ITINERARY KUPANG & PULAU ROTE 5 HARI 2016-12-10 00:00

Pantai Lasiana
 

Kupang di Pulau Timor mungkin kalah pamor dari Flores, yang sama-sama termasuk Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Tapi bukan berarti Kupang yang merupakan ibu kota Provinsi NTT ini nggak menarik buat dieksplor. Ada pantai cantik, ada alat musik sasando, dan lagi dari Kupang bisa kita ke Pulau Rote. Pulau terluar di bagian selatan wilayah Indonesia ini punya banyak pantai eksotis. Yuk berkelana ke Kupang dan Rote selama 5 hari berdasarkan panduan MyTrip ini.

 

HARI 1

JAKARTA-KUPANG

- Dari Bandara El Tari Kupang dengan mobil sewa ke hotel dulu untuk check in, lalu makan siang.

- Ke kantor Express Bahari dekat Pelabuhan Tenau untuk beli tiket kapal cepat buat besoknya ke Pulau Rote.

- Lanjut ke Gua Kristal di dekat Pelabuhan Bolok, 20 km dari Kupang (berkendara 30-45 menit). Jangan lewat dari jam 2 siang supaya dapat cahaya matahari yang masuk memantul ke kolam di dalam gua.

 

Gua Kristal

 

- Ke air terjun Oenesu, 17 km dari Kupang. Air terjun yang cantik ini gampang dinikmati, nggak perlu jalan jauh.

- Menunggu sunset di Pantai Lasiana, 12 km dari pusat kota. Pantai yang ditandai dengan banyaknya pohon lontar ini menghadap Teluk Kupang.

- Makan malam aneka seafood di Kampung Solor.

 

HARI 2

KUPANG-ROTE

- Pagi jam 07.00 ke Pelabuhan Tenau untuk naik kapal cepat. Dari pusat kota ke pelabuhan 30 menit berkendara.

- Penyeberangan Kupang-Rote makan waktu 2,5 jam. Tiba di Rote di Pelabuhan Kota Ba’a, ibu kota Kabupaten Rote. Begitu turun kapal banyak tawaran ojek, angkot, maupun mobil sewa. Bisa langsung sewa angkot atau mobil ber-AC di pelabuhan untuk ke penginapan dan lanjut eksplor Rote. Atau dari pelabuhan naik ojek saja, lalu baru sewa mobil dari penginapan.

- Setelah check in langsung eksplor Rote ke arah barat: Rumah peninggalan Kerajaan Rote, Pantai Oeseli , Pantai Bo’a Fimok, Pantai Bo’a (melihat pulau terluar di selatan Indonesia yang sesungguhnya yaitu Pulau Ndana), dan terakhir ke Pantai Nemberala melihat sunset. Kalau pas musimnya bisa menonton surfing.

 

Nemberala

 

- Makan malam di lapangan bola di Kota Ba’a yang merupakan pusat keramaian kota kecil ini.

 

HARI 3

EKSPLOR ROTE, LANJUT ROTE-KUPANG

- Pagi ini masih sempat eksplor Rote ke arah timur. Pantai Telindale dan Pantai Batu Termanu. Lengkapnya soal Batu Termanu baca Batu Termanu, Jauh-jauh Datang dari Maluku ke Pulau Rote.

- Jadwal kapal cepat kembali ke Kupang pkl.13.00. Sebaiknya tiba di dermaga sejam sebelumnya. Kalau sampai ketinggalan kapal, tiket memang nggak hangus, asal lapor, diganti untuk berangkat esoknya. Tapi ‘kan rencana bisa berantakan kalau ketinggalan kapal dan harus menginap semalam lagi di Rote.

- Tiba di Pelabuhan Tenau di Kupang, naik mobil sewa untuk kemudian makan siang dan eksplor dalam kota Kupang (Tugu Ina Boi dan Gong Perdamaian). Info: Kalau nggak sewa mobil, di pelabuhan ada ojek maupun angkot.

 

Gong Perdamaian

 

- Malam ini bisa coba menikmati kehidupan malam Kupang. Ada beberapa bar, diskotek dan karaoke yang buka sampai lewat tengah malam.

 

HARI 4

EKSPLOR LUAR KOTA KUPANG

- Pagi jam 5 berangkat ke arah timur, ke Pantai Kolbano di Timor Tengah Selatan. Perjalanan 3,5 jam. Garis pantainya panjang, bebatuan di pantainya pipih dan berwarna-warni. Pantai ini lebih breathtaking jika dipandang dari atas bukit di ujung timur. Nggak ada fasilitas apa-apa di sini kecuali warung makan sederhana.

 

Pantai Kolbano

 

- Pulangnya masih sejalan, mampir ke air terjun Tesbatan di Kec.Amarasi, 50 km dari Kupang. Dari tempat parkir jalan kaki lagi sekitar 10 menit untuk melihat tingkat paling atas dari air terjun 5 tingkat ini.

 

Air Terjun Tesbatan

 

HARI 5

KUPANG-JAKARTA

- Masih sempat dari pagi-siang eksplor Kupang:

  • Ke tempat jualan kue cucur yang ternyata kue khas Kupang lho!
  • Ke kerajinan sasando (alat musik tradisional Rote) di Jl.Timor Raya Km 22 Desa Oebelo (bengkel dan show room sederhana milik Bapak Jeremias A. Paah). Kalau nggak beli sasando, berilah tip serelanya untuk Bapak Jeremias dan putranya yang menghibur kita dengan permainan sasando.

 

Sasando

 

  • Ke tempat pusat tenun ikat Ina Ndao, bisa lihat proses pembuatannya dan bisa belanja sekalian.
  • Ke Toko Seni Kupang beli oleh-oleh.
  • Mampir beli se’i babi atau sapi.

 

Se'i, daging asap khas Kupang

 

- Kupang-Jakarta dengan penerbangan siang menjelang sore.

Teks: Mayawati NH Foto: Raiyani Muharramah
Comment