ITINERARY PONTIANAK & SINGKAWANG 4 HARI 2016-07-04 00:00

Replika Tugu Katulistiwa di Alun-Alun Sungai Kapuas

 

Selain wisata kuliner dan nonton Cap Go Meh, ada apa lagi di Pontianak dan Singkawang? Ada pantai yang cantik juga lhoo... Berikut MyTrip berikan rekomendasi itinerary untuk eksplor dua kota di Kalimantan Barat ini dalam 4 hari.

 

HARI 1

JAKARTA-PONTIANAK-SINGKAWANG

  • Tiba di Pontianak masih pagi. Langsung ke Singkawang. Bisa naik mobil travel atau sewa mobil. Perjalanan nonstop +/-2,5 jam.
  • Mampirlah di daerah Sungai Pinyu untuk makan atau sekadar minum kopi. Atau mampir juga di Desa Peniti, Siantan, tepatnya di Resto Pondok Pengkang untuk makan pengkang. Ini makanan khas berupa beras ketan isi ebi, dibungkus daun dan dicapit bambu, dibakar, makannya dicocol dengan sambal kerang/kepah.

 

Pengkang

 

  • Tiba di Singkawang lepas siang hari. Di Singkawang sulit nyari angkot maupun ojek, jadi sebaiknya sewa mobil untuk keliling.
  • Masih ada waktu sebelum sore, mampir dulu ke tempat nongkrong wajib di Singkawang: Warung Kopi Nikmat yang buka sampai jam 3 sore. Seruput nikmatnya kopi susu sambil ngemil aneka camilan khas seperti kue bingke.
  • Berburu sunset cantik ke Pantai Kura-Kura. Formasi bebatuannya bikin berdecak deh.

 

Pantai Kura-Kura

 

  • Makan malam di mana saja. Banyak pilihan, dan lagi Kota Singkawang kecil, jadi putar-putar aja sampai ketemu tempat yang pas. Chinese food, bakmie, bakso, masakan Melayu, bubur, choipan, banyak lah. Atau fokus cari jajanan malam di Pasar Hong Kong.
  • Mampir ke Vihara Tri Dharma/Kelenteng Bumi Raya di pusat kota yang merupakan kelenteng utama di Singkawang. Jangan lupa juga memotret tugu naga, nggak jauh dari kelenteng. Nikmati Hong Kong-nya Kalimantan Barat di waktu malam.

 

Vihara Tri Dharma/Kelenteng Bumi Raya

 

HARI 2

SINGKAWANG

  • Sarapan bubur dan aneka jajanan di pasar.
  • Menengok Rumah Keluarga Tjhia yang telah dihuni 5 generasi dan kini dijadikan cagar budaya. Letaknya di Jl. Budi Utomo, di tepi sungai. Lambaian pohon willow di depannya menambah suasana Tiongkok di sini. Bagus buat foto-foto.

 

Rumah Keluarga Tjhia

 

  • Disambung makan Bakso Sapi Bakmi Ayam 68 di Jl. Diponegoro yang amat populer itu. Isi perut sebelum jalan-jalan agak keluar kota.
  • Meluncur ke kawasan Pasir Panjang, masih di Singkawang. Ada 4 lokasi wisata di sini: Rindu Alam (melihat Singkawang dari ketinggian), Wisata Laut Tanjung Bajau (keren banget hunting foto di sini), Sinka Zoo, Pulau Simping (pulau terkecil di dunia). Disarankan pilih Rindu Alam dan Tanjung Bajau karena nggak keburu kalau semua.
  • Berburu sunset di Pantai Batu Payung. Untuk menemukan hidden part pantai ini kita mesti mengajak orang lokal. Bentuk awan dan warna-warni semburatnya nggak pernah gagal melenakan mata.

 

Sunset di Pantai Batu Payung

 

HARI 3

SINGKAWANG-PONTIANAK

  • Check out hotel dan kembali ke Pontianak.
  • Tiba di Pontianak check in hotel dulu. Lalu jalan-jalan Ke Tugu Katulistiwa (landmark Pontianak yang nggak boleh dilewatkan). Pilihan lainnya adalah Keraton Kadriah, Masjid Jami Sultan Syarif Abdurrahman, Museum Kalimantan Barat.

 

Tugu Katulistiwa

 

Keraton Kadriah

 

  • Makan siang di Warung Dangau, Jl.Arteri Supadio, spesialis masakan Melayu. Atau pilihan lainnya Bakmie Kepiting Ou Kie di Jl.Nusa Indah.  
  • Beli oleh-oleh di Pasar PSP di Jl. Pattimura. Kuliner khas Pontianak dan kerajinan tangan ada di sini.

 

Pasar PSP di Jl. Pattimura

 

  • Susur Sungai Kapuas sekitar 1/2 jam dengan kapal kecil untuk umum. Atau berfoto di Alun-alun Sungai Kapuas. Ada replika Tugu Katulistiwa di sini.

 

Alun-alun Sungai Kapuas

 

  • Makan malam di Resto Pondok Kakap di Jl. Ismail Marzuki yang terkenal dengan kepiting asapnya (Anda bisa tiba-tiba lupa apa itu kolestrol dan asam urat, hehe) dan ikan senangin bumbu rujak. Malam masih panjang, lanjutkan memuaskan lidah dengan aneka jajanan di Jl. Gajah Mada, ada es sari kacang ijo, choipan, hekeng, kembang tahu, es cendol pontianak, rujak air. Mau makan bakmie atau kwetiaw kalau masih sanggup juga pilihannya banyak.

 

HARI 4

PONTIANAK-JAKARTA

Pulang ke Jakarta dengan pesawat siang.

Teks: Mayawati NH Foto: Mayawati NH, Raiyani Muharramah
Comment
Clarkcheal

cloriquin hydroxychloroquine coronavirus erectile d with matt lauer erectile herbal supplements plaquenil sulfate 200 mg buy hydroxychloroquine online erectile discharge plaquenil depression erectafil 5 generic tadalafil united states zithromax 500mg side effects zithromax prescription

2021-01-17
Dewi

Ooo di Singkawang ada pantai bagus toh?

2016-07-04