SAMIGALUH, ALTERNATIF LIBURAN MELIPIR DARI YOGYAKARTA 2020-02-29 00:00

Puncak Suroloyo dilihat dari gardu pandang Tegal Kepanasan

 

Nama Samigaluh pastilah masih asing di telinga sebagian besar dari kita. Tapi kalau disebut Kulon Progo, kemungkinan besar tahu, apalagi bandara internasional baru di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta berada di Kabupaten Kulon Progo. Nah, Samigaluh ini merupakan satu dari 12 kecamatan di Kabupaten Kulon Progo. Destinasi wisata alam di Samigaluh begitu beragam, yang populer adalah Puncak Suroloyo (puncak tertinggi Pegunungan Menoreh). Dan tentu masih banyak tempat lain yang menarik. Simak yuk...

 

CARA KE SAMIGALUH

Samigaluh walaupun terletak di Kabupaten Kulon Progo tapi tetap lebih dekat diakses melalui Bandara Adi Sucipto Yogyakarta, berjarak sekitar 38 km, berkendara 1-1,5 jam. Kalau dari Yogyakarta Internasional Airport di Kulon Progo malah berjarak 45 km.

 

OBJEK-OBJEK WISATANYA:

CURUG SIDOHARJO

 

Curug Sidoharjo atau biasa disebut Air Terjun Perawan Sidoharjo terletak di Dusun Wonotawang Desa Sidoharjo Kecamatan Samigaluh. Curug setinggi 75 m ini aliran airnya mengguyur deras menerobos ke tepian hijaunya dinding tebing. Ditambah dengan hamparan taman bunga dan pemandangan Pegunungan Menoreh dari kejauhan. Dari tempat parkir mobil, kita harus jalan kaki sejauh 300 m. Tiket masuk Rp3.000, parkir motor Rp2.000, mobil Rp5.000.

 

KEBUN TEH TRITIS

 

Kebun Teh Tritis terletak di Dusun Tritis Desa Ngargosari Kecamatan Samigaluh. Untuk menyusurinya telah disediakan jalan setapak di hamparan terasering tanaman teh. Jika cuaca cerah, pada bagian paling puncak kita dapat melihat Pegunungan Menoreh. Harga tiket masuk Rp2.000, parkir motor Rp2.000, mobil Rp5.000.

 

PEGUNUNGAN MENOREH

Pegunungan Menoreh mempunyai 3 puncak tertinggi di mana Puncak Suroloyo merupakan puncak paling tinggi (1.091 mdpl) yang terletak di Dusun Keceme Desa Gerbosari Kecamatan Samigaluh. Selain Puncak Suroloyo, masih ada 2 puncak lain yaitu Puncak Sariloyo dan Puncak Kaendran. 

 

Dari Puncak Suroloyo akan terlihat Candi Borobudur, Kota Magelang, Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Untuk mencapai Puncak Suroloyo harus menaiki 286 anak tangga.

 

Puncak Suroloyo dilihat dari gardu pandang Tegal Kepanasan

 

Puncak Sariloyo terletak sekitar 200 m dari Puncak Suroloyo. Dari sini bisa dilihat kecantikan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Untuk mencapainya kita harus melewati 50 anak tangga. Tidak jauh dari Puncak Sariloyo terdapat gardu pandang yang bernama Tegal Kepanasan.

 

Puncak Sariloyo dilihat dari Puncak Suroloyo

 

Puncak Kaendran terletak sekitar 250 m dari Puncak Suroloyo. Dari sini bisa dilihat wilayah Kabupaten Kulon Progo hingga bentangan Samudera Hindia dan kawasan Pantai Glagah. Untuk mencapainya harus melewati 50 anak tangga.

 

Tiket masuk ketiga puncak Rp5.000, parkir motor Rp2.000, mobil Rp5.000.

 

PUNCAK WIDOSARI

Puncak Widosari dari depan

 

Terletak di Dusun Tritis Desa Ngargosari Kecamatan Samigaluh. Puncak Widosari yang berada pada ketinggian 900 mdpl terkenal akan bongkahan batu tunggal berukuran raksasa. Di sini disediakan gardu pandang yang terbuat dari beton dan berpagar besi. Terdapat pula gardu-gardu tempat kita bisa melihat pemandangan Gunung Merapi, Gunung Merbabu hingga bibir Pantai Selatan. Tiket masuk Rp5.000, parkir motor Rp3.000, mobil Rp5.000.

 

Puncak Widosari dari belakang

 

PENGINAPAN

Terdapat penginapan romantis berkonsep homestay yaitu Rimbono Homestay yang terletak di Dusun Nglinggo Desa Pagerharjo Kecamatan Samigaluh. Berbentuk rumah panggung, berbahan baku kayu dan beratap ijuk, dikelilingi teduhnya pepohonan. Penginapan ini menyediakan mobil wisata berkapasitas 6 orang yang siap mengantar jelajah wisata di kawasan Samigaluh. 

 

Rimbono Homestay

 

ANEKA TIPS:

- Curug Sidoharjo, Pegunungan Menoreh dan Puncak Widosari bisa untuk wisata keluarga, namun anak-anak harus dalam pengawasan khusus.

- Kebun Teh Tritis sangat cocok untuk wisata keluarga.

- Gunakan kendaraan yang baik karena di Kulon Progo terdapat banyak tanjakan dan tikungan ekstrem.

- Bagi pengguna kendaraan roda 4, saat berkunjung ke Pegunungan Menoreh, Kebun Teh Tritis dan Puncak Widosari disarankan menggunakan mobil wisata dari Rimbono Homestay, ini berkaitan dengan penguasaan medan.

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Arief Nurdiyansah, Clara Soca Atisomya
Comment