DANAU INI WAJIB HUKUMNYA DIKUNJUNGI KALAU KE NEW ZEALAND 2017-03-27 00:00

Cantiknya Lake Tekapo

 

New Zealand dengan perbukitan hijau dan pegunungan salju, sabana luas tempat ribuan domba dan sapi merumput, danau biru kehijauan, serta ngarainya yang spektakuler begitu memukau. Nah, salah satu country side yang mesti dikunjungi di New Zealand adalah Mackenzie Country yang masih menjadi bagian Canterbury Region, berada di South Island, dan gerbang masuknya dari Kota Christchurch. Alasan utamanya karena di sini terdapat danau terbesar ketiga di Mackenzie Country, yaitu Lake Tekapo. Banyak terdapat resort, motel, camping site dan parkiran RV (Recreation Vehicle) serta pemandian air panas di dekat danau. Selain Lake Tekapo, banyak mountain biker dan hiker yang datang ke sini untuk menjajal Mount Cook yang bersalju dan Mount John yang menjadi pusat observasi bintang.

 

CARA KE NEW ZEALAND

Dari Jakarta: Garuda Indonesia, Malaysia Airlines, Qantas, Jetstar membuka rute Jakarta–Auckland atau Jakarta–Wellington (dengan transit). Durasi: +/-10 jam (belum termasuk transit).

Dari Singapura: Singapore Airlines, Air New Zealand, Qantas, Malaysia Airlines atau British Airways terbang ke Aukcland atau Wellington dan transit di Australia.

Dari Australia: Qantas, Jetstar dan Air New Zealand merupakan maskapai utama yang menghubungkan dua negara ini. Hampir semua bandara di Australia melayani penerbangan ke New Zealand. Durasi: +/-3,5 jam.

 

Mata uang: New Zealand Dollar (NZD). NZD 1 = +/-Rp 9.700.

 

Panduan lengkap ke New Zealand silakan dibaca di sini.

 

CARA KE CHRISTCHURCH

-          Dari Auckland ataupun Wellington naik Air New Zealand atau Jetstar mulai NZD 69 sekali jalan.

-          Dari beberapa kota di Australia naik Air New Zealand atau Jetstar sekali jalan mulai NZD 228.

 

CARA KE TEKAPO

Perjalanan menuju Tekapo dari Christchurch

 

Paling direkomen sewa mobil dari Kota Christchurch dan menyetir sendiri +/-3 jam (kalau tanpa berhenti). Pemandangannya amboiiii.... Membuat ‘pekerjaan’ menyetir menjadi sangat menyenangkan! Kalau bujet jadi limitasi, bisa juga naik Intercity Bus dari Bandara Christchurch ke Tekapo mulai NZD 36 sekali jalan.

 

CARA KELILING TEKAPO

-          Jalan kaki menyusuri Danau Tekapo, Bukit Cowans sampai mendaki Mt. John.

-          Ikut day tour naik kuda, dari 30 menit sampai seharian penuh. Harganya mulai NZD 45 (dewasa) dan NZD 35 (anak-anak).

-          Sewa sepeda dan ikut tur sepeda gunung, mulai NZD 45/hari.

-          Ikut cruise tour keliling Danau Tekapo.

 

LAKE TEKAPO & CHURCH OF THE GOOD SHEPHERD

Church of the Good Shepherd di tepi Lake Tekapo

 

Luas keseluruhan danau yang berwarna biru susu ini +/-83 km2. Warnanya terbentuk dari erosi batuan sedimen glasial dari Southern Alps dan Mt. Cook. Makanya airnya dingin banget, 8°–10°C karena memang berasal dari air es yang mencair. Jadi nggak heran kalau nggak ada yang berenang di danau ini walaupun di musim panas.

 

Untuk keliling danau ikut aja cruise tour yang bisa dibuking melalui www.cruisetekapo.co.nz. Jika punya waktu senggang, kita bisa sekadar berjalan kaki di pinggiran danau dan mampir ke Church of the Good Shepherd. Gereja mungil yang dibangun dari batu kali ini memiliki keunikan berupa jendela panjang yang sangat bening sehingga menampakkan pemandangan danau dengan jelas di bagian altar. Dan memang ini sudut terbaik untuk mengambil foto. Nama gereja ini masih berkaitan dengan Mackenzie Sheep Dog Statue yang nggak jauh dari situ.

