TEMPAT-TEMPAT WAJIB KUNJUNG DI BELITUNG

TEMPAT-TEMPAT WAJIB KUNJUNG DI BELITUNG

Friday, 04-11-2016 | 16:25

Pulau Lengkuas, ikon Belitung

 

Masa keemasan pariwisata Pulau Belitung atau Belitong yang masuk dalam Provinsi Bangka-Belitung dimulai sejak novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata beredar dan menjadi best seller. Apalagi kemudian novel itu difilmkan dan melejit pula. Selain pantai-pantai berpasir putih dengan sembulan bebatuan granit berukuran raksasa sebagai obyek wisata andalan, Belitung juga punya beberapa spot wajib kunjung yang berkaitan dengan Laskar Pelangi. Inilah tempat-tempat yang harus Trippers kunjungi kalau ke Belitung.

 

PANTAI TANJUNG KELAYANG (PULAU BURUNG)

 

Terletak di Kecamatan Sijuk, 27 km dari Tanjungpandan, ibu kota Belitung. Pantai ini selain berpasir putih dan berair biru jernih, juga banyak memiliki batu-batu granit raksasa yang tersembul di sana-sini. Tempat ini juga sering disebut Pulau Burung karena salah satu batu granit raksasanya seperti kepala burung. Di sini Anda juga bisa main kano.

 

PANTAI TANJUNG TINGGI

 

Pantai ini penuh dengan teluk kecil berpasir putih, dengan susunan batu granit raksasa yang kemilau, yang membuatnya cocok unntuk bernarsis ria. Pantai  ini menjadi salah satu lokasi pembuatan film Laskar Pelangi. Anda juga bisa menikmati indahnya sunset eksotis di sini.

 

PANTAI TANJUNG PENDAM

 

Pantainya berada di Kota Tanjungpandan, jadi nggak heran kalau selalu ramai. Apalagi ada taman hiburan, pendopo, pasar seni, dan dekat dengan restoran maupun hotel. Di pantai ini kita juga bisa menikmati sunset.

 

KAWAH KAOLIN

 

Penggemar fotografi perlu bela-belain bangun pagi untuk mengejar sunrise di kawah bekas tambang kaolin, di daerah Air Raya ini. Bila cuaca cerah, Anda akan mendapatkan pemandangan luar biasa, perpaduan warna merah merona di kaki langit dengan warna putih kawah. Saat musim kemarau di kawah ini muncul pulau-pulau berwarna putih bersih, bagai pulau di Alaska yang putih dibalut salju.

 

PULAU PASIR

 

Dalam perjalanan menuju Pulau Lengkuas yang dimulai dari Pantai Tanjung Kelayang, setelah 15 menitan menikmati  ketenangan laut, Anda akan tiba di Pulau Pasir. Sebenarnya bukan pulau karena hanya gundukan pasir yang nggak begitu luas di tengah laut. Gundukan pasir berwarna putih bersih ini kontras dengan warna air yang biru jernih. Di pulau itu Anda bisa bermain pasir sembari foto narsis dengan bintang laut dan berenang tentunya.

 

PULAU BATU BERLAYAR

 

Dalam  perjalanan menuju Pulau Lengkuas juga, wisatawan biasa dimampiri di pulau kecil yang penuh berisi batu-batu granit besar ini. Dari jauh, salah satu gugusan batunya mirip layar. Dari sinilah nama pulau ini berasal. Di pulau ini nggak ada fasilitas apa-apa karena memang cuma pulau mungil, tapi bagi yang narsis dan jeli, bakal lama berfoto-foto di sini karena banyak angle eksotis.

