PERNAH MENGANGANKAN MASUK KE KASTIL-KASTIL KUNO? DATANGLAH KE SION-VALAIS DI SWISS

PERNAH MENGANGANKAN MASUK KE KASTIL-KASTIL KUNO? DATANGLAH KE SION-VALAIS DI SWISS

Monday, 01-05-2017 | 06:02

Valere Castle

 

Dongeng H.C. Andersen mungkin pernah mengisi masa kecil Anda, dan salah satu yang membekas adalah penggambaran mengenai kastil-kastil kuno. Sempat tebersit rasa penasaran bagaimana rasanya masuk dan mengeksplor kastil-kastil tersebut? Tuntaskan rasa penasaran Anda dengan datang langsung ke Sion, ibu kota Kanton Valais (Wallis) di Swiss. Sion menyimpan sejarah panjang dan merupakan salah satu tempat yang paling penting pada zaman prasejarah di Eropa. Sebagai kota yang telah berusia lebih dari 7.000 tahun, Sion memiliki 4 kastil yaitu  Valere, Tourbillon, Majorie/Vidomat dan Montorge. Makanya wisata kastil menjadi primadona di sini.

 

Tapi tak cuma punya kastil, saat winter, pegunungan di Valais yang tingginya 1.500-3.000 m berubah menjadi arena ski. Sedangkan saat musim panas pegunungannya berubah menjadi hijau. Cocok banget untuk getaway.

 

CARA KE SION

-          Dari bandara Zurich naik kereta 2,5 jam.

-          Dari bandara Genewa naik kereta 2 jam.

 

 

Cara ke bandara di Kota Zurich atau Genewa sebagai gerbang masuk ke Swiss paling favorit dengan maskapai SWISS International Air Lines (disingkat SWISS) dengan transit di Singapura. Total perjalanan Jakarta-Zurich termasuk transit yang paling singkat +/-17 jam. Singapura-Zurich-nya saja 13 jam. Atau bisa juga naik Turkish Airlines dengan transit di Istanbul. Total perjalanan termasuk transit 19-20 jam.

 

MATA UANG SWISS

Swiss Franc (CHF). CHF 1= +/-Rp 13.450.

 

OBJEK-OBJEK WISATANYA:

CHATEAU DE VALERE (BASILIKA VALERIA)

 

Adalah gereja yang terletak di atas bukit dan menghadap Chateau de Tourbillon. Gereja ini mulai dibangun pada akhir abad ke-11 dan rampung pada pertengahan abad ke-13. Awalnya bergaya Roman, lalu diubah jadi gaya Gotik. Yang menarik dari gereja ini adalah orgelnya yang dibuat pada 1431-1437 dan merupakan yang tertua di dunia dan masih dimainkan hingga kini. Dimodifikasi pada abad ke-16 untuk memainkan musik Barok dan direstorasi pada 1954 supaya bisa berbunyi lagi. Tahun 2004 orgel ini direstorasi ulang agar mendapatkan suara aslinya.

 

Bagian dalam Chateau de Valere

 

Ke sini: Dari stasiun Sion jalan kaki 10 menit menuju Tourist Office. Dari sini bisa naik kereta turis atau jalan kaki sekitar 30 menit melewati kota tua.

Tiket guided tour: CHF 4 (dewasa), 2 (anak-anak dan orang tua) –kalau self guided tour gratis.

Tiket masuk History Museum yang berada di dalam kompleks gereja: CHF 8 (dewasa), 4 (anak-anak dan orang tua), 16 (keluarga). Museum ini merupakan situs monumental dan alami dengan 50.000 tahun sejarah Valais.

Jam buka:

Oktober- Mei : pkl.10.00-17.00 (Selasa-Minggu; bila tidak ada ibadah)

Juni-September: pkl.10.00-18.00 (setiap hari)

Tutup setiap 1 Januari dan  25 Desember.

Tanggal 24 dan 31 Desember buka hingga pkl.16.00, dan tutup sepanjang hari jika jatuh hari Senin.