Jam buka gereja: Setiap hari, pkl.09.00–17.00 (September–April) dan pkl.10.00–16.00 (Mei–Agustus)

 

TEKAPO SPRINGS

Paling asyik menikmati pemandangan Lake Tekapo, Mt. Cook dan Mt. John sambil berendam air panas di Tekapo Springs yang terletak tepat di depan danau. Saat MyTrip ke sana terdapat 3 kolam yang berbentuk menyerupai Danau Ohau, Pukaki dan Tekapo (3 danau di wilayah Mackenzie) dengan panas mulai 36°–40°C. Setelah berendam, kita juga bisa menikmati sauna.

 

Tekapo Springs dengan pemandangan ke arah danau

 

Kita juga bisa lanjut pijat di Day Spa atau pesan makanan di Tahr Bar & Cafe yang menyediakan burger, french fries dan nachos mulai NZD 7,5. Pada musim panas kita juga bisa merasakan sensasi merosot dari Waterslide dengan ketinggian 11 m. Ada juga wahana Tube Park di mana kita bisa merosot dari ketinggian 150 m dengan semacam bantalan berbentuk donat. Wahana ini dibuka di musim panas dan musim dingin. Sedangkan Skating Rink hanya buka pada musim dingin.

 

Pemandangan ke arah danau dari Tekapo Springs

 

Harga tiket Hot Pools: NZD 22

Harga tiket Hot Pools + Sauna: NZD 28

Jam buka: Setiap hari, pkl.10.00-21.00

 

EARTH AND SKY MT. JOHN STARGAZING NIGHT TOUR

Dalam tur ini kita diajak naik minibus ke atas Mt. John di malam yang gelap dengan cahaya yang sangat minim. Saat di puncak, kita bisa melihat dengan jelas jutaan bintang membentuk berbagai rasi yang terasa begitu dekat. Melalui 6 teleskop canggih, kita bisa melihat berbagai galaksi dan planet. Selain itu, kita akan mendengarkan informasi yang sangat jelas tentang ilmu perbintangan dari para guide yang juga merupakan astronomy researcher dari Mount John University. Para guide berbicara sangat antusias sehingga kita nggak sempat mengantuk di tur yang dimulai pukul 9 malam ini dan berlangsung +/-3 jam.

 

Di atas gunung anginnya cukup kencang dan dingin. Tapi tenang saja, selain dipinjamkan jaket tebal, kita akan diberikan kopi, teh atau cokelat panas selama tur. Selain itu kita akan membawa pulang suvenir berupa senter kecil yang memang digunakan saat tur untuk melihat jalan setapak di area yang sangat gelap. Untuk yang membawa kamera DSLR, kita juga akan membawa suvenir ekstra berupa foto galaksi dan rasi bintang yang diambil oleh fotografer profesional. Di akhir tur kita akan difoto berkelompok yang tentu saja tanpa flash tapi dengan teknik pencahayaan. Hasilnya bisa diunduh di website mereka beberapa hari setelahnya.

 

Foto bersama semua peserta tur

 

Baik Mt. John Twilight Tour maupun Mt. John Observatory Tour harganya sama: NZD 145.

Jam buka: Setiap hari, pkl.10.00-22.00

Website: www.earthandskynz.com

 

PENGINAPAN DI TEKAPO

Kalau mau menginap tepat di pinggir Lake Tekapo atau di sekitar Lakeside Drive, terdapat Lake Tekapo Motel & Holiday Park. Motel yang berisi dua kamar, lengkap dengan kamar mandi, dapur dan ruang keluarga, harganya mulai NZD 175. Sedangkan untuk Studio Motel dengan kapasitas maksimum 2 orang, rate room-nya mulai NZD 145. Untuk para backpackers, juga tersedia dorm room dengan harga NZD 30/orang/malam.

 

Lake Tekapo Motel & Holiday Park

 

Pappers Blue Water Resort terletak sedikit lebih ke jalan raya, tepatnya di State Highway. Karena lokasinya yang lebih tinggi dari Lake Tekapo, kita masih bisa mendapatkan pemandangan danau ini dengan jelas. Harga per kamar mulai NZD 252, belum termasuk breakfast

Teks: Agusmia Putri Haerani, Mayawati NH Foto: Mayawati NH, Shutterstock, Tekapo Springs
Comment