PANDUAN CERDAS EKSPLOR PERTH

PANDUAN CERDAS EKSPLOR PERTH

Thursday, 16-02-2017 | 16:54

 

Kota Perth, ibu kota Australia Barat, selain memiliki bangunan-bangunan lama bergaya Eropa yang terpelihara, museum seni, juga dikenal dengan tata kehidupan masyarakatnya yang ramah dengan suasana kota yang tertata rapi. Kota-kota kecil di sekitarnya juga menarik untuk dieksplor (salah satunya Fremantle). Sebagai kota di negara maju, Perth sangat mudah dieksplor dan murah karena ada bus gratis. Berikut panduannya.

 

INFORMASI UMUM

Zona waktu: Western Standard Time (AWST)= GMT+8 (sama dengan WITA)

Iklim: Australia adalah negara empat musim, namun beberapa wilayah termasuk Australia Barat memiliki cuaca yang hangat sepanjang tahun. Saat summer di Perth dan sekitarnya langit terang sampai jam 8 malam.

Mata uang:  Australian Dollar (AUD). AUD 1= +/-Rp 10.100.

Bahasa: Bahasa Inggris.

 

VISA

Visa Australia diajukan ke PT. VFS Service di Jakarta atau Bali.

Jakarta

Kuningan City Lantai 2 No. L2-19
Jalan Prof. Dr.Satrio Kav.18
Setiabudi, Kuningan, Jakarta 12940

Email: info.avacjakarta@vfshelpline.com
Call Centre: (021) 3041 8700

 

Bali

Benoa Square Lt. 3 No. 7-9.3/A

Jalan Bypass I Gusti Ngurah Rai No. 21A

Kedonganan, Kuta

(0361) 7808121

 

Catatan: Status proses visa bisa dilihat di http://www.vfs-au-id.com/trackapplication.html

 

WAKTU TERBAIK KUNJUNGAN

Sepanjang tahun baik, namun jika menginginkan suhu yang adem cenderung dingin bisa berkunjung pada autumn (Maret-Mei) dan spring (September-November), suhunya sekitar 11-29 derajat Celcius. Pada musim panas (Desember-Februari) suhu mencapai 16-31 derajat Celcius, dan pada saat winter (Juni-Agustus) suhu menjadi 8-19 derajat Celcius.

 

CARA KE PERTH

Garuda Indonesia melayani  penerbangan direct dari Jakarta. Sedangkan Airasia Jakarta-Perth transit di Bali. Durasi penerbangan langsung hanya 4,5 jam. Harga tiket PP normal dengan Garuda Rp 11 jutaan.

 

TRANSPORTASI DARI BANDARA KE PUSAT KOTA

•             Taksi dengan biaya sekitar AUD 50. Banyak ditemui di terminal domestik maupun internasional.

•             Mobil Airport Connect

Lokasi terminal airport connect di Terminal 3, sedangkan penerbangan internasional di Terminal 1. Maka begitu mendarat langsung menuju terminal bus Connect Inter untuk ke Terminal 3. Fasilitas ini gratis. Jarak Terminal 1 dan 3 cukup  jauh, sekitar 10 menit naik bus ini. Setibanya di Terminal 3 langsung naik mobil Airport Connect dengan biaya AUD 15 per orang. Mobil ini akan berhenti di beberapa tempat di pusat kota sesuai rute yang sudah ditetapkan. Namun jadwal kedatangan mobil ini sering tidak sesuai jadwal yang tertera di website (www.perthairportconnect.com.au).

•             Bus Transperth No. 37 dengan rute Terminal 3 ke Kings Park dengan biaya AUD 4 per orang. Dari Kings Park ganti dengan bus Transperth lainnya. Namun transportasi ini hanya cocok jika kita hanya membawa tas kecil.

 

TRANSPORTASI DALAM KOTA

Di Perth maupun Fremantle tersedia bus gratis keliling kota setiap hari kecuali saat Natal, Good Friday/Jumat Agung & ANZAC Day (25 April, hari untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur di medan perang). Nama busnya CAT (Central Area Transit) Bus. Ada 4 zona CAT Bus yakni red, blue, yellow dan green (khusus green hanya beroperasi di weekdays). Frekuensinya cukup banyak, ada yang 5 menit sekali. Jika ke luar kota bisa menggunakan bus Transperth.

 

 

Catatan: Pelayanan bus di kota ini layak dicontoh. Karena walau gratis pelayanannya sangat memuaskan terutama untuk orang cacat. Pijakan bus bisa dimiringkan sampai menempel dengan tanah, sehingga orang yang tidak bisa melangkah atau yang pakai kursi roda atau ibu-ibu yang membawa kereta bayi bisa naik dengan mudah.

Sementara untuk kereta Transperth, penumpang bisa menaikkan sepeda ke dalam kereta. Jadi warga bisa mengombinasikan transportasinya dengan mudah.

Informasi lebih detil dan untuk melihat jadwal silakan klik www.transperth.wa.gov.au

 

KULINER

Rata-rata harga makanan dua kali lebih mahal dari makanan sejenis di mal-mal Jakarta. Tapi porsinya juga dua kalinya. Jadi bisa disiasati dengan membeli satu porsi untuk berdua. Contoh, harga McD paket Mac Chicken AUD 10, kweitiau goreng AUD 9, fish and chip AUD 11-15.

Di supermarket juga dijual mie instan produk Indonesia dijual seharga sekitar 90 sen per bungkusnya. Harga segitu  sudah termasuk murah meriah dibanding makanan lainnya. Air mineral 1,5 liter dijual seharga AUD 3 (jika beli di tempat wisata atau restoran dengan harga yang sama hanya dapat botol kecil).  Sebenarnya air keran di Australia bisa diminum, asal jangan ambil dari keran air panas.

 

GAYA FASHION

Suasana summer di Perth dipenuhi warga yang berkacamata hitam karena panas yang menyilaukan mata. Banyak juga yang pakai topi. Jadi selama summer kita bebas bergaya dengan kacamata hitam dan topi tanpa ragu terlihat aneh.

 

PRODUK FASHION DAN SUVENIR

Banyak barang buatan Tiongkok, mulai dari baju, sepatu, aksesoris hingga suvenir. Beberapa toko bahkan khusus menjual suatu merek produk yang merupakan buatan Tiongkok dengan desain Australia. Suvenir murah bisa didapatkan di toko-toko sekitar Hay Street dan Barrack Street. Harga gantungan kunci koala dan kangguru AUD 6 per lusin dan bahkan ada yang diskon AUD 3 per lusinnya.

 

Catatan:

Tempat-tempat wisata maupun toko di Australia umumnya tutup pada hari Natal, boxing day, Tahun Baru dan Jumat Agung (Good Friday).

 

PENGINAPAN

Referensi hotel:

  • Criterion Perth, hotel yang menempati bangunan tua, letaknya sangat strategis di jalan Hay Street dan harga kamarnya cukup terjangkau, kamar standar twin AUD 128-152.
  • Kings Perth, hotel ini letaknya strategis di Hay Street dan menempati bangunan yang tidak terlalu tua, harga kamar superior twin AUD 195-235.

Catatan: Semua harga bisa berubah sewaktu-waktu.

 

OBJEK-OBJEK WISATA DI PERTH

 

Kings Park, Swan Bell, Western Australian Museum, Perth Mint, London Court, His Majesty’s Theatre, dll.

Dari Perth kita juga bisa mengikuti one day trip ke Caversham, Cervantes, Pinnacles, dan Lancelin. Atau one day trip ke Fremantle.

Teks: Kumala Budiyanto Foto: Kumala Budiyanto & Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


661

Back to Top