PERJALANAN MENANTANG MENUJU PANTAI PATHOK GEBANG

PERJALANAN MENANTANG MENUJU PANTAI PATHOK GEBANG

Thursday, 07-06-2018 | 18:54

Pantai Pathok Gebang dari samping

 

Tulungagung merupakan salah satu kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Timur. Adapun yang menjadi ciri khas adalah Tulungagung terkenal sebagai kota penghasil marmer terbesar di Indonesia. Namun selain dikenal dengan potensi marmernya, Tulungagung juga mempunyai berbagai macam destinasi wisata, salah satunya adalah destinasi wisata bahari.

Sebutlah nama Pantai Pathok Gebang, yang tepatnya berlokasi di Desa Jengglungharjo. Pantai ini bisa dikategorikan sebagai destinasi wisata bahari yang masih sangat alami dan belum banyak pengunjung. Adapun yang menyebabkan orang enggan mengunjungi tempat ini mungkin karena akses untuk menuju ke sana amatlah sulit.

Untuk mencapai Pantai Pathok Gebang, jika Trippers berangkat dari kota Tulungagung menuju Desa Jengglungharjo membutuhkan waktu kurang lebih 1-1,5 jam perjalanan. Sekadar info, lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua, karena untuk menuju lokasi penjualan tiket hanya tersedia jalan selebar satu meter saja. Sementara bagi yang menggunakan kendaraan roda empat hanya bisa sampai di pangkalan ojek saja, selanjutnya dari pangkalan menuju lokasi pembelian tiket, Trippers mau tidak mau harus menggunakan jasa ojek dengan tarif Rp150.000 sekali jalan atau tergantung kemampuan Trippers dalam hal tawar menawar harga. Perjalanan dari pangkalan ojek menuju lokasi pembelian tiket membutuhkan waktu sekitar 15 sampai 20 menit.

Masuk Pantai Pathok Gebang hanya dipungut biaya tiket Rp5.000 per orang serta biaya parkir motor sebesar Rp5.000. Di lokasi ada fasilitas pendukung seperti warung makan dan toilet umum. Bagi siapa saja yang ingin mengunjungi tempat ini diimbau untuk mengajak teman atau jangan pergi sendirian dan pastikan bekal air minum Anda cukup. Hal ini sangat penting mengingat rute menuju lokasi Pantai Pathok Gebang sangatlah sulit, di mana pengunjung dipaksa untuk menaiki bukit yang terjal selama kurang lebih 1 jam dengan berjalan kaki dan minim papan penunjuk arah. Trippers harus cermat dalam mencari jalan karena meskipun jalan setapak telah disediakan namun banyak sekali yang tidak terlihat karena tertutup semak belukar, ranting-ranting bahkan pohon besar yang telah roboh sehingga menutupi jalan.

Daya tarik pantai Pantai Pathok Gebang yakni gugusan karang yang sangat besar dan rata, sehingga pengunjung bisa berjalan di atas karang dengan mudah. Tetapi meski bisa dilewati, Trippers harus tetap waspada jika ombak sedang besar, karena Anda akan terguyur atau bahkan terseret. Hal ini benar-benar harus diperhatikan demi keamanan.

 

 

Pantai Pathok Gebang dari atas

 

Selain itu di Pantai Pathok Gebang juga terdapat shower alami yang terbentuk dari ombak setelah membentur tebing karang sehingga ombak tersebut naik menjulang tinggi ke atas. Biasanya pengunjung sengaja berdiri di tepi karang sambil menunggu momen shower alami tersebut datang sambil diabadikan dalam foto. Jika Trippers takut dengan guyuran air yang menyerupai shower tersebut, pihak pengelola memberikan saran untuk tetaplah berada di posisi Anda sambil berjongkok, karena air tersebut hanya melewati di atas tubuh Anda. Jadi semisal pengunjung berlari, dikhawatirkan guyuran air tersebut justru akan mengenai tubuh bahkan menyeret Anda.

Rute menuju Tulungagung dari Jakarta silakan baca di sini.

 

Arief Nurdiyansah

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


610

Back to Top