ITINERARY & BUJET KELILING FLANDERS 10 HARI 2019-03-21 00:00

Manneken Pis di Brussels

 

Flanders adalah salah satu dari 3 wilayah di Belgia. Letaknya di bagian utara Belgia. Kota pariwisata utamanya antara lain Brussels, Antwerp, Ghent, Bruges, Leuven dan Mechelen. Turis suka mengeksplor wilayah Belgia yang luasnya sedikit lebih besar dari Jawa Tengah ini karena sajian seni dan teknologi yang berpadu secara apik. Panduan ke Flanders bisa dibaca di sini, dan penjelasan tentang apa saja yang menarik dari tiap kota juga sudah pernah diulas di artikel-artikel sebelumnya. Berikut rekomendasi itinerary dan perkiraan bujet untuk eksplor Flanders 10 hari.

 

 

HARI 1

Perjalanan dari Jakarta ke Brussels tengah malam (tiket pesawat +/- EUR 650/pp). Sampai siang hari. Membeli 1 Day JUMP (EUR 7,50) untuk naik bus dari Bandara Zavantem ke Brussels Luxembourg Station, lalu sambung menggunakan metro ke Brussels Central Station. Cari hostel di sekitar Grand Place. Setelah makan siang, pergi ke Atomium dan Mini Park Europe, dengan tiket combi (EUR 27,60). Menginap di Brussels.

 

Atomium di Brussels

 

HARI 2

Sekitar pukul 10.00 ikut free walking tour di sekitar Grand Place, beri tip EUR 5. Beli 24 Hour Brussels Card Tanpa Hop On Hop Off (EUR 27) di tourist information center di Grand Place. Kunjungi Choco-Story, Belgian Comic Strip Center dan Royal Museum of Fine Arts, terutama Magritte Museum. Menginap di Brussels.

 

HARI 3

Check out dan berangkat ke Antwerp menggunakan kereta dengan tiket kelas 2 (EUR 7,90). Tiba di Antwerp Central Station dan beli 48 Hour Antwerp Card (EUR 35) dan menginap di sekitar Meir. Pukul 10.00 ikut Antwerp Bike Tours (EUR 16) menggunakan voucher (ada diskon) dari Antwerp City Card. Setelah itu, gunakan Antwerp City Card untuk mengunjungi Ruben’s House, Cathedral of Our Lady Antwerp dan Platin-Moretus Museum gratis. Menginap di Antwerp.

 

Antwerp Central Station

 

HARI 4

Shopping day di Antwerp. Selain itu, mengunjungi Museum Aan de Stroom dan De Koninck Beer Brewery, gratis menggunakan Antwerp City Card. 

 

HARI 5

Check out menuju Ghent menggunakan kereta dengan tiket kelas 2 (EUR 9,80). Tiba di Ghent Central Station dan beli 48 Hour Ghent Ciy Card (EUR 30). Cari hostel di sekitar Groentenmarkt. Ikut guided boat tour. Kunjungi Belfry of Ghent, Gravensteen dan St. Bavo’s Cathedral gratis menggunakan Ghent City Card. Menginap di Ghent.

 

Sudut Instagenik di Ghent

 

HARI 6

Check out dan tinggalkan barang di hostel. Optimalkan Ghent City Card untuk naik Hop on Hop Off Water-tramway ke kompleks museum Ghent, yaitu STAM, MSK dan SMAK yang juga gratis menggunakan city card itu. Sore ke Ghent Central Station dengan bus (gratis dengan city card) untuk kemudian naik kereta ke Bruges dengan tiket kelas 2 (EUR 6,80). Tiba di Bruges Sint Pieters Station dan beli tiket bus (EUR 3) dari supir ke Historical Center Bruges di dekat hostel tempat kita menginap. Menginap di Bruges.

 

HARI 7

Beli 48 Hour Bruges City Card di Historium Center (EUR 47) dan langsung mengunjungi museum sejarah Kota Bruges. Lalu ke Belfry of Bruges dan ikut boat tour. Setelahnya, kita bisa mengunjungi Groeninge Museum dan Friet Museum (semuanya gratis dengan city card). Menginap di Bruges.

 

HARI 8

Ikut free walking tour di sekitar Grote Markt dengan tip EUR 5. Kunjungi The Adornes Estate, dan Lace Center (gratis dengan city card). Kunjungi Halve Maan Brewery (EUR 12) setelah makan siang di restorannya. Sore hari berbelanja oleh-oleh dan cokelat. Menginap di Bruges.

 

HARI 9

Check out dan beli tiket bus (EUR 3) menuju Bruges Sint Pieters Station. Beli tiket kereta kelas 2 (EUR 20,90) menuju Brussels Zavantem Airport. Tiba di bandara siang hari langsung check in untuk penerbangan ke Jakarta sekitar pukul 16.00.

 

HARI 10. Tiba di Jakarta.

 

* Bujet hotel EUR 25/malam, total 9 malam: EUR 225

* Bujet makan EUR 35/hari, total 9 hari: EUR 315

Total bujet keliling Flanders 10 hari sudah termasuk tiket pesawat PP dari Jakarta dan semuanya, kecuali biaya Visa Schengen: EUR 1.389 (+/-Rp 22 juta).

Catatan: Tentunya perkiraan ini bisa meleset sedikit-banyak tergantung eksekusi dan preferensi Anda, serta perubahan-perubahan kondisi yang terjadi.

 

Teks: Agusmia Putri Haerani Foto: Shutterstock, Dok. MyTrip
Comment