KE NEW YORK? INI DIA OBJEK WISATA WAJIBNYA 2021-09-23 12:00

New York dan landmark utamanya, Patung Liberty

 

Kota New York yang berada di wilayah East Coast USA merupakan kota pusat bisnis. Tapi New York tidak semua isinya gedung pencakar langit. Ada 2 pulau kecil yang menarik yaitu Liberty Island dan Ellis Island. Sedangkan gedung pencakar langit yang umumnya perkantoran dan pertokoan mewah berada di wilayah Manhattan. Jalan di wilayah ini dinamai secara vertikal dan horizontal. Secara garis vertikal dinamai 1st Avenue sampai 8th Avenue, dan termasuk Broadway yang terletak antara 7th dan 8th Avenue. Lalu secara horizontal dari 1st Street sampai 220th Street. Apa saja objek wisata menarik di New York?

 

Baca juga: “Panduan Cerdas Eksplor East Coast USA

 

LIBERTY ISLAND

Patung Liberty yang sangat identik dengan kota New York terletak di satu pulau kecil yang tidak jauh dari wilayah Lower Manhattan. Hanya sekitar 15 menit berlayar dari dermaga Baterly Park. Dan hanya ada satu cruise yang merapat di Liberty Island dan Ellis Island yaitu Statue Cruise (cruise lainnya hanya melewati saja). Tiket cruise dan tiket masuk sampai ke area pedestal bahkan area crown dari Patung Liberty (tiketnya terbatas) bisa dibeli online di www.statuecruises.com.

 

Statue Cruise

 

Patung Liberty yang merupakan simbol dari kemerdekaan dan demokrasi ini terbuat dari perunggu dan tingginya 51 m. Diresmikan tanggal 28 Oktober 1886 dan merupakan hadiah seratus tahun kemerdekaan Amerika Serikat dari Prancis. Pemahat patung adalah Frederic Auguste Bartholdi, dan Gustave Eiffel (desainer Menara Eiffel) yang merancang struktur penyangga dalamnya.

 

Transportasi: Statue Cruise. Tarif naik ferry: USD23,50.

Tiket masuk: USD23,80 termasuk akses sampai pedestal area dan USD23,80 lagi untuk ke area crown.

 

ELLIS ISLAND

Ellis Island

 

Pulau kecil ini adalah pulau bersejarah karena merupakan pintu masuk bagi jutaan imigran ke Amerika Serikat dan berperan sebagai pusat inspeksi imigran tersibuk di negara ini sejak 1892 hingga 1954. Sekarang tempat ini menjadi museum yang menampilkan foto, barang-barang dan ruangan yang dipakai saat itu. Menu makanan ala imigran juga bisa kita nikmati di restoran di pulau ini. Hmm… jangan dikira makanannya ala kadarnya, ternyata sangat layak. Cobalah menu ayam yang disajikan bersama kentang yang rasanya enak. 

 

Menu Imigran

 

Transportasi: Statue Cruise dan termasuk dalam harga tiket ke Statue Island.

 

UNION NATION BUILDING

Gedung Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York ini cukup luas dan besar. Trippers bisa mengunjunginya dengan sebelumnya melakukan registrasi di gedung kecil di seberang gedung ini. Tur keliling gedung juga tersedia dan dapat dibeli online di https://visit.un.org/content/tickets.

 

 

Alamat: 46th St & 1st Ave, New York, NY 10017

Jam buka: 09.00-16.45 (Senin-Jumat)

Tiket masuk: gratis

Tiket tur: USD22

 

5th AVENUE

 

Di sepanjang jalan ini kita bisa “cuci mata” melihat pertokoan label terkenal dan melihat St. Patrick Cathedral, gedung bergaya Gotik yang berada di tengah gedung-gedung pencakar langit. Bagian dalam gereja juga bagus lho. Gratis dan bebas kita kunjungi kecuali saat ada ibadah.

 

BROADWAY THEATER

New York memiliki banyak teater Broadway yang terletak di sepanjang Broadway Avenue. Tiket nonton bisa dibeli online tapi jika membeli di hari-H kadang malah dapat harga miring.

Ada 2 teater yang boleh dipertimbangkan yaitu:

- Broadway Theater yang dulu menampilkan cerita tentang King Kong yang fenomenal, tapi sudah tak dipertunjukkan lagi sejak Agustus 2019.

- The Majestic Theater yang menampilkan The Phantom of the Opera dengan lagu klasiknya yang menawan dan menggetarkan hati. Harga tiket termurah USD27. Jadwal pertunjukan umumnya jam 8 malam, detil bisa dilihat di https://us.thephantomoftheopera.com/the-majestic-theatre/.

 

The Phantom of the Opera

 

 

Teks: Kumala Budiyanto Foto: Kumala Budiyanto, The Phantom of the Opera, www.getyourguide.com, www.nyhabitat.com, www.un.org, www.worldatlas.com
Comment