 

PULAU LENGKUAS

 

Pulau dengan ikon mercusuar ini perlu ditempuh selama 30 menit dengan perahu motor. Selama perjalanan pemandangan laut yang biru dengan gradasinya yang indah serta angin yang bertiup sejuk semilir akan membuai Anda. Sampai di pulau ini tujuan utamanya adalah naik ke puncak mercusuar setinggi 50 m yang dibangun pemerintah Belanda tahun 1882. Dari puncak mersucuar yang masih berfungsi baik, Anda akan melihat pemandangan yang elok dan membekas dalam sanubari. Ini salah satu “must do” kalau ke Belitung, selain juga bersnorkeling di sekitar pulau.

 

SD MUHAMMADIYAH GANTONG “LASKAR PELANGI”

 

Kesuksesan film Laskar Pelangi  yang beredar tahun 2008 membawa rasa penasaran banyak orang untuk mengenal lebih dekat SD Muhammadiyah Gantong. Memang yang dilihat para wisatawan hanyalah sebuah bangunan sekolahan ‘palsu’ yang dibangun khusus untuk syuting film Laskar Pelangi.

 

MUSEUM KATA ANDREA HIRATA

Museum ini tentunya baru ada setelah film Laskar Pelangi. Berada tak jauh dari rumah Andrea Hirata di Gantong. Yang dipajang adalah foto-foto adegan film Laskar Pelangi serta kata-kata mutiara dari Andrea Hirata.

 

PANTAI BURUNG MANDI

 

Terletak 70 km di sebelah timur laut dari pusat kota Belitung, tepatnya di Manggar. Inilah satu-satunya pantai di Belitung yang tidak memiliki batu granit. Di tempat ini selain ada pantai juga terdapat bukit bernama Bukit Bayu yang di lerengnya terdapat Vihara Kwan Im.

 

VIHARA BUDDHAYANA/ VIHARA KWAN IM

 

Berada di kawasan Pantai Burung Mandi, vihara ini merupakan vihara terbesar di Belitung. Di bangunan utama terdapat altar Dewi Kwan Im. Selain bersembahyang, di vihara ini pengunjung juga bisa minta diramal. Ada yang diramal soal  jodoh, rezeki ataupun kesehatan. Bila Anda ingin diramal, cukup memberikan uang seiklasnya.

 

PANTAI SERDANG

 

Merupakan pantai dengan hamparan pasir putih berkilau. Di sekitar pantai banyak pohon pinus, membuat suasana menjadi teduh. Lebih elok lagi, di sepanjang pantai berjajar perahu-perahu nelayan tradisional yang bercat warna-warni. Air lautnya pun tenang dan cocok untuk berenang.

 

PANTAI PENYABONG

 

Pantai yang satu ini memang masih kalah ngetop dibandingkan pantai lainnya di Belitung. Letaknya lebih jauh dari pusat kota, di Kecamatan Membalong. Ditempuh naik kendaraan 1-1,5 jam. Seperti pantai-pantai lainnya di Belitung, ciri khas pantai ini adalah kehadiran batu-batu granit raksasa yang posisinya saling bersambung dan menumpuk di sisi kanan maupun kiri pantai. Pasirnya putih dan ombaknya pun tenang. Kalau ke sana, ada “PR” yang harus Anda kerjakan, yakni mencari di mana batu granit yang mirip kingkong sedang duduk berada.

 

CARA KE BELITUNG

Rute Jakarta-Tanjungpandan (Belitung) dilayani oleh Sriwijaya, Nam Air, Lion, Garuda, Citilink. Banyak pilihan jadwalnya: pagi, siang, sore. Harga tiket PP mulai Rp 700 ribuan. Lama penerbangan 45 menit sampai 1 jam.

 

CARA MUDAH EKSPLOR BELITUNG

MyTrip melayani permintaan tur ke Belitung maupun Bangka. Jadi Trippers tinggal tentukan teman jalan dan tanggal keberangkatan, MyTrip yang akan mengaturkan semuanya. Hubungi mytrip_idm@yahoo.com

eks: Adi Pamungkas, Mayawati NH Foto: Dok.MyTrip, Hendri Yuliansyah, Mayawati NH

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


241

Back to Top