2022-04-10
Advattubek

https://cialiswbtc.com/ cost tadalafil generic

2022-04-09
Advattryew

where to get tadalafil side effects for tadalafil

2022-04-09
Cialis Cost

cost of cialis tadalafil

2022-04-08
Tadalafil Price Walmart

tadalafil price walmart tadalafil without a doctor prescription

2022-04-07
Cialis 20mg

tadalafil generic lowest price cialis

2022-04-06
Generic Cialis

tadalafil generic where to buy https://cialiswbtc.com/

2022-04-06
Advattysew

tadalafil generic where to buy cialis cost

2022-04-05
Cialis Without Prescription

tadalafil daily online https://cialiswbtc.com/

2022-04-05
Advattmlsz

tadalafil cost in canada where to order tadalafil tablets

2022-04-04
Cialis Tadalafil

https://extratadalafill.com/ cialis without prescription

2022-04-04
Generic Tadalafil From Uk

cheap generic cialis for sale tadalafil goodrx

2022-04-03
Generic Cialis

https://cialistrxy.com/ best price usa tadalafil

2022-04-03
Moidgeonfo

generic tadalafil from uk side effects for tadalafil

2022-04-02
Where To Buy Generic Cialis Online Safely

where to order tadalafil tablets tadalafil drug

2022-04-02
Cialis 20 Mg

tadalafil brands side effects for tadalafil

2022-04-01
Cialis Without Prescription

where to buy generic cialis online safely where to buy cialis without prescription

2022-04-01
Buy Cialis Online

cheap cialis pills for sale generic cialis tadalafil

2022-04-01
Moidgejsux

tadalafil online with out prescription cheapest tadalafil cost

2022-03-31
Advattkplu

https://cialisusdc.com/ tadalafil daily online

2022-03-31
Moidgeeuxj

generic cialis online fast shipping where to buy tadalafil on line

2022-03-30
Advattweeh

cheap cialis pills for sale cialis without prescription

2022-03-30
Cheap Generic Cialis For Sale

tadalafil without a doctor prescription buy tadalis

2022-03-30
Tadalafil Cost Walmart

tadalafil cost walmart side effects of tadalafil

2022-03-29
Cialis Alternative

cialis generic cialis alternative

2021-12-13
Can I Take Cialis With Daxpoteine

can ubuy cialis on streets cialis pills

2021-11-26
Cialis Price

generic cialis cialis tablets

2021-11-16
Lbgidiot

viagra (sildenafil) over the counter viagra walgreens viagra dapoxetine http://genqpviag.com/ - how long does viagra 100mg last? ’

2021-01-25
maya

Hai Shan, Spot foto2 di Klapanunggal CIleungsi, wkt kami ke sana Januari 2018 sih nggak ada tiket masuk. Krn memang bukan merupakan kawasan wisata yg dikelola baik oleh warga, apalagi pemda. Cuma karena itu kawasan masih aktif ditambang utk pabrik semen, jadi kami pas lewat kulonuwun saja dengan pekerja2 di situ. Saat parkir kendaraan, kami juga meniitpkan pd bapak/ibu pemilik warung. Dan sbg gantinya, usai eksplor gua kami jajan dan beli minum di warung itu. Apakah skrg sudah berubah, sudah ada tiket masuk, itu yg nggak bs kami pastikan. Krn banyak sekali tempat2 foto bagus di mana2 yg awalnya gak ada tiket, tp pas banyak orang datang, warga lokal atau karang taruna berinisiatif mengeloa dan memberlakukan tiket. Apalagi kalau bawa peralatan foto lengkap utk foto prewedding, pasti mencolok dan mungkin jadi disamperin warga ya. Saran saya, sebelum melakukan foto prewed, survey dulu aja ke sana, lihat situasi dan tanya warga lokal atau pekerja di situ. Kalau Mbak tinggal di Jabodetabek kan nggak terlalu jauh utk ke sana. Drpd sudah bawa2 alat dan calon mempelai yg mau difoto, trus jd masalah sama warga, mending survey dulu. Syukur2 misalnya ketemu warga yg dituakan di situ atau ketemu mandornya para pekerja yg mewakili perusahaan yg punya hak kelola lahan itu. Demikian. Semoga cukup membantu. Salam, Maya www.mytrip.co.id

2019-06-21
Shan

Hi Mba, terima kasih review tempat huntingnya. Mba aku boleh tanya disana ada biaya masuknya gak? dan kalo untuk dipake photoshoot seperti prewed yang harus bawa lighting apakah dikenakan biaya? Thank you Mba.

2019-06-20
Shan

Hi Mba, terima kasih review tempat huntingnya. Mba aku boleh tanya disana ada biaya masuknya gak? dan kalo untuk dipake photoshoot seperti prewed yang harus bawa lighting apakah dikenakan biaya? Thank you Mba.

2019-06-20
maya

Hai Shan, Spot foto2 di Klapanunggal CIleungsi, wkt kami ke sana Januari 2018 sih nggak ada tiket masuk. Krn memang bukan merupakan kawasan wisata yg dikelola baik oleh warga, apalagi pemda. Cuma karena itu kawasan masih aktif ditambang utk pabrik semen, jadi kami pas lewat kulonuwun saja dengan pekerja2 di situ. Saat parkir kendaraan, kami juga meniitpkan pd bapak/ibu pemilik warung. Dan sbg gantinya, usai eksplor gua kami jajan dan beli minum di warung itu. Apakah skrg sudah berubah, sudah ada tiket masuk, itu yg nggak bs kami pastikan. Krn banyak sekali tempat2 foto bagus di mana2 yg awalnya gak ada tiket, tp pas banyak orang datang, warga lokal atau karang taruna berinisiatif mengeloa dan memberlakukan tiket. Apalagi kalau bawa peralatan foto lengkap utk foto prewedding, pasti mencolok dan mungkin jadi disamperin warga ya. Saran saya, sebelum melakukan foto prewed, survey dulu aja ke sana, lihat situasi dan tanya warga lokal atau pekerja di situ. Kalau Mbak tinggal di Jabodetabek kan nggak terlalu jauh utk ke sana. Drpd sudah bawa2 alat dan calon mempelai yg mau difoto, trus jd masalah sama warga, mending survey dulu. Syukur2 misalnya ketemu warga yg dituakan di situ atau ketemu mandornya para pekerja yg mewakili perusahaan yg punya hak kelola lahan itu. Demikian. Semoga cukup membantu. Salam, Maya www.mytrip.co.id

2019-06-21