LONG BEACH PULAU PADAR, EKSOTISME PASIR PINK DI LABUAN BAJO 2022-02-14 06:00

Long Beach Pulau Padar

 

Pink Beach, pantai dengan pasir berwarna pink, menjadi salah satu tujuan utama wisatawan datang ke Taman Nasional Komodo yang gerbang masuknya di Kota Labuan Bajo Pulau Flores Nusa Tenggara Timur (NTT). Nah, selama ini Pink Beach yang paling sering disinggahi dan dikenal wisatawan adalah Pink Beach yang berada di Pulau Komodo. Padahal pantai dengan pasir berwarna pink bukan hanya satu itu saja di TN Komodo. Ada beberapa, dan yang sekarang jadi favorit dan lebih ramai dikunjungi adalah Long Beach di Pulau Padar.

 

Long Beach dan pasir pinknya

 

Sesuai namanya, garis pantainya panjang, lebih panjang dari Pink Beach. Dan warna pink pasirnya lebih mencolok daripada Pink Beach yang sekarang. Ya, ternyata alasan utama kenapa sejak akhir 2018 para wisatawan dibawa ke Long Beach, bukan Pink Beach lagi, karena makin lama warna pasir di Pink Beach sudah kurang tajam, memudar. Apa sebabnya, entahlah. Memang, Pink Beach yang MyTrip lihat terakhir Juni 2018 dan juga April 2017, tak se-pink tahun 2013 dan 2015.

 

Long Beach, garis pantainya lebih panjang dari Pink Beach

 

Warna pink pasirnya lebih mencolok di Long Beach

 

Ini Pink Beach di Pulau Komodo, tahun 2018, sudah kurang pink

 

Long Beach berada di Pulau Padar sebelah mananya sih? Kalau Trippers naik ke puncak Pulau Padar ‘kan pasti melihat 3 lekukan pulau yang epik itu. Dua lekukan ada di sebelah kiri, satu lekukan di sebelah kanan, tempat dermaga berada. Nah, Long Beach itu berada di balik lekukan sebelah kanan.

 

Long Beach berada di balik bukit ini di Pulau Padar

 

Jadi Long Beach biasa disinggahi setelah kita turun dari puncak Pulau Padar. Dengan naik speedboat lagi tentunya, paling hanya 15 menit. Sementara Pulau Padar sendiri ditempuh dengan speedboat dari Kota Labuan Bajo sekitar 2 jam.

 

Rombongan MyTrip di Long Beach, Desember 2021

 

Kalau di Pink Beach kita bisa naik bukit di kiri kanannya untuk melihat pemandangan yang sangat cantik dari atas, di Long Beach juga bisa. Tapi sayang MyTrip belum sempat mencobanya saat pertama kali singgah Desember 2021. Kami saat itu menikmati keindahan pantai dari warung-warung tenda yang berjejer, sambil menyeruput kelapa muda. Segarrr…. Ya di Long Beach ada cukup banyak warung tenda, diatur cukup rapi. Kalau di Pink Beach sampai terakhir MyTrip ke sana Juni 2018 nggak ada warung.

 

Pink Beach di Pulau Komodo, difoto dari ketinggian bukit di sebelah kanan

 

Warung-warung tenda di Long Beach

 

Perairan di depan Pink Beach sangat kaya biota lautnya, favorit buat snorkeling maupun diving. Long Beach juga sama, perairan di depannya bisa untuk snorkeling. Sayang MyTrip tak sempat menjajalnya untuk membuktikan apakah keindahan bawah lautnya bisa disejajarkan dengan Pink Beach.

 

Long Beach

 

Jadi Trippers, kalau sekarang-sekarang ini ke Labuan Bajo, pasti sudah nggak diajak mampir ke Pink Beach lagi, tapi ke Long Beach. Kecuali durasi tripnya panjang, Trippers bisa tetap ke Pink Beach, paling tidak untuk snorkeling.

 

Long Beach

 

Yuk, ikut Labuan Bajo Trip dengan Phinisi Helena bersama MyTrip tanggal 1-4 Juli 2022. Hubungi MyTrip di 0811821006 atau klik di sini

 

 

Teks & Foto: Mayawati NH (Maya The Dreamer)
Comment