ALTERNATIF WISATA SANTAI DI FILIPINA: GUIMARAS 2019-10-16 00:00

Berwisata santai di Pulau Lamurawan, Guimaras

 

Ya, nama Guimaras memang masih sangat asing di telinga kita. Makanya baca artikrel ini supaya nggak asing lagi ya... Guimaras adalah sebuah provinsi di Filipina, berupa pulau yang berada di sebelah tenggara Pulau Panay dan sebelah barat laut Pulau Negros, di Western Visayas. Masih nggak kebayang pasti ya? Lihat dulu petanya sebelum kita lanjut ya.

 

Peta Filipina

 

Peta Guimaras

 

Pulau yang luasnya 60.457 hektar ini dikembangkan sebagai pulau wisata, juga pusat agrikultur, terutama penanaman mangga. Terdiri dari 5 kotamadya: Jordan, Buenavista, Nueva Valencia, San Lorenzo, Sibunag.

 

CARA KE GUIMARAS

Guimaras paling dekat dijangkau dari Iloilo City di Pulau Panay. Dari Iloilo City ke Parola Wharf dulu (masih di Pulau Panay), kurang lebih berkendara 15 menit dari pusat kota. Dermaga ini melayani penyeberangan ke Guimaras dengan kapal umum –kapal kayu yang cukup besar yang disebut pumpboat (kapasitas 45-50 penumpang). Perjalanan laut 15 menit.

 

Di Guimaras ada dua dermaga yang menjadi tempat berlabuh kapal-kapal umum dari Iloilo, yakni Buenavista atau Mc Arthur’s Wharf (dari Parola Wharf) dan Jordan (dari Ortiz Wharf). Dari Ortiz ke Jordan 15-20 menit juga. Dermaga Parola lebih populer di kalangan wisatawan.

 

Cara ke Iloilo City baca di sini.

 

CARA MENGEKSPLORNYA & APA SAJA YANG DIEKSPLOR

Nah, begitu tiba di dermaga di Buenavista kita akan melihat cukup banyak kantor agen travel yang akan menawarkan paket tur keliling Guimaras. Tujuan populer adalah Alubihod Beach Area, yang berada di pesisir barat Guimaras (sama dengan Buenavista dan Jordan, di pesisir barat juga). Wisatawan harus naik mobil dulu untuk ke Alubihod selama 45 menit.

 

Dari Alubihod ada banyak penawaran sewa kapal kayu untuk ke beberapa pulau wisata. Salah satu tempat di Alubihod yang menawarkan island hopping adalah Raymen Beach Resort.

 

Kapal kayu untuk island hopping

 

Objek yang dituju: Pantai Natago, Pulau Lamurawan, Baras Bay (melihat Baras Cave), Turtle Island, dan Ave Maria Islet (untuk snorkeling). Dari Alubihod ke Natago perjalanan dengan kapal kayu 15 menit.

 

Total durasi island hopping kalau hanya berhenti di Natago dan Lamurawan serta melewati 3 spot lainnya hanya 2,5 jam. Tapi kalau di 5 tempat itu semua berhenti butuh waktu total sekitar 5-6 jam. Tapi tetap bisa keburu kembali ke Iloilo City di hari yang sama.

 

Kalau mau praktis, paket island hopping maupun paket tur lainnya di Guimaras bisa diambil dari Iloilo City. Atau mau hemat sedikit tapi tetap nyaman, jalan sendiri ke Buenavista, baru ambil paket tur di dermaga itu. Biaya tergantung fasilitas yang ditawarkan.

 

Kalau mau lebih hemat lagi, semua dilakukan sendiri. Naik kapal umum dari Iloilo City ke Buenavista di Guimaras PHP 14. Dari Buenavista naik jeepney ke Nueva Valencia PHP 20, dan sambung lagi naik tricycle ke Alubihod. Dari situ baru sewa perahu. Harganya PHP 500 untuk 1 jam pertama, dan tambahan PHP 150 per jam berikutnya. Kapasitas perahu 1-10 orang. Ada perahu yang lebih besar (11-15 orang) PHP 700 untuk 1 jam pertama dan tambahan PHP 200 per jam berikutnya. Catatan: harga bisa sewaktu-waktu berubah.

 

Waktu terbaik ke Guimaras Maret-Mei, selama musim panas, buah mangga berbuah bagus pada musim ini. Juga ada Manggahan Festival, April-Mei. Di Guimaras memang banyak sekali diadakan festival tahunan.

 

Natago Beach

 

Natago artinya “tersembunyi”. Begitu turun dari perahu berjalanlah ke sebelah kiri, ikuti jalan setapak yang sudah dibangun rapi. Di ujung jalan setapak yang ke arah kanan ada area untuk berfoto-foto menghadap ke arah birunya laut. Sementara kalau ke sebelah kiri mengarah ke spot berenang dan ke arah vila di puncak bukit.

 

Lamurawan Island

 

Sebelum sampai ke pulau kecil ini kita akan melihat beberapa floating cottage yang merupakan tempat singgah. Lamurawan sendiri tadinya adalah pulau yang ditinggali para biarawati. Dari atas view point-nya yang tak seberapa tinggi terhampar pemandangan pulau-pulau kecil di depannya, mirip Piaynemo di Raja Ampat Papua Barat.

 

Dari Natago ke Lamurawan hanya 5 menitan. Nggak ada aktivitas khusus di sini kecuali berfoto dan menikmati pemandangan dan semilir angin laut.

 

Baca juga: "Terbang Lebih Menyenangkan ke 7 Tempat yang Menakjubkan di Filipina!"

 

Daftar Kegiatan atau Objek Wisata di Guimaras Lainnya:

- Old Trappist Monastery di Jordan.

- Agri-Tourism Circuit.

- Holy Family Hills di San Lorenzo.

- Suba Malawig Eco-Tour di Nueva Valencia.

 

Rekomendasi Tempat Makan di Guimaras:

Camina Balay Nga Kawayan di Sibunag

Menyediakan buffet lunch atau dinner seharga PHP 500. Sajiannya melimpah termasuk berbagai jenis tumis sayuran, dengan minuman es kalamansi yang amat segar, dan tentu saja potongan mangga. Restorannya semi terbuka, sambil makan kita bisa memandang ke arah luar berupa hutan, laut dan langit biru.

 

Info kurs: PHP 1= +/-Rp275

Teks & Foto: Mayawati NH
Comment