ITINERARY EKSPLOR NUSA LEMBONGAN BALI 3 HARI

ITINERARY EKSPLOR NUSA LEMBONGAN BALI 3 HARI

Sunday, 02-04-2017 | 12:10

Dream Beach

 

Nusa Lembongan beserta dua tetangganya --Nusa Ceningan dan Nusa Penida-- masih tergolong sepi dari turis. Padahal atmosfernya mirip Gili, dengan jarak yang jauh lebih dekat daripada pulau tetangga Lombok itu. Lembongan bisa menjadi alternatif oke untuk kabur dari Bali yang akhir-akhir ini terasa penuh sesak. Nusa Lembongan dan juga Nusa Ceningan bisa dituntaskan eksplorasinya dalam sehari (makanya banyak layanan one day trip dari Bali ke Nusa Lembongan). Tapi kalau mau puas dan menghitung waktu pergi-pulang, total 3 hari adalah paling pas untuk eksplor dua pulau ini. Dan paling pas juga perginya berdua saja, dengan pasangan atau teman jalan karena dua pulau ini paling pas dieksplor dengan sepeda motor.

 

ITINERARY

HARI 1 

JAKARTA-DENPASAR-NUSA LEMBONGAN

- Pilih penerbangan paling pagi ke Bali. Setelah cari sarapan, naik taksi menuju Pantai Sanur, ke Jalan Hang Tuah, tempat kantor-kantor tur yang menawarkan trip ke Nusa Lembongan. Salah satu yang direkomendasikan Scoot Cruise. Staf mereka akan mengantar ke pantai untuk menaiki speedboat menuju Nusa Lembongan (30 menit dengan fast boat).

 

Sanur

 

- Hampir seluruh kapal ke Nusa Lembongan berlabuh di Pantai Jungut Batu, area akomodasi yang berada di sisi utara pulau. Area akomodasi terkenal lainnya di Nusa Lembongan adalah Mushroom Bay di sisi barat pulau.

 

Pantai Jungut Batu

 

- Bagi yang menginap di Jungut Batu seperti kami, setelah check-in penginapan dan menyewa motor, agenda pertama adalah ke Mushroom Bay. Di tengah perjalanan berhenti di Panorama Point alias titik tertinggi di Nusa Lembongan. Dari sini terlihat luasnya lautan biru serta suasana Jungut Batu dari ketinggian.

 

Panorama Point

 

- Sampai di Mushroom Bay, makan siang, dan berenang. Di sini ada beberapa kafe, jadi kalau tertarik duduk-duduk dan minum-minum setelah makan siang, bisa di sini.

- Lanjut menuju Dream Beach di bagian barat daya pulau untuk lanjut berenang. Agak sorean, pindah ke Sunset Beach untuk nongkrong di The Beach Club at Sandy Bay, salah satu tempat nongkrong hits di Nusa Lembongan.

- Menjelang sunset, pindah ke Devil’s Tear yang letaknya tak jauh (bahkan sudah terlihat) dari Sunset Beach. Devil’s Tear adalah sebuah tebing karang di mana rentetan ombak besar menerjang tepat di depan mata kita, dan letaknya persis berada di barat pulau. Jadi menikmati matahari terbenam di lokasi ini merupakan pilihan yang sangat dramatis.

 

Devil's Tear

 

- Kembali ke Mushroom Bay untuk makan malam atau nongkrong di bar. Karena ramai, Mushroom Bay sering dijadikan tempat hiburan malam para pengunjung.

 

Mushroom Bay

 

HARI 2

NUSA LEMBONGAN-NUSA CENINGAN

- Pagi-pagi berangkat ke ujung timur laut pulau untuk snorkeling. Di area yang terkenal dengan hutan mangrove-nya ini  ada banyak join tour yang menawarkan paket snorkeling. Jadi tinggal datang saja lalu pilih yang kira-kira paling murah dan paling cocok. Snorkeling biasanya dipatok mulai Rp 150.000 untuk dua spot yang bisa dipilih, mulai dari Mangrove Point, Wall Bay, Gamat Bay, dan Crystal Bay. Kalau memilih spot yang lebih jauh tentu saja biayanya nambah. Paket itu sudah termasuk sewa perahu, masker, snorkel, fin, dan pelampung. Durasi tur 1,5–2 jam.

 

Snorkeling di Mangrove Point

 

- Aktivitas lainnya wisata mangrove, alias berkeliling menyusuri hutan bakau dengan menggunakan perahu. Paket tur mangrove Rp 100.000-200.000/orang.

 

Keliling Hutan Mangrove

 

- Makan siang di rumah makan sekitar untuk mencicipi jacket fish, hidangan khas Nusa Lembongan, disajikan dengan sayur, nasi, dan sambal.

- Ke Nusa Ceningan naik motor. Berhenti sebentar di Paradise Beach (pantai sebelah utara Lembongan) untuk foto-foto pemandangan pantai dengan latar belakang Gunung Agung. Sebelum menyeberangi jembatan menuju Nusa Ceningan, berhenti sebentar di Seaweed Farm (pantai sebelah selatan Lembongan) untuk melihat budidaya rumput laut.

 

Paradise Beach

 

- Masuk Nusa Ceningan, langsung ke ujung selatan pulau untuk nongkrong di sebuah bar bernama Trevally. Lalu ke Blue Lagoon untuk menikmati pemandangan pantai.

 

Santai di Trevally

 

- Sebelum pulang, nongkrong dulu di kafe di Le Pirate. Kafenya dekat kolam renang di tepi pantai, jadi pemandangannya oke.

- Makan malam dan bersantai di salah satu bar di Jungut Batu yang suasananya mirip-mirip Legian.

