PANDUAN CERDAS ESKPLOR TAMAN NASIONAL BUNAKEN

PANDUAN CERDAS ESKPLOR TAMAN NASIONAL BUNAKEN

Thursday, 11-07-2019 | 20:16

 

Keindahan bawah laut Taman Nasional Bunaken di Sulawesi Utara memang terkenal ke seantero dunia, terutama di kalangan para penyelam. Tapi jangan khawatir, bukan hanya penyelam yang bisa menikmatinya, karena hanya dengan snorkeling pun keindahannya bisa terekam mata saking jernihnya.

 

TN Bunaken yang merupakan taman laut pada tahun 2005 menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Merupakan perwakilan ekosistem perairan tropis Indonesia yang terdiri dari hutan bakau, padang lamun, terumbu karang, dan daratan/pesisir/pantai.

 

Letaknya yang di Segitiga Terumbu Karang Dunia menjadikannya kaya akan berbagai spesies  terumbu karang dan juga berbagai spesies ikan (termasuk ikan purba yang disebut ikan raja laut), kepiting, udang, moluska (termasuk kima raksasa/giant clam), bintang laut yang khas, reptil dan mamalia laut (duyung/dugong, paus, lumba-lumba).

 

 

Ada 5 pulau yang termasuk dalam kawasan TN yakni Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Nain dan Siladen, yang kesemuanya memiliki lokasi penyelaman. Lokasi penyelaman di TN Bunaken mayoritas berupa tebing karang vertikal (wall) sedalam hingga sekitar 50 m.

 

Daratannya sendiri tak kalah menarik dari perairannya. Di sana hidup kera hitam Sulawesi (Macaca nigra), rusa, kuskus, biawak, ular, kelelawar, musang dan tikus hitam. Bahkan konon masih ditemukan tarsius spectrum di Pulau Mantehage.

 

CARA KE BUNAKEN

TN Bunaken terletak di Teluk Manado di Provinsi Sulawesi Utara. Kota gerbang masuknya adalah Manado, ibu kota Provinsi Sulawesi Utara. Dari Jakarta atau kota besar lainnya di Indonesia (Surabaya, Yogyakarta, Makassar, Denpasar, Balikpapan) terbang dulu ke Manado (Bandara Sam Ratulangi). Durasi terbang ke Manado dari Jakarta 3,5 jam.

 

Dari Bandara Sam Ratulangi ke Kota Manado 45 menit, tambah 30 menit lagi ke pesisir pantai atau pelabuhan guna menyeberang. Dari Pelabuhan ITC Marina Plaza di Kota Manado ke Pulau Bunaken memakan waktu 45-60 menit dengan speedboat. Ke Siladen 50 menit. Ke Manado Tua 1 jam. Ke Mantehage 1,5 jam. Ke Nain 2 jam. Durasi bisa sangat bervariasi tergantung kekuatan mesin speedboat serta kondisi angin dan ombak. (Selain dari Pelabuhan ITC Marina Plaza, kita juga bisa menyewa perahu di Pelabuhan Pasar Bersehati).

 

Ada juga kapal yang bisa disewa untuk menyeberang ke Pulau Bunaken atau untuk one day trip (biasanya untuk snorkeling dan island hoping).

 

Atau jika sudah pesan dive package ke salah satu resor atau operator selam, kita akan dijemput di bandara. Tahu beres, pokoknya duduk, dan sampai.

 

 

CARA MENGEKSPLORNYA

Mengeksplornya menggunakan speedboat dan biasanya dengan glass bottom boat. Boat tersedia banyak di beberapa pelabuhan, Anda hanya perlu menyewanya minimal sehari sebelumnya.

 

WAKTU TERBAIKNYA

The best time-nya Mei-Agustus karena kondisi air laut sangat jernih, jarak pandang untuk penyelaman bisa maksimal dan suhunya hangat. Tapi Maret sampai Oktober juga masih OK. Hindari Desember sampai Januari karena air laut sedang pasang dan juga cenderung kotor yang diakibatkan banyaknya sampah yang terbawa arus.

 

Baca juga: "Itinerary Manado-Bunaken-Tomohon-Tangkoko 4 Hari"

 

DURASI IDEAL

Kalau untuk menyelam minimal 4 hari. Tapi kalau hanya snorkeling cukup dua hari satu malam.

 

AKTIVITASNYA

- Menyelam

Kondisi perairan Bunaken ramah bagi penyelam dari segala tingkatan, termasuk pemula. Kita akan melihat ikan besar sampai makhluk kecil yang lucu-lucu. Terumbu karangnya juga berwarna-warni.

 

Pygmy seahorse, makhluk kecil lucu di dalam air

 

Titik penyelamannya menyebar di sekitar garis pantai di kelima pulaunya, kurang lebih ada 40 titik. Paling banyak di sekitar Pulau Bunaken, di antaranya Fukui, Likuan 1-3, Muka Kampung, Sachiko’s Point, Labasong, Critter Circus. Selain kejernihannya (jarak pandang bisa sampai 50 m), Bunaken terkenal dengan drop-off atau wall alias tebing karang vertikal.

 

 

- Snorkeling

Lokasi favorit snorkeling di pantai barat yang ikannya banyak. Di pantai timur kondisinya lebih sepi dan terumbu karangnya lebih sehat.

 

- Trekking

Bisa dilakukan di Gunung Manado Tua. Ada jalur trek yang umum dilalui wisatawan.

 

- Melihat Sunset

Kegiatan selingan lainnya tentu saja menikmati matahari terbenam dengan latar Gunung Manado Tua.

Sunset dengan latar gunung Manado Tua

Teks: Mayawati NH Foto: Indra Swari W, Mayawati NH

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


994

Back to Top