DI MELBOURNE GEDUNG PARLEMENNYA BISA UNTUK PIKNIK. BUKAN UNTUK DEMO YA...

DI MELBOURNE GEDUNG PARLEMENNYA BISA UNTUK PIKNIK. BUKAN UNTUK DEMO YA...

Wednesday, 21-09-2016 | 11:56

 

Kesan pertama saat menjejakkan kaki di Melbourne, ibu kota negara bagian Victoria, Australia: klasik!  Bangunan-bangunan kunonya, mulai dari gedung pemerintahan, institusi pendidikan, museum, pusat perbelanjaan, pusat hiburan, hampir semuanya menampilkan nuansa klasik nan megah. Begitulah Melbourne, kota yang tetap mempertahankan ciri khasnya tanpa merasa khawatir akan tergerus oleh zaman.

 

VISA

Permohonan visa Australia bisa diajukan di:

  • Kuningan City Lantai 2 No. L2-19

         Jalan Prof. Dr. Satrio Kav. 18

         Setiabudi, Kuningan, Jakarta 12940

 

  • Benoa Square Lantai. 3 No. 7-9.3/A 

          Jalan Bypass I Gusti Ngurah Rai No. 21A

          Kedonganan, Kuta, Bali – 80361


 

INFO

  • Waktu di Melbourne 3 jam lebih cepat dari WIB.
  • Mata uang: Dolar Australia (AUD). AUD 1= +/-Rp 10.100.

 

CARA KE MELBOURNE DARI JAKARTA

Naik Qantas Airways rute Jakarta-Melbourne harga tiket PP USD 700-900. Kalau naik low cost carrier biasaya transit dulu di salah satu kota di Asia. Harga tiket PP Rp 5.000.000-8.000.000, belum termasuk makan dan bagasi. Beberapa maskapai yang memiliki rute dari Indonesia antara lain Qantas, Garuda, Jetstar, Air Asia dan Virgin Australia.

 

CARA KE MELBOURNE DARI KOTA LAIN DI AUSTRALIA

Dari Sydney, Gold Coast, Perth: naik pesawat Jet Star, Virgin Australia atau Qantas. Tarifnya AUD 150-200 sekali jalan.

 

BANDARA

  • Melbourne International Airport (MEL), Tullamarine, Victoria, Australia.
  • Avalon Airport Australia, 80 Beach Rd, Lara VIC 3212, Australia.

Pesawat dari Indonesia biasanya mendarat di Melbourne International Airport Tullamarine.

 

TRANSPORTASI DALAM KOTA

Selain taksi tentunya, ada tram yang merupakan transportasi umum gratis di Melbourne. Tapi hanya gratis di zona-zona tertentu yang disebut Free Zone. Saat bepergian di Melbourne, mintalah peta tram untuk mengetahui zona gratis dan zona berbayar. Selain itu ada juga bus umum yang memiliki ratusan rute. Kalau jarak bepergian cukup dekat, sebaiknya naik tram gratisan saja. Naik bus untuk rute yang agak jauh dan nggak termasuk rute tram gratis.

 

Smart Card di Melbourne

Untuk naik transportasi publik sebaiknya beli Myki Card. Ini adalah smart card untuk naik bus, tram dan kereta di Melbourne. Harga Myki Card untuk dewasa AUD 6. Sedangkan untuk anak-anak dan lansia AUD 3. Tapi ini baru harga kartunya saja. Kartu harus di-top-up di minimarket-minimarket terdekat.

 

 

OBYEK-OBYEK WISATA UTAMA:                        

PARLIAMENT HOUSE OF VICTORIA

 

Terletak di Spring Street, di Melbourne City Centre, gedung kuno ini terlihat megah dan mencolok. Sampai sekarang masih berfungsi sebagai balai pertemuan pemerintahan di wilayah Victoria. Bila tidak ada pertemuan resmi, pengunjung bebas mengitari halaman gedung atau masuk ke dalamnya.

Parliament House of Victoria dekat Stasiun Parliament. Jalur-jalur tram juga terdapat di seberang gedung. Terdapat taman dengan hamparan rumput hijau dan beberapa kursi. Pengunjung bisa piknik atau duduk-duduk di sini.