 

CHATEAU DE TOURBILLON

 

Tourbillon Castle terletak di hadapan Basilika Valeria. Dari jauh kita bisa melihatnya berdiri gagah bagai benteng di atas bukit dengan latar pegunungan. Kastil ini dibangun tahun 1290-1308 oleh the Bishop of Sion. Tapi pada 1416 dihancurkan oleh  Patriots of the Valais dan dibangun kembali pada 1477 oleh Bishop Guillaume VI of Raron.

Tiket masuk: gratis

Jam buka:

Mid Maret-April, Oktober-mid November: pkl.11.00-17.00 (setiap hari)

Mei-September: pkl.10.00-18.00 (setiap hari)

Mid November-mid Maret: tutup

 

BISSE DE CLAVAU

Pemandangan ke arah Kota Valais

 

Merupakan sistem pengairan untuk kebun anggur dengan sumber air dari gunung. Karena berada di ketinggian dengan undakan yang seperti terasering, kita dapat menikmati kota Valais dari sini. Tentu sebelumnya harus hiking ringan hingga mencapai titik tinggi, at least sampai resto Guerite de Brulefer. Dengan airnya yang jernih dan arus yang lumayan kencang, biasanya aliran air di sistem pengairan ini bisa dijadikan tempat main perahu kertas untuk anak-anak.

Ke sini:

-          Naik bus yang berangkat dari Tourist Office of Sion, Place de la Planta 2 (sekitar 10 menit jalan kaki dari stasiun kereta Sion). Biasanya paket yang ditawarkan untuk min. 10 orang dari Mei-Oktober  (harus reservasi 10 hari di muka) seharga CHF 89 sudah termasuk makan, minum dan pemandu.

-          Dari Stasiun Sion naik bus No.354, durasi +/-10 menit untuk sampai ke Molignon. Dari Molignon jalan kaki 3 menit. Untuk kembali, kita harus berjalan kaki ke Stasiun Sion sekitar 20 menit karena tidak ada bus.

Kapan ke sini:

Tempat ini bisa diakses sepanjang tahun kecuali saat winter di mana jalurnya tertutup salju. Tiap musim menawarkan pemandangan berbeda. Saat musim semi semua terlihat hijau. Saat musim panas, selain hijau, kita juga bisa melihat anggur tumbuh di mana-mana. Musim gugur kebun anggur menjadi paling berwarna: kuning, merah, coklat. Dan saat inilah musim panen anggur.

 

MUST TRY RESTO

Pemandangan cantik dari resto Guerite de Brulefer

 

Restoran Guerite de Brulefer yang menyajikan masakan tradisional Swiss seperti raclette dan fondue punya pemandangan rupawan ke arah kastil dan lembah hijau yang menghampar di depannya. Berada di area Bisse de Clavau.

 

Cara membuat raclette

   

WISATA LAIN YANG MENARIK

-          Main ski. Saat musim dingin Valais sangat menarik untuk dijadikan tempat bermain ski.

-          Art Museum. Museum seni dengan karya dari pelukis ternama sejak abad ke-18 hingga saat ini.

-          Nature Museum. Di sini kita bisa mengetahui hubungan penduduk Valais dengan lingkungannya dari dulu hingga kini.

-          Menonton International Alphorn Festival of Nendaz  yang merupakan tempat berkumpulnya pemusik dan sekaligus berkompetisi. Juga ada konser, prosesi memainkan alphorn (alat musik khas Swiss yang berupa terompet panjang), dan pertunjukan tradisional rakyat lainnya.

-          Brewery of the Valais. Selain mencicipi bir khas Valais yang telah diragikan sejak 1865, kita juga bisa membelinya.

 

Baca juga artikel tentang sistem transportasi di Swiss di sini.

 

Artikel lainnya tentang Swiss:

Mengenang Queen dan Freddie Mercury di Montreux

Saat Seorang Bule Ganteng Menyapa ‘Selamat Pagi’ di Ketinggian 3.020 Meter!

Adrenaline Junkies Maupun Shopaholic Pasti Suka!

Teks: Clesia Lay, Mayawati NH Foto: Mayawati NH, Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


425

Back to Top