 

HARI 3

NUSA LEMBONGAN-DENPASAR-JAKARTA

- Habiskan sisa-sisa tenaga untuk berenang di pantai Jungut Batu. Kembali ke penginapan untuk bilas, beres-beres, check-out dan titip barang.

- Ke Pura Puncak Sari di bagian tengah pulau. Pura ini adalah yang terbesar di Nusa Lembongan, yang terletak di atas bukit. Untuk mencapainya harus menaiki tangga, tapi pemandangan rumah-rumah di Nusa Lembongan, lautan, bahkan Nusa Ceningan dari atas bukit bisa mengobati rasa lelah. Pura ini tidak dibuka untuk umum. Jadi melihat pemandangan dari atas bukit dan mengintip-ngintip ke dalam pura.

 

Pura Puncak Sari

 

- Turun bukit, kunjungi Gala-gala Underground yang letaknya tak jauh dari pura. Ini merupakan sebuah gua batu kapur yang dibuat seorang pertapa sebagai pengasingan. Karena digunakan sebagai tempat tinggal, di sini terdapat ruang tamu, kamar tidur, pintu, dan berbagai perabotan. Tiket masuk Rp 20.000.

- Karena sudah berada di tengah pulau, makan siang bisa dilakukan di Mushroom Bay atau di Jungut Batu (sekalian kembali ke penginapan ambil barang).

- Sorenya naik speedboat kembali ke Sanur, minta diantarkan langsung ke bandara karena harga paketnya termasuk drop off(atau ke Krisna, kalau ingin membeli oleh-oleh).

 

INFO KAPAL KE NUSA LEMBONGAN

Dari Sanur, pilihan tur dan kapal yang tersedia sangat banyak dengan range harga bermacam-macam. Bisa go show, langsung ke Jalan Hang Tuah (tapi sangat nggak direkomendasikan go show saat peak season).

  • Scoot Cruise (Jl. Hangtuah No.27, www.scootcruise.com), menggunakan fast boat berisi +/- 30 orang dengan lama perjalanan 30 menit. Tarif PP Rp 600.000, sudah termasuk fasilitas drop off dan hotel pick up di Lembongan, serta drop off di Bali saat pulang.
  • Perama (www.peramatour.com) adalah versi yang lebih murah namun tetap direkomendasi. Tarif sekali jalan Rp 140.000, namun hanya bisa turun di Jungut Batu.
  • Perahu tradisional, sekali jalan Rp 60.000-100.000 tergantung penawaran yang punya kapal. Cara yang satu ini memang lebih seru, tapi lebih lama perjalanannya (bisa 60-90 menit), dan jadwal keberangkatannya nggak menentu.

 

INFO PENGINAPAN

Jungut Batu: Pilihannya banyak. Guest house dengan tarif mulai Rp 120.000 bisa ditemukan di sepanjang jalan utama atau di jalan-jalan kecil menuju pantai. Penginapan bergaya bungalow atau vila pun ada banyak, seperti Bungalow 7 di bagian selatan, Lembongan Made Inn di bagian tengah, atau Bunda 7 di bagian utara, yang tarif per malamnya mulai Rp 250.000. Atau Pondok Jenggala yang tarif per malamnya Rp 300.000-400.000.

 

Lembongan Abian Villa

Untuk yang punya bujet lebih, vila 3 bed room dengan kapasitas 5 orang yang dilengkapi private pool dan perlengkapan dapur ini sangat cocok. Terletak di Desa Jungut Batu, +/-500 m dari pelabuhan Nusa Lembongan. Lokasinya di area strategis dan nyaman, jauh dari kebisingan jalan raya dan ingar-bingar hiburan malam tapi nggak perlu lelah mencapainya. Vila dengan suasana privat, segar, back to nature ini dibuka dengan harga Rp 1,5-1,7 juta.

Lembongan Abian Villa

 

Baca juga "8 Spot Keren di Nusa Penida Bali (bagian 1)", "Itinerary Bali Adventure & Beach 4 Hari". 

Teks & Foto: Vicky Amin (Foto Lembongan Abian Villa: Dok.Lembongan Abian Villa)

5 COMMENTS


Marince Apr 05, 2017 Reply

Kalo sy beli tiket boat di optasal office kak, di dekat toilet/ruang bilas di pantai sanur, PP sanur-lembongan-sanur hanya 150rb, 30 menit juga, kalo ke bandara bisa naik grab atau uber aja..


Marince Apr 05, 2017 Reply

Kalo sy beli tiket boat di optasal office kak, di dekat toilet/ruang bilas di pantai sanur, PP sanur-lembongan-sanur hanya 150rb, 30 menit juga, kalo ke bandara bisa naik grab atau uber aja..


Admin May 18, 2017

Iya betul Marince, boat yg lebih murah dan ada banyak dijual tiketnya di Sanur itu Rp 150.000 PP. Saya jg pakai Marutti Express segitu


Komang Yong Feb 13, 2018 Reply

Terima kasih sudah membuat artikel perjalanan ke Nusa Lembongan. Bangga sekali rasanya banyak yang menulis tentang pulau tempat tinggal kami. Semoga bisa menyenangkan ke Nusa Lembongan. Nusa Penida dan Nusa Ceningan juga tidak kalah bagus untuk tour dan berwisata. Pengambilan gambar sangat bagus dan asli. Tulisannya senang orang membaca. Tentu akan banyak yang membaca artikel ini dan semakin banyak yang berkunjung ke pulau kami. Kami sebagai pelaku pariwisata di Nusa Penida Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan merasa senang jika banyak yang nanti mengunjungi tempat kami. Salam Komang Yong (https://www.rajahutantour.com)


maya Feb 21, 2018

Terima kasih atas komentarnya ya Pak. Senang juga kami kalau artikelnya bermanfaat


365

Back to Top