Ke sana: NaikTram City Circle No.86 atau 96 ke Halte Parliament, atau tram No.112 turun di Collins Street.

Jam buka: 08.30-17.30.

 

NATIONAL GALLERY OF VICTORIA

 


 

Bangunan museum dikenal dengan sebutan NGV ini sangat megah, luas dan unik. Di depan museum ada air mancur dengan kolam. Arsitekturnya mewakili citra museum seni yang klasik dan berbudaya. Ada sekitar 70.000 benda seni di museum ini, mulai dari zaman Victoria sampai zaman kontemporer.

Ke sana: Naik Tram No.1, 3 atau 5 lalu turun di Halte Flinder Street.

Tiket masuk: Bervariasi, tergantung pameran seni yang diadakan.

Jam buka: 10.00-17.00.

                          

ST. PATRICK’S CATHEDRAL MELBOURNE    

                              

 

Katedral ini salah satu yang terbesar di Melbourne. Letaknya tak jauh dari Parliament House of Victoria. Katedral ini dibangun untuk mengenang Santo Patrick yang dianggap orang suci dari Irlandia. Konstruksinya dimulai sejak tahun 1858. Tapi pembangunannya sempat tertunda beberapa tahun dan baru selesai tahun 1939.

Ke sana: Naik Tram No.112 lalu turun di Halte Collins Street dan dilanjutkan jalan kaki 5 menit.

Jam buka: 09.00-17.00 (Senin-Jumat).

 

ST. MICHAELS ON COLLINS MELBOURNE

 

Bila kita jalan-jalan ke tengah kota Melbourne, pasti akan melewati St. Michaels on Collins Church. Gereja ini dibangun oleh arsitek terkenal bernama Joseph Reed tahun 1839. Bangunannya cukup mencolok dengan batu bata berwarna merah sehingga banyak pengunjung berhenti dan foto-foto di depannya.

Ke sana: Naik Tram No.112 ke Halte Collins Street.

Jam buka: 10.30-13.30 (Senin-Sabtu).

 

THE SCOTTS CHURCH MELBOURNE

 

Merupakan salah satu gereja Presbitarian di Melbourne. Presbytarian Church berasal dari Skotlandia. Oleh sebab itu diberi nama Scotts Church. Ciri khas The Scotts Church adalah arsitektur bergaya Gotik. Gereja ini menambah kemegahan Kota Melbourne yang klasik.

Ke sana: Naik Tram No.112 ke Halte Collins Street.

Jam buka: 11.00-14.30 (Senin-Jumat).

 

HOTEL WINDSOR MELBOURNE

 

Terletak di tengah kota Melbourne, Hotel Windsor seolah-olah mewakili kejayaan negeri kolonialnya di Britania Raya. Hotel yang dibangun tahun 1883 ini memiliki sekitar 180 kamar dan terdiri dari 5 lantai. Tarif kamar termurah +/-Rp 2 juta/malam. Bangunan bergaya Eropa Abad Pertengahan ini tak hanya sebagai hotel, tapi juga merupakan landmark kebanggaan Kota Melbourne.

Ke sana: Naik kereta ke Stasiun Parliament.

 

ST. KILDA’S BEACH

 

Merupakan pantai berpasir halus dan bagian dari City of Port Phillip. Daerah pinggiran kota yang dekat dengan St. Kilda adalah Port Melbourne dan South Melbourne. St. Kilda cukup mudah diakses dari tengah kota Melbourne, hanya +/-6 km. Kita bisa menyusuri tepi pantai di jalan berpapan panjang yang terbentang di sepanjang pantai.

Ke sana: Naik Tram No.16 atau 96 ke Halte St. Kilda.

 

Tulisan tentang Melbourne lainnya bisa dibaca di DULU PEMBURU EMAS, KINI PEMBURU MAKANAN ENAK! dan BERBURU OBRAL BARANG BERMEREK DI MELBOURNE

Teks & Foto: Lisa Merinda

2 COMMENTS


temanaustralia Aug 24, 2017 Reply

Fotonya cakep2! t.o.p buat temen2 yang mau jalan2 ke melbourne sekarang bisa pakai jasa tour pribadi cek instagram @temanaustralia


Admin Aug 27, 2017

Terima kasih infonya Teman Australia


407

Back to Top