PANDUAN LENGKAP BERKELILING YELLOWSTONE NATIONAL PARK (Bagian 4-tamat) 2016-11-17 00:00

 

Menonton geyser menyembur hingga hampir 100 meter adalah atraksi utama yang diincar wisatawan yang datang ke Yellowstone National Park di wilayah Wyoming, Amerika Serikat. Yellowstone juga bertetangga dengan Grand Teton National Park yang terkenal dengan jajaran pegunungan dan danau indah. Juga ada ngarai, air terjun, kolam hot spring, dan kesempatan bertemu binatang liar. Dengan daya tarik seperti itu, siapa yang tak tergiur ke sana?

 

CARA KE YELLOWSTONE

Nggak ada penerbangan internasional langsung ke Yellowstone. Harus terbang dulu ke kota utama di AS seperti Denver, Chicago, Salt Lake City, Dallas, Los Angeles, lalu sambung penerbangan domestik ke bandara di sekitar Yellowstone, sesuai dengan starting point perjalanan. Salah satu yang cukup besar adalah  Jackson Hole Airport, 13 km dari Kota Jackson dan 6,4 km dari Grand Teton National Park. Sedangkan ke Old Faithful Area 143,5 km, +/-2 jam berkendara.

 

Jackson Hole Airport

 

Maskapai internasional seperti United Airlines dan Delta Airlines mempunyai rute ke Jackson Hole dari Jakarta dengan transit di beberapa kota. Harga terendahnya +/-USD 1.700 PP. Total penerbangan bisa mencapai 43 jam termasuk transit. Harga tiket sangat variatif dan fluktuatif tergantung low atau high season, juga jadwal (makin banyak dan lama transit, makin murah).

Dari Jackson Hole Airport ke penginapan dengan mobil yang telah disewa yang berbasis di bandara, atau naik shuttle ke kota (15 menit) untuk ke kantor penyewaan mobil.

 

VISA

Pemegang paspor Indonesia perlu visa untuk masuk AS. Baca majalah My Trip vol 7 untuk menyimak cara dan syarat pengajuan visa AS.

 

WAKTU TERBAIK

Juni-Agustus adalah waktu teramai karena semua jalan, akomodasi, aktivitas ranger dan tur beroperasi penuh. Sebaiknya reservasi akomodasi dilakukan min. 6 bulan di muka. Tapi untuk menghindari kepadatan, bisa juga pergi saat shoulder peak period seperti Mei, September dan Oktober. Jangan lupa mengecek apakah akomodasi yang diinginkan buka di waktu itu.

 

DURASI IDEAL

Min. 1 minggu. Kadang beberapa geyser beraksi pada waktu bersamaan, jadi harus bolak-balik beberapa kali. Perlu diperhitungkan juga jalanan macet dan kesulitan parkir bila datang saat periode terbaik.

 

Grand Teton National Park

 

BIAYA MASUK

USD 25 per mobil, USD 20 per sepeda motor, USD 12 untuk yang naik sepeda atau jalan kaki. Tiket ini berlaku 7 hari, untuk Yellowstone National Park dan Grand Teton National Park. Kalau Anda mau lebih dari 7 hari sebaiknya beli tiket tahunan seharga USD 50.  Kita akan mendapat peta Yellowstone dan Koran Yellowstone Today yang memuat jadwal aktivitas, termasuk informasi bila ada jalan yang ditutup.

 

PENGINAPAN

  • Penginapan di dalam wilayah taman nasional kebanyakan buka pertengahan Mei sampai akhir September. Jumlahnya nggak banyak. Jadi lebih baik buking jauh-jauh bulan. Malah mungkin untuk dapat penginapan favorit harus buking setahun sebelumnya.
  • Pemesanan bisa online, bisa pilih kamar hotel atau cabin. Harga bervariasi tergantung jumlah orang, jenis bed dan kamar. Harga rata-rata >USD 100/malam. Harga di internet biasanya belum termasuk tax dan service charge.
  • Yang ingin kemping juga bisa. Banyak lokasi kemping dibuka selama musim panas.
  • Alternatif lain adalah penginapan di luar taman nasional. Biasanya lebih murah tapi harus menyetir masuk dan keluar taman nasional setiap hari (15-30 menit).

