13 TEMPAT YANG LAYAK DIKUNJUNGI LAGI DAN LAGI (Bagian 2-tamat) 2017-05-19 00:00

Pulau Kelor, TN Komodo, Flores

 

Di seluruh jagat raya ini banyak sekali tempat indah, spektakuler ataupun sekadar asyik aja yang memaksa kita kembali dan kembali lagi. Tak pernah bosan, tak pernah puas. Saya pun mengalaminya. Ada beberapa tempat (pulau, kota, wilayah, lokasi wisata) yang amat berkesan dan membuat saya selalu ingin kembali. Beberapa tempat sudah berhasil saya datangi dua kali bahkan 12 kali, tapi sedikit tempat lainnya baru sebatas mimpi untuk saya datangi lagi. Ini dia 13 tempat berdaya magnet itu bagi saya.

 

7. Bromo, Jawa Timur

 

The best sunrise in the world ada di sini. Bentang alam keseluruhannya breathtaking! Area yang dieksplor juga banyak: Pananjakan, kawah, Bukit Teletubbies, Pasir Berbisik, dll. Sudah 4 kali saya ke Bromo dan tak pernah bosan. Kalau ada kesempatan pasti saya akan kembali lagi. Menunggui lagi sunrise-nya yang magis.

 

Baca juga "Ini Sunrise-ku Yang Magis, Mana Sunrise-mu"

 

8. Ranu Kumbolo, Gunung Semeru, Jawa Timur

 

Banyak danau cantik di dunia ini, pasti. Tapi percayalah, sekali datang dan melihat Ranu Kumbolo di kaki Gunung Semeru, Anda pasti akan jatuh cinta. Cinta yang kemudian mendorong Anda untuk datang lagi dan lagi. Saya sampai 3 kali ke sana, dan masih ingin balik lagi. Momen paling dinanti di danau ini adalah saat matahari mulai menongolkan diri di ufuk timur, menyinari danau menjadi keemasan. Suasana begitu magis, terutama karena gerombolan kabut tipis memeluk permukaan danau. Aaarrrgh....

 

Baca juga "Betahnya Tuh Di Sini"

 

9. Pulau Sumba, NTT

Cantiknya sabana Puru Kambera, Sumba Timur

 

Saya tak bisa menyebut satu tempat saja di Pulau Sumba sebagai tempat yang ingin saya datangi berkali-kali, karena Sumba memikat secara keseluruhan, satu paket. Dari kampung adatnya, pantainya, air terjunnya, sabananya, kuda liarnya, keramahan warganya. Semuanya membuat saya ingin kembali lagi, menjelajahi lebih dalam lagi dari ujung barat daya hingga ke timur. Taman Nasional Laiwangi Wanggameti, salah satu yang ingin saya eksplor kalau ke Sumba lagi.

 

Bukit Wairinding, Sumba Timur

 

Baca juga "Itinerary Keliling Sumba 5 Hari"

 

10. Pulau Flores, NTT

Kecantikan Pulau Padar di TN Komodo tiada duanya

 

Sama seperti Sumba, Flores juga membuat saya tersihir oleh semua yang dimilikinya, satu paket komplet. Taman Nasional Komodonya yang tiada duanya, Danau Kelimutunya, kampung-kampung adatnya seperti Wae Rebo, pantainya, gunungnya, air terjunnya. Semuanya menyedot saya datang hingga 8 kali, dan masih kepingin datang lagi.

 

Kampung Adat Wae Rebo, Flores

 

Baca juga "Panduan Cerdas Eksplor Flores", "'Dendamku' Pada Pulau Padar Terbalaskan Sudah" dan "8 Hal Yang Harus Dilakukan di Taman Nasional Komodo"

 

11. Gunung Rinjani, Lombok, NTB

Rinjani, cantik dari segala sudut

 

Mendaki gunung itu sangat melelahkan, tapi Rinjani sanggup memaksa saya melakukannya sampai 4 kali! Untuk Rinjani, worth the effort! Rinjani cantik banget! Ya puncaknya, ya Segara Anaknya, Plawangan Senarunya, Plawangan Sembalunnya, sabananya, hutannya. Sulit sekali move on dari Rinjani. Saya berani bertaruh, para pendaki pun pasti akan menjawab Rinjani sebagai gunung yang layak didaki berkali-kali.

 

Baca juga "Rinjani Mengajarkan Apa Artinya Keindahan dan Kesempurnaan Sebuah Gunung"

 

12. Cappadocia, Turki

Hot air balloon di Cappadocia

 

Sekali datang ke sana, saya langsung jatuh cinta. Penduduk Cappadocia beruntung dianugerahi bentang alam yang luar biasa unik dan dahsyat. Bentang alam berupa formasi bebatuan vulkanik itu tambah luar biasa lagi karena bisa ditonton dari atas hot air balloon. Bikin takjub lah pokoknya. Nggak nolak kalau ada ajakan ke sana lagi.

 

Bentang alam Cappadocia sungguh unik

 

Baca juga "Panduan Cerdas Eksplor Turki"

 

13. Entlebuch, Swiss

Brienzer Rothorn di Entlebuch

 

Pernah bermimpi tinggal di pedesaan nan sejuk hijau segar yang dikelilingi padang rumput dan pegunungan salju seperti di film/cerita Heidi? Datanglah ke Entlebuch, dan Anda akan menemukan jawabannya. Dikenal sebagai wild west-nya Luzern, Entlebuch adalah cagar biosfer pertama dan satu-satunya di Swiss (ditetapkan UNESCO tahun 2011). Di area lebih dari 400 km2, Entlebuch menjanjikan kedamaian dan relaksasi total. Saya memimpikan suatu saat kembali ke sana dan tinggal di rumah penduduk.

 

Suasana damai pedesaan

 

Baca juga "Yang Berzodiak Capricorn Wajib ke Sini"

 

Ini tempat-tempat layak kunjung berkali-kali versi saya. Bagaimana versi Anda? Bagikan di kolom komen ya....

 

Artikel ini pernah dimuat di www.qubicle.id

Teks: Mayawati NH Foto: Mayawati NH, Priyo Tri Handoyo, Shutterstock
Comment