DI GANGWON SEMUA ADA TERMASUK LOKASI SYUTING K-DRAMA 2019-09-22 00:00

Yongpyong Resort di Pyeongchang

 

Kalau mendengar nama Gangwon, banyak yang respons, “Ini tempat baru di Korea?” Tapi kalau disebut Nami Island, Mt. Sorak atau Seoraksan, pasti banyak yang tahu karena kedua tempat ini masuk dalam itinerary tur ke Korea yang umum. Nah, Nami Island dan Mt. Sorak itu berada di Provinsi Gangwon. Dan pssst... banyak K-Drama yang syutingnya di wilayah Gangwon lhoo.... Boy band BTS juga foto sampul albumnya diambil di wilayah Gangwon.

 

Musim gugur di Nami Island

 

Mt. Sorak

 

Gangwon adalah provinsi di Korea Selatan yang berada persis di sebelah timur dan timur laut Kota Seoul, ibu kota Korea. Bukan cuma mudah dijangkau dari Seoul dan Incheon International Airport dengan bus atau kereta, tapi tidak lama lagi Yangyang Internatonal Airport di Gangwon akan bisa dijangkau penerbangan internasional dari Bangkok (mulai Desember 2019), Ho Chi Minh (Februari 2020), Hanoi (Februari 2020), dan Taipei (Desember 2019).

 

Transportasi ke berbagai kota dan distrik di Gangwon dari Seoul dan kota lain di Korea memang praktis dan mudah. Apalagi ada jalan tol yang menghubungkan Seoul dengan Chuncheon, ibu kota Gangwon, maupun Yangyang International Airport. Juga ada kereta yang membuat Seoul ke Chuncheon bisa ditempuh hanya 1 jam, dan ke pesisir timur yang terjauh hanya 2 jam.

 

Wakil Gubernur Gangwon, Jung Man Ho

 

Jung Man Ho, Wakil Gubernur Provinsi Gangwon, dalam kesempatan wawancara dengan MyTrip dan beberapa media pada 19 September 2019 di Sheraton Grand Jakarta, bersamaan dengan penyelenggaraan Gangwon Internasional Travel Mart di Jakarta, sangat antusias mengajak wisatawan dari Indonesia berkunjung ke Gangwon. “Setelah sukses menyelenggarakan Olympic & Paralympic Winter Games 2018 di Gangwon, tepatnya di Pyeongchang, kami memiliki berbagai fasilitas baru seperti hotel dan lainnya, yang siap memanjakan para wisatawan. Dan tentu saja banyak yang bisa kami tawarkan yakni budaya yang unik, kuliner yang lezat, dan keindahan alam dari pegunungan sampai lautan. Terutama winter di Gangwon sangat indah, dan salju bertahan paling lama di Gangwon, antara akhir Oktober sampai April. Musim-musim lain juga menarik, musim panas bisa surfing, musim gugur bisa melihat daun berguguran aneka warna, musim semi bisa melakukan forest trekking. Dan ada satu hal lagi yang menarik bagi wisatawan Indonesia, banyak lokasi syuting K-Drama dan K-Pop ada di Gangwon, jadi kalian bisa berfoto-foto di situ. Untuk yang gemar belanja juga banyak tempat di Gangwon, termasuk untuk membeli kosmetik bagus dengan harga murah,” panjang lebar Pak Wakil Gubernur membabarkan keunggulan wisata Gangwon.

 

Indahnya winter di Pyeongchang, Gangwon

 

Bagi para independent travelers, Gangwon juga menyediakan Tour Taxi for Foreigners, 3 jam keliling hanya 20.000 won (sekitar Rp240.000), untuk maksimum 4 penumpang. Taksi ini tersedia di Chuncheon Station dan Gangneung Station.

 

Berita baik untuk para sahabat Muslim, dijelaskan oleh Pak Wakil Gubernur, Gangwon sangat Muslim friendly. Makanan halal nggak sulit dicari, begitu juga tempat sholat.

 

Tagline “Gangwon Has It All!” bukan menjadi jargon semata karena memang wisata Gangwon begitu beragam, niscaya bisa memenuhi banyak selera dan minat. Selain yang sudah diuraikan di atas, masih banyak lagi yang ditawarkan Gangwon. Ini hanya sedikit yang bisa disebutkan: Gangneung sebagai Kota Kopi, 9 ski resort yang family friendly di beberapa kota dan distrik, banyaknya festival digelar (di antaranya Cherry Blossom Festival, Lavender Festival, sampai Snow Festival, dan banyak lagi), adanya team building program salah satunya Curling Experience (curling adalah salah satu cabang olah raga yang dipertandingkan di Olympic Winter Games), wisata tinggal di pedesaan dan ikut mengalami budayanya, wisata petualangan seperti rafting dan zip line, dan banyak lagi.

 

Dan o ya, berhubung Gangwon berbatasan dengan Korea Utara, dimungkinkan juga untuk berwisata di wilayah perbatasan yang dikenal dengan nama DMZ (Demilitarized Zone). Seru nih pastinya.

 

Buat yang sudah bersiap untuk jalan-jalan ke Korea dalam waktu dekat, jangan lupakan satu agenda di Gangwon di bulan Oktober. Ada 2019 Gangneung Coffee Festival tanggal 3-6 Oktober 2019, juga ada 2019 Gangneung K-Pop World Festa tanggal 4 Oktober 2019. Bakal dimeriahkan oleh Baek Ji Young, Twice, Seventeen, Red Velvet, Rocket Punch, dan NCT Dream.

 

Bagaimana, sudah siap ke Gangwong?

Teks: Mayawati NH Foto: Dok. Hola! Public Relations, Dok. Gangwon Tourism
Comment