 

Rekomendasi Penginapan: Old Faithful Inn

 

Bisa menonton geyser dari teras Old Faithful Inn

 

Letaknya strategis di depan Old Faihtful Geyser. Hotel yang dibangun tahun 1904 ini mempunyai desain unik, terbuat dari balok-balok kayu. Mempunyai teras di lantai dua di mana tamu bisa melihat geyser beraksi dengan jelas. Kita juga bisa menonton geyser erupsi di waktu malam. Kamar mandinya di luar kamar. Jenis kamarnya banyak, harganya USD 90-300. Hotel lainnya di area lain ada OF Snow Lodge, Mammoth Hotel, Canyon Lodge, Grant Village.

 

Lake house di Grant Village

 

REKOMENDASI PERJALANAN

  • 3 malam di Old Faithful– keliling daerah Old Faihtful dan Norris.
  • 2 malam di Mammoth Hot Springs– keliling daerah Mammoth, Tower Roosevelt (hanya numpang lewat sekalian melihat Petrified Tree-pohon yang membatu dan sudah jadi fossil-dan Tower Fall), serta Lamar Valley.
  • 2 malam di Canyon– keliling North Rim dan South Rim.
  • 2 malam di Lake– keliling sekitar danau dan West Thumb Geyser Basin.

Kalau starting point dari Jackson Hole Airport, jangan lupa meluangkan waktu ke Grand Teton National Park.

 

MENYETIR DI YELLOWSTONE

Untuk keliling Yellowstone sebaiknya menyewa mobil, kecuali memang niat bersepeda atau bersepeda motor. Di sana nggak ada transportasi umum dan jarak antara satu atraksi dengan yang lain bisa berpuluh-puluh km. Ada juga sih tur dengan bus, dengan jam dan tempat yang sudah ditentukan.

 

 

Hal-hal yang perlu diperhatikan:

 

  • Harus punya SIM internasional (jangan lupa SIM lokalnya dibawa juga). 
  • Beberapa peraturan lalu lintas di AS berbeda. (Baca selengkapnya tentang aturan berkendara di AS di majalah My Trip vol 7).
  • Jalan utama di taman nasional beraspal dan terpelihara baik (kecuali off-beaten track). Kalau nggak ada rencana ke tempat terpencil, nggak perlu sewa mobil 4WD. 
  • Rata-rata bandara di sekitar Yellowstone mempunyai agen penyewaan mobil. Sebaiknya pesan di muka. Jangan takut bila ada perubahan jadwal pesawat karena mobil direservasi sampai 24 jam dari tanggal yang ditentukan.
  • Harga sewa mobil ukuran kecil berikut GPS, asuransi, coalision damage waiver, road assistance, additional driver, unlimited mileage dan bensin penuh (kembali kosong) adalah sekitar USD 900 untuk 2 minggu (harga sewaktu-waktu bisa berubah).  Jangan lupa periksa apakah road assistance termasuk dalam paket. Ini sangat membantu bila ada masalah dengan mobil saat perjalanan. 
  • Kebanyakan penginapan mempunyai pompa bensin dan general stores.

 

SURVIVAL TIPS

  • Selalu cek informasi terbaru mengenai cuaca, jam-jam geyser beraksi dan kondisi untuk hiking di Visitor Centre atau penginapan setempat. Yellowstone merupakan habitat beruang, kadang jalur hiking ditutup bila ada aktivitas beruang atau binatang lain yang agresif.
  • Di Visitor Centre tersedia brosur/trail guide. Gratis, tapi ditulis diharapkan donasi 50 sen untuk setiap buku.
  • Cek kegiatan gratis yang ada seperti evening programs, ranger talks dan ranger walk.  Untuk yang mau hiking tapi takut jalan sendiri, bisa mengikuti guided-walks/hikes.
  • Kebanyakan kegiatan di outdoor. Bawa baju hangat (walaupun summer, cuaca cukup dingin: 15-28 derajat C) dan jas hujan atau payung.

Saat di jalan perhatikan papan informasi. Selalu ada tempat-tempat menarik, seperti air terjun di pinggir jalan, short trail ke danau, lookout point, tempat piknik dengan fasilitas toilet, dsb.

Teks: Zuriah Saibun Foto: Zuriah Saibun, Shutterstock
Comment